1. Uncategorized

Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya

Halo kawan literasi, pernahkan kalian melihat burung yang terbang bebas di angkasa? Mengapa mereka bisa terbang tinggi bersama kawanannya? Apa mereka tidak takut kekurangan oksigen? Kira-kira apa ya yang mereka terbang tanpa khawatir? Ternyata di angkasa ada namanya. atmosfer. Atmosfer tersebut merupakan lapisan bagian paling bawah dari lapisan lainnya, sehingga burung-burung tersebut masih bisa terbang dengan bebas. 

Nah, berbicara mengenai atmosfer ternyata mempunyai komposisi dan lapisan-lapisan yang mengandung tingkat oksigen yang berbeda-beda lho. Daripada penasaran, yuk simak penjelasannya di bawah ini! 

Pengertian Atmosfer

Memahami Pengertian Atmosfer
Memahami Pengertian Atmosfer

Apa itu atmosfer? Ia merupakan lapisan gas yang menyelimuti planet-planet, termasuk bumi. Selimut gas ini ada benda yang penting bagi kelangsungan hidup seluruh kehidupan namun tidak dapat kita lihat secara kasat mata. Tanpa adanya dia, maka kita tidak bisa bernafas dan melakukan aktivitas dengan lancar.  

Bahkan kita sendiri saja berada di lapisan paling dekat yakni troposfer. Melansir kompas.com, lapisan ini memiliki ketebalan ribuan kilometer yang berperan penting dalam melindungi bumi dari radiasi dan pecahan benda-benda angkasa seperti meteor. Ketebalannya bervariasi hingga mencapai 1000 km. Sementara itu, kandungan atmosfer terdiri dari beberapa gas antara lain 78% nitrogen, 21% nitrogen, 0,9% argon , 0,03% karbondioksida., dan 0,7% ozon. Selanjutnya, unsur lainnya bisa berupa kripton, xenon, neon dan kalium. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Efek Doppler: Sejarah, Pengertian, Rumus dan Penerapannya

Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi

Sesuai dengan pembahasan awal tadi, atmosfer mampu melindungi bumi karena terdapat lapisan-lapisan gas yang memuat berbagai jenis senyawa yang diperlukan bagi bumi. Nah, apa sajakah mereka?

Troposfer

Yang pertama ada lapisan troposfer. Lapisan terendah ini mempunyai jarak antara 0 km sampai 8 km. Namun, di iklim tropis atau khatulistiwa berkisar 0 hingga 18 km. Lapisan ini merupakan lapisan paling padat daripada lapisan lainnya. Semakin ke atas maka komposisi dari atmosfer tersebut renggang. 

Tak hanya itu, suhu juga mengalami penurunan dan semakin jauh dari bumi maka suhu semakin dingin. Pada permukaan inilah, berbagai cuaca terjadi, seperti awan, petir, hujan, badan, tornado, dan lain-lain. 

Stratosfer

Lapisan kedua terjauh dari permukaan bumi adalah stratosfer dengan ketinggian sekitar 10 km sampai 80 km. Dengan ketebalannya 70 km, lapisan ini sebagai tempat pembentukan lapisan ozon yang berfungsi melindungi bumi dari paparan sinar matahari. By the way, pada lapisan atmosfer ini, tidak mempunyai awan sehingga kondisinya lebih tenang atau minim gejolak sehingga pesawat memilih terbang di atas awan atau pada lapisan Stratosfer. 

Melansir wikipedia.com, fenoma alam yang sering terjadi di lapisan ini adalah pembentukan awan sirus. Lingkungan di sekitarnya bersuhu dingin sehingga memungkinkan awal terbentuk dari kristal-kristal es. 

Namun, tahukah kalian jika lapisan ini sudah banyak yang rusak akibat pemanasan global? Gas-gas yang merugikan seperti CFC (Chlor Fluoro Carbon), CO₂ (Carbon Dioxide), dan N₂O (Nitrogen Dioxide) yang berpotensi merusak dan membuat lapisan ozon semakin menipis. 

Aktivitas ini membuat efek rumah kaca dan membuat bumi semakin panas. Cahaya matahari yang masuk ke bumi tidak dapat dipantulkan atau terperangkap oleh gas-gas rumah kaca. Tak hanya itu, apabila lapisan ozon ini semakin berkurang, maka bumi tak lagi terproteksi dari sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kesehatan kulit, resiko terbesarnya adalah dapat menyebabkan kanker kulit. 

