1. Kelas 11 Ekonomi

APBN dan APBD, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme Penyusunannya

Untuk menyelenggarakan kegiatan lingkup negara maupun daerah, pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Undang-Undang di Indonesia telah mengatur pengelolaan dana melalui APBN dan APBD.

Meskipun sama-sama bertujuan untuk mengatur pendanaan, keduanya juga memiliki perbedaan dalam hal sumber serta fungsinya. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel kali ini hingga selesai, ya, Kawan Literasi!

Apa itu APBN?

Sumber: liputan6

APBN atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara merupakan rencana tahunan keuangan pemerintahan negara yang sudah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), mulai dari 1 Januari sampai 31 Desember. Definisi ini tercantum dalam UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, yaitu dalam Pasal 1 ayat (7).

Selain itu, APBN juga direncanakan terlebih dulu oleh pemerintah, dari segi pengeluaran dan penerimaan uangnya, atau disebut Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN), yang akan diajukan kepada DPR dan didiskusikan lebih lanjut.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tujuan penyusunan APBN secara garis besar adalah meningkatkan kemakmuran rakyat dan pertumbuhan ekonomi. Tujuan spesifik penyusunan APBN adalah sebagai berikut:

  • Menjadi pedoman penerimaan dan pengeluaran negara untuk melakukan tugas kenegaraan.
  • Menjunjung transparansi dan pertanggungjawaban kepada DPR dan masyarakat.
  • Meningkatkan manajemen koordinasi antar bagian pemerintah.
  • Membantu mencapai tujuan fiskal.
  • Membantu menentukan prioritas belanja pemerintah.

Lalu, Apa itu APBD?

Sumber: bkad kulonprogokab

APBD, berdasarkan Permendagri No. 21 Tahun 2011, adalah rancangan keuangan tahunan dari pemerintah daerah, yang pemerintah daerah beserta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sudah setujui, juga ditetapkan dengan peraturan daerah.

Anggaran ini akan mencerminkan besaran pengeluaran dan pendapatan yang suatu daerah perlukan untuk melaksanakan pengelolaan, mulai dari daerah tingkat kota atau kabupaten (tingkat II) dan provinsi (tingkat I).

Tujuan disusunnya APBD adalah untuk menjadi acuan pemerintah daerah untuk mengatur penerimaan dan belanja daerah. Selain itu, APBD juga memiliki tujuan berikut ini:

  • Membantu mencapai tujuan fiskal.
  • Melaksanakan peningkatan koordinasi setiap bagian pada lingkungan pemerintah daerah.
  • Menciptakan efisiensi penyediaan barang maupun jasa.
  • Menentukan prioritas belanja pemda.

Sumber Penerimaan APBN dan APBD

Secara garis besar, asal atau sumber pendapatan APBN adalah dari penerimaan dalam negeri berupa pajak dan penerimaan bukan pajak, serta dana hibah. Sementara itu, untuk APBD, asal pembiayaan dan anggarannya adalah dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), dana perimbangan, serta pendapatan lain-lain yang sah.

Baca juga: Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Fungsi APBN

Sumber: accurate

Kementerian Keuangan sebagai pihak yang mengkaji dan menjalankan fungsi APBN. Beberapa fungsi dari APBN yaitu fungsi alokasi, distribusi, otorisasi, stabilisasi, regulasi, dan pengawasan. Enam fungsi ini tercantum dalam Pasal 2 ayat 4 UU No. 17 Tahun 2003. Berikut adalah penjelasannya:

1. Fungsi Alokasi

Fungsi alokasi adalah pembagian anggaran secara proporsional dalam pengalokasian pembangunan dan pemerataan. Oleh karena itu, anggaran negara haruslah terarah, sehingga bisa menambah daya guna perekonomian dan meminimalisir inefisiensi sumber daya.

2. Fungsi Distribusi

Memiliki fungsi distribusi, dana APBN harus disalurkan kepada masyarakat berdasarkan penetapan awal alokasinya. Karena itulah, kebijakan dalam penyusunan anggaran harus sangat teliti, dengan mempertimbangkan keadilan dan rasa pantas, agar setiap wilayah atau daerah bisa memperoleh pemerataan. Dengan kata lain, dana tidak boleh hanya terpusat di satu sektor ataupun satu daerah saja, agar tid  ak terjadi ketimpangan.

