1. Kelas 10 Biologi

Apa itu Ekosistem, Macam, dan  Komponen Pembentuknya

Ekologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya. Secara singkat, ekosistem adalah kesatuan fungsional antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang di dalamnya terdapat hubungan dan interaksi yang erat dan saling mempengaruhi. Yuk kita bahas secara mendalam mengenai materi ekosistem dalam pelajaran biologi ini! 

Apa itu Ekosistem

Ekosistem
Ekosistem

Makhluk hidup yang ada di bumi saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya bernama ekosistem. 

Ekosistem adalah gabungan dari setiap unit biosistem, contohnya seperti hewan memerlukan tumbuhan untuk dimakan dan manusia membutuhkan tumbuhan untuk menghirup oksigen.

Baca Juga : Pembangunan Berkelanjutan: Prinsip, Tujuan dan Indikatornya

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Komponen Pembentuk Ekosistem

<yoastmark class=

Komponen ekosistem adalah yang menyusun sebuah komunitas sehingga terbentuk sebuah ekosistem tersebut. Ekosistem dalam suatu sistem ekologi memiliki dua komponen yakni komponen abiotik atau tak hidup dan komponen biotik atau hidup.

1. Komponen Abiotik

Komponen abiotik terdiri dari makhluk mati seperti suhu, sinar matahari, air, angin, udara, kelembapan udara, tanah, batu, iklim, dan masih banyak lagi. Elemen tersebut berperan dalam kebutuhan setiap makhluk hidup. 

Contohnya seperti pada suatu proses biologis yang dipengaruhi oleh perubahan pada suhu layaknya mamalia dan burung sebagai makhluk hidup yang dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri.

2. Komponen Biotik

Komponen biotik terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Pada komponen satu ini, terjadi hubungan timbal balik yang dapat menguntungkan maupun merugikan antara makhluk hidup satu dengan yang lain. 

Contohnya seperti tumbuhan berperan sebagai produsen, hewan dan manusia sebagai konsumen, dan mikroorganisme sebagai dekomposer yang bertugas untuk menguraikan bahan-bahan organik yang berasal dari makhluk hidup yang sudah mati.

Macam-Macam Ekosistem 

Macam-macam ekosistem
Macam-macam ekosistem

Dalam kehidupan di Bumi, ekosistem suatu sistem ekologi terbagi menjadi 3 macam, yakni ekosistem air, darat, dan buatan. Oke, daripada kalian bingung, yuk baca penjelasan lengkapnya. 

1. Air

Ekosistem akuatik atau air ini terbentuk karena beberap faktor eksternal seperti cahaya matahari, jumlah material terlarut, dan substrat. Utamanya, ekosistem air terbagi menjadi dua, yakni ekosistem air tawar yang contohnya seperti organisme yang hidup dan umumnya telah beradaptasi di air tawar, dan ekosistem air laut. Contohnya seperti hewan-hewan yang hidup di terumbu karang memakan organisme mikroskopis dan sisa organik lain yang terdapat di dalamnya.

Baca Juga: Keanekaragaman Ekosistem Beserta Penjelasan Lengkap

2. Darat

Ekosistem terestrial atau darat merupakan ekosistem yang ditentukan oleh temperatur dan curah hujan. Lingkungan satu ini terdiri dari padang rumput yang contohnya seperti tumbuhan terna (herbs) dan rumput yang keduanya bergantung pada kelembaban, taiga tundra yang contohnya seperti tumbuhan perdu yang mampu beradaptasi dengan keadaan yang dingin, kemudian hutan hujan tropis yang contohnya seperti rotan dan anggrek sebagai tumbuhan epifit atau tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. 

Selain itu terdapat hutan gugur yang memiliki ciri curah hujannya merata sepanjang tahun dan fauna yang menempati adalah rubah. Terakhir, terdapat gurun yang terdapat di daerah tropis yang berbatasan dengan padang rumput dan di tinggali oleh kalajengking dan kaktus.

3. Buatan

Ekosistem buatan merupakan sebuah ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Ia mendapatkan subsidi energi dari luar, tanaman atau hewan peliharaan yang didominasi pengaruh manusia, dan memiliki keanekaragaman rendah. Contohnya seperti sawah, peternakan, waduk, tambak, dan bendungan.

Demikian rangkuman materi mengenai ekosistem mulai dari apa itu pengertiannya hingga komponen-komponen penyusunnya Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa ekosistem dikatakan seimbang dan dinamis jika jumlah seluruh komponennya sesuai dengan fungsi masing-masing. Semoga artikel SMA Studio Literasi kali ini bermanfaat. Semangat belajar!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Apa itu Ekosistem, Macam, dan  Komponen Pembentuknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]