Mesosfer

Lapisan selanjutnya adalah mesosfer. Suhu pada lingkungan ini adalah sekitar -90°C. Mesosfer berfungsi dalam melindungi permukaan bumi dari jatuhnya benda-benda langit seperti meteor. Nah secara umum, sebelum benda ini jatuh ke permukaan bumi, meteor akan habis terbakar di lapisan ini. Suhu atmosfer akan menjadi lebih dingin dengan pertambahan lapisan keempat atmosfer. 

Kebanyakan, meteor akan terbakar pada lapisan ini, yaitu dengan jarak kira-kira 40 km di atas permukaan bumi. Selanjutnya, pada jarak 81 km di atas permukaan bumi, suhu  bisa mencapai -81°C. serta memungkinkan tercipta  awan noctilucent yang terbentuk dari kristal es. 

Termosfer

Selanjutnya ada termosfer. Lapisan ini berada pada ketinggian 120 km sampai 500 km. Pada selimut gas ini terjadi proses ionisasi dan penguraian gas menjadi atom. Hal ini terjadi karena terjadi radiasi ultraviolet dan berkurangnya daya tampung gas. 

Serta lapisan perantara yang berada di tengah-tengah termosfer dan eksosfer (lapisan berikutnya) berfungsi sebagai pemantul gelombang radio. Meskipun udara di lapisan ini bertemperatur tinggi, namun jarak antar molekul udara cukup renggang, sehingga tidak ada kalor yang cukup untuk dihantarkan ke benda-benda yang berada di dalam lapisan atmosfer ini. 

Ionosfer

Adapun lapisan ionosfer. Lapisan unik karena posisinya bertumpuk dari lapisan ketiga mesosfer, termosfer dan eksosfer. Ionosfer ini dinamis, bergerak dan bergejolak. Setiap hari, berubah karena adanya pengaruh energi yang diserap oleh matahari. Sesuai dengan namanya, ia berasal dari ion dan mengandung listrik. Ion-ion tersebut terbentuk dari gas-gas yang terpapar oleh radiasi matahari.  

Eksosfer

Menurut beberapa referensi, lapisan terluar angkasa adalah eksosfer. Lapisan ini berada pada ketinggian 500 km hingga 1000 km diatas permukaan bumi. Wah, jauh banget ya guys! Udara sangat langka dan yang jelas kandungan oksigen sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali. 

Selain itu, kondisi atom dan molekul mudah lepas ke luar angkasa sehingga apapun yang masuk ke dalam lapisan ini maka tidak menutup kemungkinan akan terbawa ke luar angkasa dengan mudah. Adapun refleksi cahaya matahari ini dipantulkan oleh partikel debu meteoritik. 

Baca Juga: Senyawa Hidrokarbon: Definisi, Jenis, Reaksi & Dampaknya

Manfaat & Fungsi Atmosfer

Membantu Memperkirakan Cuaca
Membantu Memperkirakan Cuaca

Pada poin ini, kita akan mengenal manfaat dan fungsi dari atmosfer. Nah, apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini ya!

  1. Pedoman dalam membuat ramalan cuaca jangka pendek dan panjang
  2. Dasar untuk menyelidiki syarat-syarat hidup atau tidak adanya kemungkinan hidup.
  3. Pedoman dalam membuat hujan buatan pada suatu wilayah tertentu.
  4. Acuan dalam mengetahui dan memahami sebab-sebab gangguan yang terjadi pada gelombang radio atau televisi. 

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan menarik mengenai atmosfer. Bagaimana kalian cukup memahami lingkungan dan fenomena alam yang ada di sekitar kita, kan? Bahkan udara yang kita hirup adalah udara yang terbentuk dalam lingkup troposfer, lho. Tentunya pada lapisan tersebut masih banyak kandungan oksigen dari pada lapisan selanjutnya yang lebih tinggi. 

Semakin besar,semakin merasa tidak tahu apa-apa, bukan? So, jangan pernah berhenti belajar! Yuk, simak pembahasan lainnya hanya di Studio Literasi. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat ya!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Atmosfer: Pengertian, Lapisan & Manfaatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]