1. Pengetahuan Umum

50 Ucapan Hari Kartini “Berjuang Melalui Tulisan”

Sudahkah kamu menyiapkan ucapan Hari Kartini tanggal 21 April? Raden Ajeng Kartini atau RA Kartini adalah sosok perempuan yang memperjuangkan emansipasi wanita. Ia belajar bertukar pendapat dengan sahabat penanya yang berada di Belanda. Pemikirannya yang cerdas dan menunjukkan sikap nasionalismenya berhasil mengubah pandangan masyarakat.

Kartini berhasil mendirikan sekolah wanita demi memperjuangkan kaum wanita agar memperoleh pendidikan yang kayak dan setara dengan laki-laki. Karena jasanya tersebut akhirnya setiap tanggal 21 diperingati sebagai Hari Kartini. 

Nah, untuk menyebarkan semangat perjuangan Ibu Kita Kartini, berikut 50 ucapan Hari Kartini yang bisa kamu persembahkan untuk sosok wanita yang berarti di hidupmu.

Ucapan Hari Kartini

1. Selamat Hari Kartini. Ubahlah hidupmu menjadi lebih berwarna dan bermakna layaknya Ibu Kita Kartini.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

2. Berkat RA Kartini, kami para wanita memiliki jalan yang terang untuk menggapai mimpi hingga sederajat dengan laki-laki. Namamu akan selalu harum di hati kami.

3. Majulah wanita Indonesia. Jangan menjadi orang yang lemah dan mau ditindas. Teruskan apa yang telah diperjuangkan oleh Ibu Kartini.

4. Mati satu tumbuh seribu. Meskipun Kartini sudah tiada, mari kita jadi Kartini muda berikutnya untuk meneruskan semangat juang beliau. Maju terus wanita Indonesia!

5. Teruntuk para wanita, teruslah menginspirasi dan bahagia. Happy Kartini Day!

6. Menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan paling mulia. Jam kerjanya tidak tentu, bahkan tidak digaji pun tetap setuju. Selamat Hari Kartini.

7. Semoga di Hari Kartini tahun ini para Kartini muda senantiasa semangat dan berprestasi.

8. Ucapan Hari Kartini ini bukanlah sekedar ucapan biasa. Selamat Hari Kartini wanita hebat Indonesia. Bersinarlah dengan kemampuan yang kamu miliki.

9. Bermimpilah setinggi langit dan jangan pernah takut jatuh. Semangatlah seperti Ibu Kartini mengajarkan kepada kita para wanita.

10. Lewatilah setiap kesulitan yang kamu alami dengan hati ikhlas dan sabar. Percayalah semua akan indah pada waktunya. 

11. Selamat Hari Ibu Kartini untukmu dan semoga kamu bisa menjadi wanita yang lebih hebat lagi. Buatlah Indonesia bangga memilikimu.

12. Teruslah bermimpi selagi masih bisa. Kepakkan sayapmu dengan lebar untuk meraih apa yang kamu cita-citakan. Happy Kartini Day.

13. Terima kasih untuk para wanita di hidupku. Terima kasih telah mengajarkanku kebaikan dan semangat yang luar biasa.

14. Ibu adalah sosok Kartini yang luar biasa bagiku. Jasamu tak kan bisa kubalas. Ucapan Hari Kartini ini kupersembahkan untukmu.

15. Berkat ibu kita Kartini, kita kaum wanita bisa menyuarakan pendapat dengan bebas.

16. Jasa RA Kartini akan selalu terkenang di hati seluruh wanita Indonesia sampai kapanpun. Jadi jangan mengecewakan beliau. Buktikan bahwa kita bisa berprestasi.

17. Jadilah seperti RA Kartini yang tidak pernah takut bermimpi dan bekerja keras untuk meraihnya.

18. Engkau akan selalu menjadi Kartini di hatiku selamanya. Terima kasih, selamat hari kartini.

19. Jangan mudah mengeluh, ibu kita Kartini saja tidak mengajarkannya. Kobarkan semangat juang wahai perempuan Indonesia!

20. Selamat Hari Ibu Kartini untuk seluruh wanita Indonesia dimanapun kalian berada. Gapai cita-citamu setinggi mungkin dan junjung tinggi harkat dan martabatmu.

Baca juga: Biografi R.A Kartini & Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang”

Quotes Hari Kartini 

21. Jangan biarkan penyesalan datang di saat Anda tinggal selangkah lagi untuk menang.

22. Jangan mengeluhkan hal buruk yang terus datang dalam hidup Anda. Menyesalinya hanya akan membuat Anda lebih sulit. Lawanlah!

