1. Uncategorized

Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!

Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan berbagai macam suku, ras, agama dari Sabang sampai Merauke. Bangsa lain juga mengenal Indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tak hanya itu, berbagai flora dan fauna endemik telah menjadi ciri khas dari wilayah tertentu, telah melengkapi kekayaan alam bangsa kita. Dari besarnya sebuah bangsa, pernahkan kalian  berpikir tentang bagaimana teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia sehingga kita bisa lahir dan menjadi bagian dari warga negara Indonesia?

Sebenarnya, ada banyak teori yang terkemuka baik dari sejarawan baik dari dalam maupun luar negeri,lho. Kalian perlu mengetahuinya dengan baik supaya kalian menjadi lebih paham tentang usul kita sebagai warga Indonesia. 

Teori Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia 

Teori Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Seperti yang disebutkan di atas, teori asal usul nenek bangsa Indonesia terbagi menjadi beberapa macam. Pembahasan pertama adalah teori Yunan dan teori-teori lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya,  simak penjelasan teori berikut ini dengan seksama ya!

Teori Yunan

Teori pertama ini mengungkapkan tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yaitu berasal dari Tiongkok, tepatnya daerah Yunan. Hmm, menarik nih. Melansir gramedia.com, ia menyebutkan bahwa bangsa kita meninggalkan Yunan di sekitar hulu sungai Salween dan Sungai Mekong  karena kondisi geografis yang mendukung kegiatan sehari-hari pada masa itu. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Nenek moyang bangsa kita ternyata memiliki kebudayaan kelautan yang unggul, buktinya dengan penemuan perahu bercadik. Jadi, tidak heran bangsa kita itu sangat mahir dalam bidang perikanan dan kemaritiman, karena memang ia adalah bakat alami. 

Selanjutnya, ketika penduduk Austronesia menetap di kepulauan Nusantara dan akhirnya menjadi bagian dari bangsa Melayu Indonesia. Teori ini tidak dibantah sedikitpun oleh beberapa ahli seperti J.R Logon, R.H Geldern, J.H.C. Kern dan J.R. Fosfor. 

Hal yang mendasari kuat teori ini adalah adanya beberapa kesamaan bahasa yang digunakan oleh masyarakat di kepulauan Nusantara dengan bahasa yang ada di Kamboja yaitu Melayu Polinesia. Kejadian ini menandakan bahwa bangsa Kamboja juga berasal dari Yunan.  Fenomena perpindahan penduduk ini kemudian berlanjut sampai ke wilayah kepulauan di Nusantara. 

Selanjutnya, seorang ahli bernama Moh. Ali menyatakan jika teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yaitu berasal dari Yunan, karena adanya migrasi orang-orang di daerah Mongol ke arah selatan. 

Baca Juga: Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa

Teori Nusantara

Homo Soloensis
Homo Soloensis

Teori klasik selanjutnya adalah dari teori nusantara. Dalam hal ini, menyebutkan bahwa bangsa Indonesia berasal dari wilayahnya itu sendiri. Tentunya sangat bertentangan dengan teori Yunan. 

Dasar utama teori ini adalah aktivitas bangsa Melayu yang merupakan bangsa dengan perkembangan dan peradaban tertinggi, dan tentunya tidak ada rekam jejak migrasi atau perpindahan penduduk. Peradaban yang tinggi ini bisa ditinjau dari proses perkembangan budaya sebelumnya di setiap wilayah Nusantara. 

Teori Nusantara ini menjadi lebih kuat dengan adanya penemuan kesamaan antara bahasa Melayu dengan bahasa Kamboja. Kemudian, beberapa jejak Homo Soloensis dan Homo Wajakensis di Pulau Jawa yang menandakan bahwa keturunan bangsa Melayu berasal dari Jawa. 

Sehingga, kita bisa menarik kesimpulan, bahwa nenek moyang bangsa kita adalah murni berasal dari Nusantara yang dikuatkan oleh beberapa bukti seperti persamaan bahasa dan kehidupan Homo Soloensis dan Homo Wajakensis. 

Teori Out of Taiwan

Selanjutnya adalah teori Out of Taiwan.  Sesuai dengan namanya teori ini mengungkapkan bahwa asal usul nenek moyang Bangsa Indonesia adalah berasal dari kepulauan Formosa di wilayah Taiwan. Sejarawan yang mendukung teori ini adalah Harry Truman Simanjuntak.

Dasar utama dari teori ini adalah dengan tidak adanya pola genetika yang sama antara kromosom manusia bangsa Indonesia dengan manusia bangsa Tiongkok. Selain itu, ditemukannya bahasa Austronesia yang berkembang di Nusantara yang menjadi bukti selanjutnya tentang teori ini. 

Nah, dari sini kita bisa membuat kesimpulan, bahwa  segi bangsa kita mengadopsi bahasa Formosa dan dikembangkan kembali menjadi bahasa Indonesia.

Baca Juga: Kerajaan Kediri: Sejarah Kehidupan hingga Keruntuhannya

Teori Out Of Africa

Selanjutnya ada teori Out of Africa. Teori ini mengatakan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia adalah berasal dari wilayah Afrika. Hipotesis ini berdasarkan kajian ilmu genetika lewat penelitian DNA dari gen perempuan dan gen laki-laki. 

Asal usul nenek moyang bangsa Indonesia ini diceritakan bahwa zaman dahulu mereka melakukan migrasi dari Afrika ke Australia yang dimana dekat wilayah Nusantara. Selanjutnya, ia terpecah menjadi beberapa kelompok, yakni kelompok wilayah Timur Tengah atau Asia Barat Daya dan kelompok yang menyusuri Semenanjung Arab.

Melakukan migrasi  pada tahun 50.000-70.000 tahun yang lalu, di mana bumi masih memasuki akhir zaman glasial. Zaman glasial ini terjadi ketika permukaan air laut lebih rendah karena air masih berbentuk bongkahan gletser. Nah, pada masa ini bisa saja bagi nenek moyang tersebut menyeberangi lautan dengan perahu sederhana.

Nah, itulah pembahasan mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia yang perlu kalian ketahui. Ngomong-ngomong, dari teori yang di atas manakah teori yang paling relevan bagi kalian? Oke, kayaknya sampai sini pembahasan ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]