1. Uncategorized

Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui

Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh? 

Atau sesederhana kamera yang sering kita pakai untuk mengambil gambar atau pemandangan? Tentu untuk menghasilkan bayangan sama persis dengan apa yang kita lihat tentu membutuhkan seperangkat sistem yang bagus dan mendukung. Nah, selanjutnya kalian akan menyimak bagaimana alat optik bekerja. Yuk, simak sampai tuntas ya!

Pengertian Alat Optik

Alat optik merupakan salah satu pelajaran fisika yang cukup mudah untuk dipelajari. Beberapa sumber mengatakan bahwa alat optik memanfaatkan prinsip pemantulan dan pembiasan cahaya untuk bisa digunakan. Bayangkan saja tanpa prinsip yang benar, maka kita tidak dapat menggunakan alat optik dengan baik. 

Jadi, apa itu alat optik? Melansir med.com, ia merupakan alat bantu yang digunakan untuk melihat benda yang sukar diamati oleh mata. Sementara itu,referensi lainnya mengatakan jika alat optik adalah sebuah perangkat yang menggunakan lensa dengan memanfaatkan sifat cahaya. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Elektronika Digital: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Macam-Macam Alat Optik

Alat optik tidak hanya kacamata saja, namun beberapa alat optik lain yang perlu kalian ketahui, antara lain:

1. Mata

Siapa yang menyangka bahwa mata merupakan alat optik alami. Mata adalah salah satu organ tubuh penting bagi manusia dan hewan. Ia berfungsi dalam menerima, memfokuskan, mentransmisikan cahaya sehingga mampu menghasilkan bayangan benda dan ditangkap oleh retina. Jadi, dengan kata lain, retina merupakan tempat menerima cahaya dan jatuhnya bayangan benda yang dilihat oleh mata. 

Selanjutnya, bayangan yang tertangkap akan terhubung ke otak melalui saraf optik untuk diproses menjadi gambar yang terlihat oleh mata sebagai semestinya. Jika ditinjau secara anatomi, mata manusia berbentuk bulat dengan diameter kurang lebih 2,5 cm dan terbungkus oleh cangkang (sclera) yang bertekstur keras sebagai pelindungnya. Ia melindungi bola mata dari gangguan luar dan menjaga kesehatan dan bentuk bola mata. 

2. Kacamata

Kacamata adalah alat optik untuk membantu mata melihat benda atau objek dengan jelas. Peranti optik ini sebagian besar digunakan oleh beberapa orang dengan keterbatasan penglihatan, seperti rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi) ataupun silindris.

Nah dengan adanya kacamata, orang dengan cacat mata akan mudah mengatur bayangannya supaya jatuh tepat pada retina. Penyintas rabun jauh akan mudah melihat objek dengan bantuan  kacamata, karena lensa tersebut akan mengatur bayangan agar jatuh tepat di retina, dengan cara menjauhkan titik jatuh bayangan. Sementara itu,  lensa akan mendekatkan titik jatuh  bayangan di retina pada penderita rabun dekat.

Selain itu, jenis-jenis lensa pun terbagi menjadi beberapa macam,  tergantung dari jenis cacat mata. Oleh sebab itu, jika di antara kalian yang merasa kurang bisa melihat objek dengan jelas, tidak ada salahnya kunjungi optik terdekat untuk memeriksakan kesehatan mata kalian.

3. Kamera

Kamera
Kamera

Alat optik selanjutnya adalah kamera. Sepertinya sebagian besar dari kalian sudah paham jika kamera merupakan alat optik yang populer. Nah, jika kita lihat lebih lanjut apa fungsi kamera, maka tak salah lagi untuk menghasilkan gambar atau foto dengan mengambil cahaya dan memfokuskannya melalui lensa. 

Ada dua jenis kamera yaitu kamera analog dan kamera digital. Tentunya, di dalam setiap kamera terdapat lensa cembung yang berfungsi menghasilkan gambar yang nyata, terbalik dan diperkecil. 

Untuk kamera analog, sebenarnya cara kerjanya hampir sama dengan mata hanya saja kamera menangkap bayangan dan menjatuhkannya ke plat film. Sifat plat film yang peka cahaya inilah akan mengalami perubahan kimia dan menyesuaikan dengan cahaya yang tertangkap pada kamera. 

Setelah itu film akan dicuci terlebih dahulu supaya ia tidak peka lagi terhadap cahaya.Kemudian dimasukkan ke dalam larutan kimia, supaya plat film berubah menjadi gambar negatif. Selanjutnya, gambar negatif ini menjadi sebuah foto di atas kertas berwarna putih.