23. Kesulitan datang terlebih dahulu itu wajar. Itu adalah proses menuju kebahagiaan di masa mendatang.

24. Jagalah sikap kalian. Karena satu-satunya yang bisa menyelamatkan Anda dari keburukan adalah sikap yang baik.

25. Berusahalah menjadi wanita yang tidak bergantung pada siapapun.

26. Utamakan keselamatan diri Anda sendiri sebelum menolong orang lain.

27. Karena beberapa bunga mati, akan ada banyak buah yang tumbuh. Kehilangan bisa jadi merupakan awal dari sesuatu yang baik.

28. Menjadi seorang guru yang baik bukan hanya sebagai pengasah pikiran murid saja, melainkan juga menjadi pendidik untuk budi pekerti siswa.

29. Dalam tangan anak terletak masa depannya. Namun, dalam tangan ibu tergenggam keduanya, anak dan masa depannya serta masa depan ibu sendiri.

30.  Di samping otak, hati harus dibimbing juga. Jika hal ini tidak dilakukan, peradaban akan tinggal permukaannya saja.

31. Wanita tidak wajib untuk patuh pada siapapun kecuali pada kata batinnya sendiri.

32. Tidak peduli mencoba dengan sekeras apapun, apa yang Anda rasakan tidak akan bisa dipungkiri. Jika Anda memang berharga di mata seseorang, tidak ada alasan bagi ia untuk mencari yang lebih baik dari Anda.

33. Jangan biarkan kegelapan datang kembali. Lawan dan jangan biarkan wanita diperlakukan dengan semena-mena kembali.

34. Para perempuan yang telah dididik agar berpikiran cerdas dan memiliki pandangan luas tidak akan sanggup jika disuruh hidup di zaman nenek moyangnya.

35. Jangan pernah berkata tidak bisa sebelum kamu mencobanya. Kartini mengajarkan kita wanita Indonesia untuk tidak mudah putus asa dan mengejar apa yang dicita-citakan.

36. Pembawa peradaban adalah perempuan.

37. Wanita berhak untuk didengar suaranya.

38. Jangan pernah menyakiti hati seorang wanita, karena dari rahim seorang wanitalah Anda dilahirkan.

39. Mereka yang teguh kepada dirinya sendiri serta kodratnya adalah Kartini utuh yang selaras dengan kontekstualnya.

40. Tidak akan ada kumpulan awan di langit yang memiliki bentuk tetap selamanya. Cuaca tiada mungkin akan terus menerus terang. Sehabis malam yang gelap gulita akan lahir pagi yang cerah dan membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa dengan alam.

41. Mimpi takkan terwujudkan jika kamu hanya diam dan nyaman dengan adanya diskriminasi.

42. Semangat kartini muda selalu lebih baik daripada yang sebelumnya dan itu akan selalu tertanam dalam hati para wanita Indonesia.

43. Terima kasih untuk semua wanita hebat yang berjuang keras dalam membangun negara ini, menafkahi keluarga, memiliki tangan sekuat besi dan semangat yang tidak pernah kering.

44. Pendidikan memiliki pengaruh yang sangat  besar bagi para wanita. Hal ini membuat wanita lebih cakap dalam melakukan kewajiban sebagai ibu pendidikan manusia yang paling pertama.

45. Agama memang dapat menjauhkan kita dari dosa. Tetapi, sudah berapa banyak dosa yang telah kita lakukan dengan nama agama?

46.  Saat suatu hubungan telah berakhir, ini bukan berarti dua orang tersebut telah berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti untuk saling menyakiti. 

47. Lebih banyak kita akan maklum, lebih kurang akan muncul rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita, maka semakin kokoh dasar untuk rasa kasih sayang. Bahagia adalah ketika tidak ada lagi saling mendendam.

48. Pekerjaan yang paling Mulia di dunia adalah Pekerjaan Ibu Rumah Tangga. Pekerjaanya multi disiplin ilmu dengan jam kerja yang tidak tentu dan semua dilakukan dengan tulus tanpa menggerutu, tidak digaji pun tetap setuju. Karena itu, Tuhan meletakkan surga di bawah telapak kaki Ibu.

49.  Siapapun bisa menjadi penerang di dalam kegelapan. Semua wanita Indonesia bisa menjadi Kartini di masa kini.

50. Saat ini, yang para wanita lawan bukanlah kaum laki-laki, tapi pendapat kolot serta adat yang usang.

Itulah tadi 50 ucapan Hari Kartini yang bisa kamu sampaikan kepada orang spesial di hidup Anda atau seluruh perempuan di Indonesia. Dengan menyebarkan semangat juang RA Kartini, semoga wanita Indonesia semakin maju dan sukses. Happy Kartini Day!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 50 Ucapan Hari Kartini “Berjuang Melalui Tulisan”

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]