1. Uncategorized

10 Contoh Kalimat Future Tense & Pembahasan Lengkap

Halo kawan literasi. Kalian pasti pernah belajar tense dalam Bahasa Inggris, bukan? Tentunya kalian sangat familiar dengan future tense. Dalam  pembahasan kali ini, adapun 10 contoh kalimat future tense kalimat yang menerangkan sebuah peristiwa di masa datang atau membicarakan sesuatu yang belum terjadi di masa sekarang. 

Nah, kalian masih ingat apakah ciri-ciri kalimat yang menggunakan kalimat future tense? Yap, mereka memiliki kata “will” atau “to be going to”  serta keterangan waktu di masa mendatang.

Simak saja penjelasan di bawah ini ya guys!

10 Contoh Kalimat Future Tense Positif

Memahami Kalimat Future Tense Positif
Memahami Kalimat Future Tense Positif

Jika kalian  ingin mengungkapkan kegiatan yang hendak dilakukan seperti berangkat sekolah, sarapan, atau belajar tentu akan menggunakan kalimat future tense berbentuk positif. Melansir wallstreetenglish.co.id,  rumusnya adalah sebagai berikut:

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Rumus: 

Subject + will + Verb 1 + Object

Atau,

Subject + to be (am/are/is) +  going to + Verb 1 + Object 

Example:

  1. I will go to Los Angeles two hours later (Aku akan pergi ke Los Angeles dua jam kemudian).
  2. We will finish this homework early (Kami akan menyelesaikan PR ini lebih awal).
  3. You will pick me up at seven o’clock (Kamu akan menjemputku jam 7 pagi).
  4. They will have breakfast together with their family (Mereka akan sarapan bersama keluarga mereka).
  5. Sasha and Rara will watch the movie tomorrow. (Sasha dan Rara akan menonton film besok)
  6. Mr. Firman is going to apply to this job soon (Pak Firman akan melamar pekerjaan ini segera).
  7. My teacher is going to give me the hard examination (Guruku akan memberikanku ujian sulit).
  8. The robbers are going to go the prison after this trial is over (Perampok-perampok itu akan masuk ke dalam penjara setelah persidangan ini selesai).
  9. Your parents are going to visit the school to attend a meeting a few minutes later (Orang tuamu akan mengunjungi sekolah untuk menghadiri sebuah pertemuan beberapa menit lagi).
  10. The actor of Hollywood is going to go up the stage to receive his reward (Aktor Hollywood itu akan naik ke atas panggung untuk menerima penghargaannya). 

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Had dan Has Beserta Contohnya

10 Contoh Kalimat Future Tense Negatif

Mempelajari Kalimat Future Tense Negatif
Mempelajari Kalimat Future Tense Negatif

Tak hanya itu, kalimat untuk mengekspresikan masa depan berbentuk negatif tentu ada caranya sendiri. Ciri-ciri yang membedakan adalah terdapat kata not setelah kata will. Selanjutnya, supaya kalian lebih paham, perhatikan rumus berikut ini.

Rumus: 

Subject + will + not + Verb 1 + Object

Atau,

Subject + to be (am/are/is) + not +  going to + Verb 1 + Object 

Example:

  1. My mommy will not go to my grandmother’s house the day after tomorrow (Ibuku tidak akan pergi ke rumah nenek besok lusa).
  2. Keenan and I will not join the writing competition next week (Keenan dan saya tidak akan bergabung kompetisi menulis minggu depan).
  3. The boat will not sail to the sea to look for the fishes (Kapal itu tidak akan berlayar ke laut untuk mencari berbagai jenis ikan). 
  4. It will not rain, so does not need bring an umbrella (Hari ini tidak akan turun hujan, jadi tidak perlu membawa payung).
  5. The doctor will not examine the body of the patient later (Dokter itu tidak akan memeriksa tubuh pasien nanti).
  6. Rasya and Tari are not going to study Mathematic (Rasya dan Tari tidak akan belajar matematika). 
  7. This weekend, We are not going to anywhere because of the bad weather (Pekan ini, kami tidak akan pergi kemana-mana karena cuaca buruk).
  8. I am not going to give the chance to him anymore (Saya tidak akan memberi kesempatan lagi kepadanya).
  9. They are not going to see a beautiful scenery from the top of the hill (Mereka tidak akan melihat pemandangan yang indah dari atas bukit).
  10. The headmaster is not going to give a short speech for the students in the next ceremony (Kepala sekolah tidak akan memberi pidato pendek untuk para siswa di upacara mendatang).  

10 Contoh Kalimat Future Tense Tanya

Memahami Rumus Future Tense Tanya
Memahami Rumus Future Tense Tanya

Rumus: 

Will + Subject + Verb 1 + Object + ?

Atau,

To be (am/are/is) + Subject +  going to + Verb 1 + Object + ? 

Examples:

  1. Will I accept the letter from them? (Akankah aku menerima surat dari mereka?)
  2. Will you come to celebrate my birthday party? (Akankah kamu datang untuk merayakan pesta ulang tahunku?)
  3. Will they know the moral of this story? (Akankah mereka mengetahui hikmah cerita ini?)
  4. Will Adi and Farhan spend this weekend well? (Akankah Adi dan Farhan menghabiskan waktu akhir pekan dengan baik?)
  5. Will Mr. Rohman ask the naughty students to clean the classroom? Akankah Pak Rohman meminta para siswa yang nakal untuk membersihkan kelas?)
  6. Are the contractors going to build the big bridge in this district soon? (Akankah para kontraktor akan membangun jembatan besar di kecamatan ini segera?)
  7. Is Amalia going to switch her position for a while? (Akankah Amalia akan menukar posisinya sebentar?)
  8. Are Shiteru and Harumi going to have dinner in that Restaurant? (Akankah Shiteru dan Harumi akan pergi makan malam di restauran itu?)
  9. Am I going to swim in my niece’s house? (Akankah aku berenang di rumah sepupu perempuanku?)
  10. Is the sun going to shine so brightly tomorrow? (Akankah matahari bersinar dengan terang besok?)

Baca Juga: Pengertian If Clause Type 1, 2, 3 & Contoh Kalimat If Clause

Nah, itulah 10 contoh kalimat future tense mulai dari pernyataan positif, negatif, dan juga tanya. Kira-kira kalian paham nggak dengan penjelasan di atas. Jika belum, yuk buka bukumu dan pelajari kembali tenses yang sudah kalian pelajari!

Hmm, atau kalian juga bisa menyimak artikel kami yakni  berbagai tips menarik untuk lancar ngomong cas cis cus Bahasa Inggris. See you later ya!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Contoh Kalimat Future Tense & Pembahasan Lengkap

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]