1. Uncategorized

Mengenal Lebih Dekat Abad Pertengahan di Eropa

Berbicara mengenai sejarah di dunia, menurut kalian sejarah apa yang terkenal dan menarik untuk dibahas? Yap, salah satu sejarah dunia yang terkenal dengan pengaruhnya yang begitu besar adalah abad pertengahan. Sejarah ini bergulir dengan waktu yang sangat lama lho guys. Selain itu, sepanjang sejarah ini berlangsung, banyak terjadi kisah-kisah kelam dan mistis yang menyelimuti Eropa pada waktu itu.

Abad pertengahan bermula sejak Kekaisaran Romawi Barat mengalami kejatuhan dan sebelum memasuki abad pembaharuan atau Renaisans. Seperti yang kita ketahui, bahwa zaman Renaisans terjadi pada abad ke-14 sampai ke-17 Masehi. Jadi, sebelum itu, Eropa tidaklah seterang sekarang. Melainkan tidak jarang banyak  terjadi perubahan besar-besaran di berbagai aspek seperti rohani, sosial, budaya politik, dan sebagainya.  Wah, kalian penasaran bukan? Hmm, tidak ada salahnya menyimak penjelasan ini sampai akhir. Oke?

Sejarah Abad Pertengahan

Abad pertengahan yang berlangsung kurang lebih hampir 1000 tahun yang lalu yakni dari tahun 500-1400 M. Permulaan abad ini ditandai dengan kejatuhan Kekaisaran Romawi akibat invasi suku Barbar yang dipimpin oleh Flavius Odoacer. Kekaisaran Romawi kalah telak dan puncaknya adalah dengan kemunduran Kaisar Romawi bernama Romulus Augustus. 

Nah, apa kalian tahu suku Barbar? Suku ini merupakan bangsa asing yang terdiri dari kelompok-kelompok tentara yang mengancam daerah perbatasan Romawi pada masa itu.  Beberapa sumber menyebutnya adalah suku primitif yang tidak bisa menyesuaikan perilaku dengan tradisi Yunani dan Romawi. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang Menorehkan Sejarah

Awal Abad Pertengahan

Awal Abad Pertengahan
Awal Abad Pertengahan

Permulaan abad ini mengalami masa kegelapan (dark ages) yang ditandai dengan mundurnya Kekaisaran Romawi. Melansir gramedia, Kemunduran mutlak mengakibatkan karya sastra menjadi menurun. Kerajaan Romawi akhirnya terpecah menjadi dua bagian yaitu Kerajaan wilayah Timur dan Barat. 

Selanjutnya fenomena depopulasi penduduk, kontra urbanisasi, dan perpindahan suku bangsa dari satu wilayah ke wilayah lain sehingga banyak bermunculnya kerajaan-kerajaan baru pada bekas wilayah Kekaisaran Romawi Barat. Begitupun pada Kekuasaan Romawi Timur atau Byzantium. 

Dari segi pertahanan, iklim politik semakin bergejolak dan tidak stabil. Jalur perdagangan yang kokoh tidak dapat dipertahankan lagi, begitupun dengan kualitas buruk barang dagangan pasca era kejatuhan. Tak hanya itu, beberapa arsitektur klasik romawi perlahan menghilang dan diganti dengan kayu-kayu sederhana. Lalu, Infrastruktur tidak sekuat sebelum masa-masa peperangan serta feodalisme merajalela. Tak heran sistem ekonomi menjadi hancur dan tidak merata. 

Puncak Abad Pertengahan

Puncak Abad Pertengahan
Puncak Abad Pertengahan

Waktu telah bergulir, tahun telah memasukan puncak abad pertengahan. Abad ini  berlangsung pada abad ke-11 sampai abad ke-13. Selama 200 tahun berjalan, banyak perubahan yang terjadi di wilayah Eropa. Hal ini ditandai dengan meningkatnya perubahan di bidang politik, sosial, budaya, serta ekonomi yang signifikan. 

Selain itu, di bidang pembangunan dan arsitektur banyak terdapat katedral bernuansa Gotik yang menjamur di seluruh penjuru kota. Katedral gotik merupakan sebuah gaya arsitektur yang mengangkat elemen vault pada atap katedral sebagai ciri khasnya. Vault adalah bagian atap yang berbentuk melengkung. Selanjutnya gaya arsitektur ini menjadi sebuah tanda evolusi dari arsitektur Romanesque. 

Lalu, munculnya beberapa  karya intelektual, seni dan bahkan spiritual menjadi tanda bangkitnya Eropa menjadi negara yang modern. Penemuan karya Aristoteles dan pujangga lainnya membawa filsafat skolastisisme berkembang. Filsafat ini mendalami ilmu dan pengetahuan tentang metode kritis dalam analisis filsafatnya. 

Hal yang paling melekat pada zaman ini adalah munculnya manorialisme dan feodalisme. Manorialisme merupakan kegiatan penertiban rakyat kaum bawah dan diwajibkan untuk  membayar sewa. Sementara itu, feodalisme merupakan sebuah struktur politik yang mewajibkan untuk para ksatria dan kaum kelas atas untuk membela junjungan sebagai kompensasi hak sewa.

Baca Juga: Sejarah Perang Dingin: Latar Belakang hingga Akhir Perang

Akhir Abad Pertengahan

Akhir Abad Pertengahan
Akhir Abad Pertengahan

Pada masa ini,  tepatnya pada abad ke-14 sampai ke-15 terjadi sebuah peristiwa mengerikan yaitu merebaknya wabah penyakit dan kelaparan. Selama 100 tahun berlangsung, bencana kelaparan ini membuat populasi penduduk Eropa berkurang hampir setengahnya. Populasi penduduk yang semula tumbuh menjadi berkurang drastis dan berbagai ketegangan sosial merajalela. 

Imbas dari bencana kelaparan, terjadilah konflik panas antara petani di Perancis dan Inggris. Selain itu, pergesekan antara Skisma Barat dengan konflik internal menyebabkan krisis yang berkepanjangan pada akhir Abad Pertengahan. Dari segi intelektual dan ilmu pengetahuan telah berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan pembaruan teks-teks romawi kuno dan menjelang zaman Renaisans. 

Nah, itulah pembahasan mengenai abad pertengahan selama beratus-ratus tahun yang lalu. Ternyata sejarah menyimpan banyak kisah-kisah yang menegangkan ya, kawan literasi. Namun, di balik serangkaian kisah tersebut, terjadi banyak perubahan besar dan perkembangan pengetahuan, seni, dan spiritual yang pesat. Hal ini dibuktikan dengan melihat kemajuan Benua Eropa dalam berbagai bidang. 

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Lebih Dekat Abad Pertengahan di Eropa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]