1. Kelas 11 PKN

5 Ancaman Terhadap NKRI, Resiko, & Bentuk-bentuknya

Meski telah lebih dari 75 tahun merdeka, ancaman terhadap NKRI yang berpotensi mengganggu kedaulatan dan stabilitas negara mungkin saja terjadi. Ada berbagai ancaman terhadap NKRI yang dibedakan melalui sumber dan dimensinya. Simak penjelasan lengkapnya hanya di Studio Literasi!

Ancaman Terhadap NKRI dan Disintegrasi Bangsa

Sejak merdekanya Negara Kesatuan Republik Indonesia, telah banyak hal-hal yang mengancam keutuhan persatuan bangsa. Mulai dari ancaman dari segi militer hingga nonmiliter. Ancaman militer terhadap NKRI adalah ancaman yang berbasis militer baik dari dalam maupun luar negeri, sementara ancaman militer bisa berasal dari dimensi ideologi, kebudayaan, sosial, teknologi, ekonomi, serta yang lainnya. 

Kedua ancaman ini tidak dapat dianggap remeh. Bahkan, ancaman nonmiliter apabila tidak lekas diatasi akan berpotensi menimbulkan ancaman militer di kemudian hari yang tentu akan semakin mengancam kedaulatan negeri.

Ancaman Terhadap NKRI dari Dalam Negeri

1. Resiko Ancaman di Bidang Ideologi

ancaman terhadap nkri
(Sumber: Pixabay)

Ideologi adalah suatu pemikiran, gagasan, pandangan, ide, dan ilmu yang mendasar atau paling fundamental. Pengertian ini selaras dengan asal kata Ideologi yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu Eidos (Idea) dan Logos (Logia). Sederhananya, ideologi adalah ilmu tentang cita-cita dan gagasan yang ingin dicapai.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Indonesia sendiri menggunakan Ideologi pancasila sebagai dasar negara. Namun, seiring waktu, terjadi beberapa ancaman yang menginginkan penggantian ideologi yang didasari dengan kepentingan golongan. Segala usaha penggantian ideologi sudah termasuk ancaman terhadap kedaulatan bangsa. 

Beberapa peristiwa penggantian ideologi yang pernah terjadi di Indonesia, diantaranya: 

a. Peristiwa G30S/PKI

Peristiwa Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia ini terjadi pada tahun 1965 dengan usaha menggulingkan pemerintah yang tengah berkuasa dan mengganti ideologi NKRI. G30S/PKI juga dipengaruhi oleh berkembanganya ideologi NASAKOM (Nasionalisme, Agama, dan Komunisme).

b. Pemberontakan DI/TII

Pemberontakan atau Gerakan Darul Islam oleh Tentara Islam Indonesia ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia, meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Aceh. Kelimanya terjadi pada waktu yang berbeda. Menurut sejarah, DI/TII adalah salah satu pemberontakan tersulit yang pernah dihadapi bangsa. Pemberontakan ini bertujuan untuk mendirikan Negara Islam Indonesia (NII) dan dilatarbelakangi oleh Perjanjian Renville.

2. Resiko Ancaman di Bidang Politik

salah satu contoh konkret ancaman terhadap nkri dewasa ini adalah
(Sumber: Pixabay)

Tak hanya dari luar negeri, ancaman di bidang politik juga bisa terjadi dari dalam negeri. Contohnya adalah pergerakan alias aktivitas massa dan demonstrasi yang ingin menumbangkan pemerintah yang tengah berkuasa. Selain aktivitas massa, gerakan separatisme juga termasuk berisiko menjadi ancaman, seperti Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan Operasi Papua Merdeka (OPM).

3. Resiko Ancaman di Bidang Ekonomi

(Sumber: Pixabay)

Peristiwa seperti angka pengangguran yang semakin tinggi dan lapangan kerja yang makin hari makin sedikit bisa dikategorikan sebagai ancaman di bidang ekonomi dari dalam negeri. Terdapat berbagai faktor yang menyebabkan kestabilan ekonomi dalam negeri terganggu. Inflasi yang biasa terjadi setiap tahun juga turut ambil andil dalam terjadinya permasalahan ekonomi.

