1. Seleksi Masuk

Memahami Apa itu UTBK, Ketentuan & Materi yang Diujikan

Di tanah air, tahun ajaran baru bagi para siswa maupun mahasiswa yaitu pada kisaran bulan Juli-Agustus tiap tahunnya, dan berakhir pada bulan Juni di tahun berikutnya. Berakhirnya tahun ajaran berarti siswa akan naik ke jenjang berikutnya. Ujian akhir pun menjadi persyaratan naik kelas. 

Namun jangan salah, proses persiapan ujian akhir bagi kelas 6, 9, dan 12  telah ada sejak beberapa bulan sebelum bulan Juni. Terutama bagi kelas 12 yang hendak menuju ke perguruan tinggi. Persiapan menuju medan tempur UTBK-SBMPTN bahkan telah ada satu tahun sebelumnya dengan gigih dan serius. 

Pertanyaan mengenai apa itu UTBK, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur masuk ke perguruan tinggi adalah salah satu hal yang penting bagi  pejuang PTN. Bagi Kawan Literasi yang penasaran mengenai penjelasan lengkapnya, yuk mari kita bahas!

Sebelum mengetahui ujian ini, ada baiknya untuk tahu terlebih dahulu tentang SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN adalah proses seleksi untuk siswa yang ingin meneruskan studinya ke universitas-universitas negeri di Indonesia. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Jalur SBMPTN mulai ada di Indonesia mulai tahun 2019 yang lalu. Kemudian untuk penyelenggaranya sendiri adalah LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, satu-satunya lembaga resmi yang berhak melaksanakan seleksi jalur masuk PTN yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti. 

Secara garis besar, fungsi LTMPT adalah untuk menyelenggarakan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) alias jalur perankingan sekolah pada bulan Januari-Maret di tiap tahunnya, dan melaksanakan UTBK sebagai syarat SBMPTN. Sampai sini, kalian sudah paham tentang perbedaan-perbedaannya, bukan??

Apa itu UTBK?

Apa Itu UTBK?
Apa Itu UTBK?

Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah kepanjangan dari UTBK. Apakah UTBK sama dengan jalur SBMPTN? Begini, sebagai penyelnggara yang telah tersandardisasi, LTMPT mengelola dua jalur masuk perguruan tinggi, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Untuk menjadi peserta SNMPTN atau jalur rapor, siswa harus masuk dalam persentase perankingan tertinggi sekolah (persentase jumlah siswa didasarkan pada akreditasi sekolah) sehingga eligible untuk mengikuti jalur ini. Sementara bagi yang belum berkesempatan mengikuti jalur SNMPTN, bisa mencoba jalur SBMPTN atau jalur ujian atau UTBK.

Baca Juga: 9 Jurusan Kuliah Paling Menjanjikan di Masa Depan

Apa saja Materi yang Diujikan dalam UTBK?

Soal UTBK
Soal UTBK

UTBK bukanlah ujian biasa karena kamu akan bersaing dengan pendaftar lainnya yang telah menyiapkan amunisi sejak jauh-jauh hari. Maka dari itu, seusai memahami apa itu UTBK, kini saatnya menyelam lebih dalam untuk mencari tahu apa saja materi-materinya  agar kamu semakin siap untuk mengikuti ujian di tahun-tahun berikutnya. 

Terdapat perubahan yang cukup signifikan dalam pelaksanaan UTBK 2022. Selain subtes Bahasa Inggris yang mulai dipisah dari TPS, soal yang dikerjakan juga menjadi 20 soal dengan waktu yang terbilang cepat, yaitu hanya berkisar 15-20 menit per subtes. Berikut ini adalah materi yang diujikan dalam ujian tersebut.

1. TPS (Tes Potensi Skolastik) terdiri dari: 

a. Penalaran Umum (PU), 20 soal selama 28 menit.
b. Kemampuan Kuantitatif (PK), 20 soal selama 22,5 menit.
c. Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU), 20 soal selama 22,5 menit
d. Memahami Bacaan dan Menulis (PBM), 20 soal selama 17 menit 

2. Bahasa Inggris: 20 soal selama 15 menit 

Selanjutnya ada tes kemampuan bahasa Inggris. Pasti sebelumnya kalian pernah mengikuti tes bahasa Inggris pada umumnya, bukan? Nah, tes Bahasa Inggris dalam pelaksanaan UTBK hanya berlangsung sekitar 15 menit dengan jumlah soal 20. 

3. TKA (Tes Kemampuan Akademik) 

Mengukur kemampuan siswa dalam bidang Saintek/Soshum sesuai rumpun, maka munculah tes kemampuan akademik. Adapun empat mata pelajaran yang diujikan disini, antara lain: 

Rumpun Saintek:
a. Matematika Saintek
b. Fisika
c. Kimia
d. Biologi 

Rumpun Soshum:
a. Ekonomi
b. Geografi
c. Sosiologi
d. Sejarah 

Alokasi waktu dalam pengerjaan masing-masing bidang di TKA adalah 22,5 menit/mata pelajaran dengan jumlah soal 20/mata pelajaran.  Setiap siswa hanya boleh memilih 2 prodi dalam UTBK, baik itu rumpun soshum/saintek maupun IPC alias campuran. Tidak seperti beberapa tahun sebelumnya, siswa hanya boleh mengikuti UTBK sebanyak satu kali tanpa pengulangan.

Biaya Pendaftaran UTBK-SBMPTN

Perkiraan Biaya yang Dikeluarkan
Perkiraan Biaya yang Dikeluarkan

Informasi mengenai apa itu UTBK jelas belum cukup. Kamu perlu mengetahui rincian biaya yang harus kalian keluarkan untuk mendaftar pada SBMPTN. Melansir dari situs resmi LTMPT, biaya UTBK 2022 adalah sebagai berikut:

a. Rumpun Saintek/ Soshum: Rp200.000
b. IPC atau Campuran: Rp300.000

Baca Juga: Mengenal Jurusan Akuntansi & Prospek Kerja di Masa Depan

Mekanisme pendaftaran akan berawal dengan pembuatan akun LTMPT dengan durasi tertentu. Setelah masa kunci data berlangsung, baru diperbolehkan untuk mendaftar UTBK dan memilih prodi yang Kawan Literasi inginkan. Saat mendaftar ujian ini, Kawan Literasi akan diminta untuk memilih lokasi ujian yang tersedia di beberapa universitas negeri di Indonesia. 

LTMPT selalu memberikan pengarahan dan sosialisasi setiap tahun mengenai detail pelaksanaan UTBK. Informasi lain selain apa itu UTBK dapat kalian akses dalam situs resmi LTMPT yaitu 

 

Itulah tadi informasi lengkap mengenai apa itu UTBK dan SBMPTN serta seputar jalur penerimaan mahasiswa baru universitas negeri. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Memahami Apa itu UTBK, Ketentuan & Materi yang Diujikan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]