1. Kelas 10 PKn

Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

Ancaman terhadap integrasi nasional adalah potensi yang membahayakan keutuhan negara. Bentuknya bisa berupa serangan militer secara frontal maupun ancaman yang berasal dari dalam negara sendiri, misalnya konflik horizontal.

Sebenarnya apa pengertian integrasi nasional?

Integrasi nasional adalah proses penyesuaian dan penyatuan unsur-unsur kebudayaan Indonesia yang beragam sehingga dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Tujuan integrasi nasional yaitu untuk menciptakan unsur keselarasan bangsa yang berbeda-beda.

Faktor pembentukan integrasi nasional antara lain adalah rasa senasib dan seperjuangan, keinginan untuk bersatu, budaya gotong royong, dan cinta tanah air.

Selain itu ada juga faktor penghambat integrasi nasional misalnya, timbulnya salah paham etnosentrisme, kurangnya kesadaran diri, rendahnya toleransi dan pembangunan kurang merata.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Bentuk ancaman terhadap integrasi nasional

Bentuk ancaman terhadap integrasi nasional bangsa dan negara bisa dibedakan menjadi beberapa kategori, yaitu ancaman militer dan ancaman non-militer.

Contoh ancaman terhadap integrasi nasional lainnya yakni ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ancaman Militer

Ancaman militer adalah bentuk ancaman terhadap integrasi nasional yang menggunakan kekuatan bersenjata dan pasukan militer yang terorganisasi.

Ancaman militer ini dapat membahayakan kedaulatan, keutuhan wilayah, dan mengancam keselamatan segenap bangsa.

Untuk menghadapi ancaman militer, negara harus mempersiapkan sistem pertahanan dan keamanan yang kuat dan tangguh hingga dapat mencegah terjadinya ancaman militer.

Berikut merupakan bentuk ancaman militer terhadap integrasi nasional.

1. Agresi militer

Agresi militer adalah upaya penyerangan terhadap suatu wilayah dengan tujuan untuk merebut kedaulatan suatu negara. Contoh agresi militer antara lain: penyerangan baik fisik maupun nonfisik dan gencatan senjata.

2. Pelanggaran wilayah

Sebagai salah satu bentuk ancaman terhadap integrasi nasional, pelanggaran wilayah adalah tindakan memasuki, mengeksploitasi wilayah negara lain tanpa izin, baik melalui zona udara (melalui pesawat tempur) maupun zona laut (kapal perang).

3. Sabotase

Sabotase adalah tindakan perusakan yang dilakukan secara terencana, sengaja, tersembunyi untuk merugikan pihak lawan.

Menurut KBBI, arti sabotase termasuk:

  • Perusakan milik pemerintah (oleh pemberontak)
  • Penghalangan produksi perusahaan atau tindakan merusak dan menentang kelancaran kerja (oleh kaum buruh yang tidak puas)
  • Pemusnahan fasilitas militer, perhubungan, atau pengangkutan wilayah musuh oleh agen rahasia lawan atau kelompok gerakan perlawanan bawah tanah

4. Aksi teror

Aksi teror atau terorisme adalah serangan terkoordinasi yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang tak bertanggung jawab yang bertujuan untuk menumbuhkan teror/perasaan panik terhadap masyarakat.

5. Spionase

Spionase adalah tindakan mengintai, memata-matai secara sembunyi-sembunyi (rahasia), dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi tentang organisasi atau lembaga tertentu.

6. Perang saudara

Civil war atau perang saudara adalah perang antarkelompok yang terorganisir dalam negara yang sama.

7. Pemberontakan bersenjata

Pemberontakan bersenjata adalah penentangan secara militer dengan menggunakan senjata terhadap kekuasaan yang sah.

8. Perusakan instalasi militer

Perusakan instalasi militer atau objek-objek vital milik negara juga berpotensi memberi ancaman terhadap integrasi nasional.

Ancaman Non-Militer

Ancaman non-militer adalah contoh ancaman terhadap integrasi nasional yang tidak menggunakan senjata dan pasukan militer tertentu.

Ancaman tersebut dapat menyerang norma dan nilai bangsa hingga berujung pada kerugian negara secara harta atau moril.

Cara menghadapi ancaman non-militer ini, sistem pertahanan negara ditempatkan diluar lembaga pertahanan negara yang sesuai dengan bentuk ancaman yang dihadapi.

Berikut yang termasuk bentuk ancaman non-militer terhadap integrasi nasional.

1. Korupsi

Pengertian korupsi adalah penyalahgunaan uang negara oleh sekelompok orang atau pribadi, dengan tujuan untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok.

Menurut teori Triangle Fraud, penyebab korupsi dilatarbelakangi oleh 3 hal, yaitu adanya pressure (tekanan), opportunity (kesempatan), dan rationalization (rasionalisasi).

Dampak korupsi di antaranya ialah menghambat pertumbuhan ekonomi negara, mengurangi efektivitas program-program negara, serta menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap hukum.Penyalahgunaan narkoba

2. Penjualan aset bangsa ke bangsa asing

Penjualan aset negara ke negara lain salah satunya bertujuan untuk memperoleh dana segar bagi pembangunan infrastruktur negara.

Yang dikuatirkan ialah ketika penjualan aset bangsa ini malah merugikan negara, misalnya tidak mampu memberi kemanfaatan bagi masyarakat.

3. Perusakan lingkungan

Perusakan lingkungan adalah tindakan secara sengaja untuk merusak lingkungan sehingga terjadilah perubahan sifat baik fisik, kimia, atau kerusakan hayati lingkungan.

4. Masuknya budaya asing

Budaya asing yang ditakutkan menjadi ancaman terhadap integrasi nasional ialah budaya yang menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat, seperti konsumerisme, individualisme, dann lain-lain.

5. Rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa

Rusaknya persatuan dan kesatuan bangsa dipicu oleh banyak faktor, contohnya etnosentrisme.

Ancaman Dalam Negeri

Ancaman dalam negeri adalah bentuk ancaman yang datang dari pihak internal atau dari dalam negeri.

Bentuk ancaman ini harus diwaspadai karena bisa muncul secara tiba-tiba tanpa ada tanda-tanda, bisa dalam bentuk kecil seperti konflik masyarakat atau dalam bentuk besar seperti separatisme kelompok bersenjata.

Berikut yang merupakan bentuk ancaman dalam negeri. 

  1. Kerusuhan masyarakat
  2. Pemberontakan
  3. Konflik antar suku
  4. Kekacauan politik
  5. Tindakan separatisme

Ancaman Luar Negeri

Ancaman luar negeri adalah bentuk ancaman yang datang dari sumber pihak eksternal atau dari luar negeri.

Bentuknya bisa berupa serangan militer seperti invasi dan agresi atau non-militer seperti penyelundupan barang ilegal.

Berikut contoh yang merupakan bentuk ancaman luar negeri.

  1. Invasi ke wilayah negara
  2. Penguasaan wilayah negara
  3. Serangan agresi militer dari negara asing
  4. Penyelundupan barang ilegal dari negara asing
  5. Pencurian kekayaan alam

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ancaman Terhadap Integrasi Nasional

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]