4. Resiko Ancaman di Bidang Sosial dan Budaya

contoh ancaman terhadap nkri
(Sumber: Pixabay)

Ancaman terhadap NKRI di bidang sosial budaya yang berasal dari dalam negeri banyak jenisnya. Utamanya timbul dari isu-isu yang ada di kehidupan masyarakat, seperti isu tentang keterbelakangan pendidikan, ketidakadilan antar golongan masyarakat, serta kemiskinan. Meskipun seringkali dipandang remeh, justru isu-isu inilah yang di kemudian hari dapat bertambah pelik dan menimbulkan gerakan separatisme, berbagai kekerasan, hingga kejadian terorisme. 

5. Resiko Ancaman di Bidang Militer dan Keamanan

salah satu contoh konkret ancaman terhadap nkri dewasa ini adalah
(Sumber: Pixabay)

Resiko ancaman terhadap keutuhan NKRI tidak hanya datang dari luar negeri, tetapi juga dalam negeri. Beberapa situasi dapat mengancam stabilitas negara, seperti adanya perang saudara yang terjadi di beberapa provinsi, hingga aksi terorisme oleh jaringan radikal dalam negeri. 

Ancaman Terhadap NKRI dari Luar Negeri

Hampir serupa dengan ancaman terhadap NKRI dari dalam negeri, ancaman luar negeri secara umum dibedakan menjadi ancaman militer dan nonmiliter. Berikut adalah informasi lengkapnya. 

Ancaman Nonmiliter

Ancaman nonmiliter dari luar negeri adalah ancaman yang tidak melibatkan senjata dan lebih condong ke arah sosial budaya atau ekonomi. Salah satu contoh konkret ancaman terhadap NKRI dewasa ini adalah tidak lain dipengaruhi oleh arus globalisasi, dimana batas-batas semakin mengabur. Beberapa nilai-nilai budaya barat seperti hedonisme, pergaulan bebas remaja, dan konsumerisme tidak dapat serta-merta diterapkan di Indonesia yang menjunjung tinggi budaya ketimuran. 

ancaman terhadap nkri
Pasar bebas merupakan faktor yang dapat menjadi ancaman terhadap NKRI (Sumber: Pixabay)

Ancaman nonmiliter berdimensi ekonomi dari luar negeri juga bisa terjadi. Persaingan pasar bebas dan masuknya produk asing secara masif ke dalam negeri dengan harga yang lebih terjangkau berpotensi menggeser para pelaku pasar di Indonesia. Apabila tidak ada regulasi yang baik dari pemerintah setempat, kerugian bisa saja terjadi.

Ancaman Militer

1. Spionase

Spionase adalah suatu kegiatan yang dilakukan para intelijen yang bertujuan untuk menggali beragam informasi rahasia dari lembaga, perusahaan, hingga sebuah negara. Kegiatan spionase tak hanya dapat dilakukan oleh agen intelijen saja, melainkan bisa melalui sarana teknis, yaitu dengan meretas jaringan komputer pihak terkait. 

Allen Lawrence Pope (Sumber: Wikipedia)
Allen Lawrence Pope (Sumber: Wikipedia)

Spionase pernah terjadi di Indonesia, antara lain aksi Allen Pope, tentara CIA yang yang ditugasi untuk membantu pemberontakan PRRI, serta tindakan spionase yang pernah dilakukan oleh negara tetangga, yaitu Australia selama beberapa kali. 

2. Agresi

Agresi Militer I Belanda (Sumber: Sumber Sejarah)
Agresi Militer I Belanda (Sumber: Sumber Sejarah)

Agresi militer oleh negara lain pernah terjadi kepada Indonesia, yang paling dikenal yaitu Agresi Militer I dan II oleh negara Belanda yang memiliki tujuan untuk merebut kembali wilayah Indonesia sebagai bekas negara jajahannya. 

3. Pelanggaran Wilayah

Peta Laut Natuna (Sumber: menpan.go)
Peta Laut Natuna (Sumber: menpan.go)

Contoh ancaman terhadap NKRI yang dapat mengganggu keutuhan wilayah adalah pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain. Dalam catatan sejarah, hal ini pernah terjadi di Indonesia. Kasus pelanggaran wilayah yang paling populer salah satunya adalah kapal penjaga pantai dari Tiongkok yang melanggar ZEE-UNCLOS serta IUU Fishing di wilayah kedaulatan bangsa Indonesia, yaitu di Perairan Natuna.

Itulah informasi lengkap seputar ancaman terhadap NKRI sekaligus contoh-contohnya. Semoga bermanfaat bagi Kawan Literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Ancaman Terhadap NKRI, Resiko, & Bentuk-bentuknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]