Artikel Terbaru

  1. Kelas 11 Fisika
Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
  1. Uncategorized
Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
  1. Uncategorized
Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]
  1. Uncategorized
Berbicara mengenai sejarah di dunia, menurut kalian sejarah apa yang terkenal dan menarik untuk dibahas? Yap, salah satu sejarah dunia yang terkenal dengan pengaruhnya yang begitu besar adalah abad pertengahan. Sejarah ini bergulir dengan waktu yang sangat lama lho guys. Selain itu, sepanjang sejarah ini berlangsung, banyak terjadi kisah-kisah kelam dan mistis yang menyelimuti Eropa […]
  1. Uncategorized
Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
  1. Uncategorized
Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]
  1. Uncategorized
Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? Aku harap kalian sehat-sehat saja. Eh tahu nggak sih, kalau beberapa penyakit pada manusia atau hewan disebabkan oleh parasit berbentuk cacing? Tak jarang ia menyebabkan penyakit yang berbahaya. Hah, yang bener? Yap, dia adalah sejenis cacing gilig atau biasa disebut filum Nemathelminthes.  Ternyata, jenis cacing ada beragam, lho guys. […]
  1. Uncategorized
Halo kawan literasi, apa kabar kalian semua? Saya harap kalian sehat-sehat saja ya. Pada artikel kali ini, kita akan membahas dimensi tiga. Sebelumnya, apakah kalian pernah belajar geometri sebelumnya? Nah, pada dimensi tiga ini, kita akan belajar lebih rinci yakni mengetahui elemen-elemen penyusunnya. Nggak usah panik ya guys, materinya nggak sesusah itu kok. Untuk memahami […]
  1. Uncategorized
Apakah kalian pernah berpikir bahwa seseorang jika terkena flu maka orang yang ada disekitarnya kemungkinan besar akan terjangkit juga? Nah jika kalian berpikir demikian,yap itu benar guys. Beberapa orang yang tidak memiliki ketahanan tubuh yang baik maka akan mudah tertular oleh virus dan bakteri. Proses penularan tersebut tidak lepas dari proses pembelahan sel.  Namun, jika […]
  1. Uncategorized
Halo kawan literasi, apa kabar? Aku harap kalian sehat-sehat selalu ya?Hmm, kita nggak sedang berkutat dengan rumus-rumus seperti biasanya ya. Tapi, topik kali ini cukup menarik yaitu membahas bagaimana emotional intelligence sangat berperan penting dalam kehidupan kita.  Oh iya, by the way kalian sudah pernah tes IQ sebelumnya kan? Pasti sudah pernah dong! Terus selesai […]
  1. Uncategorized
Sistem ekonomi pancasila memegang peranan penting dalam roda perekonomian negara Republik Indonesia. Tahukah kalian guys, jika pancasila itu sendiri yang dikenal sebagai dasar negara Indonesia itu menjadi dasar atau fundamental dalam menjalankan sistem perekonomian Indonesia? Hmm, menarik nih! Lalu, bagaimana ya implementasi, definisi, prinsip, ciri-ciri, kelebihan dan kekurangannya dari sistem ini? Yuk, simak penjelasannya di […]
  1. Uncategorized
Belajar kimia tentu saja identik dengan percobaan kimia baik itu percobaan kimia metode kuantitatif maupun kualitatif. Percobaan metode kuantitatif tentunya harus menggunakan larutan kimia untuk mendapatkan reaksi tertentu. Namun tahukah kalian jika larutan tersebut memiliki karakteristik yang berbeda lho antara satu dengan yang lain? Nah, ciri-cirinya tersebut akan dibahas di artikel sifat koligatif larutan berikut ini! […]
  1. Uncategorized
Berbicara mengenai makhluk hidup dan lingkungan adalah hal yang menyenangkan. Apa sih yang ada dibenak kalian ketika mendengar istilah keanekaragaman ekosistem? Apakah hanya sebatas komunitas makhluk hidup saja? Keanekaragaman ekosistem adalah salah satu keanekaragaman hayati yang memiliki cakupan lebih kompleks daripada tingkat gen dan spesies ya, kawan literasi. Nah, keberadaannya sangat penting untuk kelangsungan hidup hewan […]