3. Fungsi Stabilisasi

Makna fungsi stabilisasi dalam APBN adalah APBN berguna untuk memelihara keseimbangan atau stabilitas antara masyarakat dengan intervensi untuk menghindari inflasi. Misalnya, saat terjadi kenaikan harga barang dan jasa, maka pemerintah akan menaikkan suku bunga, supaya jumlah uang yang beredar berkurang dan harga dapat normal kembali.

4. Fungsi Otoritas

Dengan fungsi otoritas, anggaran APBN berfungsi menjadi acuan atau pokok pelaksanaan pendapatan dan belanja pemerintah setiap tahunnya.

5. Fungsi Perencanaan

Dengan fungsi perencanaan, APBN berguna untuk pengalokasian sumber daya yang ada sesuai dengan rencana yang sudah pemerintah dan DPR tetapkan setiap tahunnya.

6. Fungsi Pengawasan

Fungsi pengawasan APBN yaitu anggaran negara menjadi acuan untuk menilai apakah kegiatan penyelenggaraan pemerintah sudah sesuai dengan ketentuan atau tidak. Jadi, hal ini akan memudahkan masyarakat memberi penilaian tentang kesesuaian kebijakan dan tindakan pemerintah dalam penggunaan uang negara untuk suatu keperluan.

Baca juga: Asas dan Prinsip Koperasi

Fungsi APBD

Sumber: lp2m uma

Sama layaknya APBN, APBD juga memiliki 6 fungsi, yang tercantum pada Permendagri No. 13 Tahun 2006, sebagai berikut:

1. Fungsi Perencanaan

APBD menjadi acuan atau pedoman untuk merencanakan aktivitas atau kegiatan pada tahun berlakunya.

2. Fungsi Otorisasi

Melaksanakan penerimaan dan belanja daerah pada tahun bersangkutan. Fungsi otorisasi memberikan wewenang pada pemerintah untuk melaksanakan anggaran, pendapatan, belanja, hingga pembiayaan berdasarkan APBD.

3. Fungsi Pengawasan

Dengan fungsi pengawasan, APBD menjadi acuan untuk menilai aktivitas penyelenggaraan pemerintah daerah berdasarkan ketentuan.

4. Fungsi Alokasi

APBD bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja atau mengurangi pengangguran, serta meningkatkan efisiensi perekonomian.

5. Fungsi Distribusi

APBD harus dipergunakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat di daerah tersebut. Penyusunan APBD haruslah mendukung aktivitas daerah yang bisa menjadi contoh kegiatan yang dapat memajukan kesejahteraan umum daerah.

6. Fungsi Stabilisasi

Fungsi stabilisasi adalah kegunaan APBD sebagai alat untuk menyeimbangkan fundamental perekonomian pada suatu daerah.

Baca juga: Pendapatan Nasional

Mekanisme Penyusunan APBN dan APBD

Sumber: integraindonesia

Mekanisme Penyusunan APBN

  • Pemerintah menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN)
  • Pemerintah mengajukan RAPBN ke DPR
  • DPR membahas RAPBN dalam masa sidang.
  • DPR menyetujui RAPBN menjadi APBN melalui Undang-Undang. Jika DPR tidak memberikan persetujuan, maka pemerintah akan menggunakan APBN sebelumnya.
  • Pelaksanaan APBN didukung oleh Keputusan Presiden tentang Pelaksanaan APBN.

Mekanisme Penyusunan APBD

  • Penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) oleh pemerintah daerah
  • Pengajuan RAPBD oleh pemerintah daerah kepada DPRD untuk dilakukan rapat sebelum persetujuan.
  • Pengesahan RAPBD menjadi APBD setelah DPRD menyetujui RAPBD.
  • Penetapan APBD dengan perda satu bulan setelah APBD disahkan paling lambat.
  • Perubahan APBD ditetapkan dengan Perda, paling lambat 3 bulan sebelum anggaran berakhir.
  • Setelah APBD ditetapkan melalui Perda, anggaran disampaikan kepada gubernur bagi pemerintah kota/kabupaten dan kepada presiden melalui Mendagri bagi pemerintah provinsi.

Baca juga: Mengenal Kebijakan Fiskal – Pengertian, Instrumen & Jenisnya

Demikianlah ulasan materi tentang APBN dan APBD. Keduanya memiliki fungsi utama yang sama, yaitu menjadi acuan pendanaan dan berperan penting untuk mengatur prioritas keuangan negara dan daerah. Meski begitu, sumber penerimaan APBN dan APBD berbeda. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: APBN dan APBD, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme Penyusunannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]