Adapun pengambilan gambar pada kamera digital. Cara kerjanya yakni dengan memfokuskan cahaya yang masuk melalui lensa dan langsung ke sensor kamera.Setelah itu, terciptalah sebuah bayangan yang terbalik di dalam kamera. Selanjutnya, sensor akan menangkap bayangan yang diproses oleh lensa.  Sensor ini adalah bagian penting berbentuk papan sirkuit yang cukup sensitif terhadap cahaya, karena ia akan mendeteksi dan mengatur tingkat cahaya yang jatuh padanya. 

4. Teropong

Selanjutnya adalah alat optik untuk melihat benda-benda yang sangat jauh sehingga tampak lebih dekat, yaitu teropong. Nah, alat ini berfungsi untuk melihat benda-benda langit yang jaraknya beratus-ratus kilometer di angkasa. Nah, teropong itu sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu teropong bias dan teropong pantul.

Teropong bias merupakan teropong yang berfungsi untuk membiaskan sinar yang datang dari benda. Contohnya adalah teropong bintang dan teropong bumi. Kemudian adapun teropong pantul. Ia terdiri dari beberapa cermin dan lensa sebagai pemantul dan pembiasan sinar datang.  

5. Lup

Lup
Lup

Kaca pembesar atau lup hanya mengandung lensa positif dan berfungsi untuk memperbesar ukuran bayangan dari suatu objek. Biasanya penggunaan lup digunakan oleh tukang arloji untuk melihat beberapa komponen-komponen arloji yang berukuran kecil.

Alat optik ini membantu untuk  mengamati benda-benda kecil supaya lebih jelas, lho kawan literasi. Lalu, untuk  bayangan yang terbentuk yakni bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Benda ini dapat diamati dalam dua keadaan yaitu saat berakomodasi maksimum dan tidak maksimum.

Pada saat berakomodasi maksimum, benda terletak di antara lensa dan titik fokus. Sedangkan, pada pengamatan benda dengan tidak berakomodasi maksimum maka benda harus terletak tepat pada titik fokus lup. 

Baca Juga: Mikrometer Sekrup, Alat Pengukur Diameter Berpresisi Tinggi

6. Periskop

 

Alat optik selanjutnya adalah periskop. Benda ini berfungsi untuk mengamati benda jarak jauh dalam sudut tertentu. Bentuknya pun sederhana yakni berupa tabung dengan  cermin pada ujung-ujungnya. Prisma ini akan memantulkan cahaya yang datang sejajar dan diatur sedemikian rupa sehingga membentuk sudut 45 terhadap sumbu tabung. 

Alat ini sering digunakan pada kendaraan tempur seperti tank dan kapal selam. Biasanya para navigator kapal memanfaatkan periskop untuk mengamati aktivitas musuh di permukaan laut. 

7. Mikroskop

Mikroskop
Mikroskop

Selanjutnya adalah mikroskop. Ia adalah alat optik yang berfungsi untuk melihat benda-benda mikro atau berukuran kecil dengan perbesaran tertentu. Perbesaran yang bisa digunakan bisa mencapai 1000 kali lipat dari besar benda. 

Secara umum, mikroskop terdiri dari dua lensa yaitu lensa okuler dan objektif. Perbedaannya adalah dari posisi peletakannya. JIka lensa okuler adalah lensa yang terletak di dekat mata, sementara itu lensa objektif terletak di dekat benda. Prinsip kerja dari mikroskop adalah dengan membentuk bayangan benda pada lensa objektif dan diteruskan ke lensa okuler.

Bayangan tersebut akan ditangkap oleh mata secara jelas.  Selanjutnya, sifat bayangan yang dihasilkan oleh mikroskop adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.

8. Proyektor

Alat optik selanjutnya adalah proyektor. Proyektor merupakan alat optik yang berguna untuk keperluan manusia seperti mengajar, memberikan seminar, dan sebagainya. Seperti yang kita ketahui, proyektor akan membuat gambar dengan cara memproyeksikan gambar bergerak pada sebuah permukaan datar. Permukaan ini biasanya bisa berupa layar atau dinding putih. 

Adapun jenis proyektor pada umumnya seperti Diaskop Projector (DP) dan Overhead Projector (OHP). Diaskop Projector (DP) merupakan alat untuk memproyeksikan gambar diapositif sehingga terbentuk bayangan nyata pada layar. Selanjutnya adapun Overhead Projector (OHP) merupakan sebuah alat untuk memproyeksikan benda tembus cahaya. Biasanya alat ini lebih sering digunakan dalam ruangan terang.  

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai alat optik yang perlu kalian ketahui. Nah, kira-kira alat optik manakah yang paling sering kalian gunakan? Tentu saja, kalian akan sangat terbantu dengan kehadiran mereka dalam kehidupan sehari-hari, terutama kacamata yang memudahkan kita dalam melihat benda lebih jelas. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Alat Optik & Jenis-Jenisnya yang Harus Kalian Ketahui

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]