1. Uncategorized

Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa

Beratus-ratus tahun yang lalu, Bangsa Eropa telah mengalami penderitaan yang sangat berat yaitu dengan ditandai dengan kemunduran pada zaman abad pertengahan. Namun setelah itu, masuklah zaman di mana menjadi cikal bakal bersinarnya Eropa sampai sekarang. Kejayaan tersebut dikenal dengan zaman Aufklarung yang dimana banyak terjadi perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek kehidupan bermasyarakat. 

Hmm, kira-kira nih ya di zaman Aufklarung apa saja yang mengalami perubahan pesat? Yuk, simak penjelasan kami di bawah ini ya!

Pengertian Aufklarung

Setelah melewati masa-masa suram, akhirnya Bangsa Eropa menunjukkan taringnya dalam memajukan bangsa. Wah, mantap nggak tuh? Peradaban sedikit demi sedikit mengalami kemajuan yang berarti. Kemajuan tersebut terjadi pada zaman Aufklarung. Melansir ruangguru, Aufklarung artinya adalah pencerahan. Sementara itu dalam Bahasa Inggris, ia dikenal dengan istilah enlightenment. 

Peradaban ini kira-kira terjadi pada tahun 1695-1815, yakni kurang lebih selama 120 tahun.  Dalam jangka waktu yang cukup lama ini, manusia-manusia sudah mulai berpikir dan berinovasi untuk menciptakan banyak rekam jejak positif seperti kemajuan ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan, dan pemikiran-pemikiran filosofis. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Dengan slogan “Sapere Aude!” yang bermakna “Beranilah Berpikir Sendiri”, seorang filsuf bernama Immanuel Kant mengajak orang-orang pada saat itu untuk semakin berani membuat perubahan lho kawan literasi. Bisa dibilang, sebelum zaman ini masyarakat telah banyak mengalami kemunduran dalam berbagai aspek. Oleh sebab itu, slogan ini terus menerus digaungkan supaya kemajuan di bidang ekonomi, humaniora, seni, sastra semakin terlihat. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Abad Pertengahan di Eropa

Latar Belakang Terjadinya Aufklarung

Banyak hal terjadi pada masa Aufklarung ini. Tak sedikit, orang-orang merasakan pengaruh yang luar biasa dari transformasi dari abad pertengahan menuju abad pencerahan.Tatanan kehidupan yang semula tidak teratur dan mudah sekali goyah, akhirnya kembali lagi menjadi kokoh. 

Nah, jika berbicara tentang zaman Aufklarung. Tentunya ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi peradaban cerah ini. Peremajaan dan pendewasaan pikiran telah terjadi secara berlanjut sehingga mereka mampu untuk berpikir secara kritis terhadap kehidupan bernegara. Dengan kata lain, perubahan pola pikir inilah yang menyebabkan Bangsa Eropa menjadi lebih maju dari abad-abad sebelumnya. 

Tokoh-Tokoh Penting di Zaman Aufklarung

Perubadak tidak muncul begitu saja. Perlu adanya usaha dan juga momentum yang luar biasa sehingga menciptakan peradaban yang visioner. Salah satunya adalah tidak lepas dari pengaruh pujangga atau tokoh-tokoh besar yang ikut andil dalam memajukan suatu bangsa. Berikut adalah beberapa tokoh revolusioner yang perlu kalian ketahui. 

Pelopor dari Inggris

Pertama, ada tokoh-tokoh penting yang berhasil mengusung zaman Aufklarung. Mereka adalah Sir Isaac Newton, Francis Bacon, dan John Locke. 

Sir Isaac Newton

Sir Isaac Newton, Salah Satu Tokoh Penting Zaman Aufklarung
Sir Isaac Newton

Pelopor pertama adalah seorang tokoh fisikawan yang terkenal bernama Sir Isaac Newton. Ternyata, tak hanya handal di bidang ilmu pengetahuan saja ya, kawan literasi. Ternyata beliau memiliki rekam jejak sebagai dalam pembangunan suatu bangsa. 

Sir Isaac Newton dengan rekam jejak ilmu pengetahuan yang ulung, beliau mengajak masyarakat untuk berpikir terbuka. Tentu saja pada zaman Aufklarung, banyak munculnya penelitian dan metodologi ilmiah dalam mencari solusi dari permasalahan. Tentunya ini berbeda dari zaman sebelumnya yang masih kental dengan ajaran tradisi dan kepercayaan.

Francis Bacon

Francis Bacoon
Francis Bacoon

Selanjutnya ada Francis Bacon. Ia merupakan tokoh revolusioner Inggris yang tersohor. Salah satu gagasan yang terkenal adalah “Knowledge is Power”. artinya adalah ilmu pengetahuan adalah landasan untuk memajukan kehidupan bangsa dan negara. 

Menurut beliau, manusia-manusia di zaman tersebut dan generasi selanjutnya yang  mampu memecahkan masalah-masalah kehidupannya dengan mandiri. Tidak terus berdiam diri dan menunggu perubahan. Sebaliknya, perubahan akan terjadi ketika manusia bisa bergerak dinamis dan berpikir ke depan. 

John Locke

John Locke
John Locke

Selanjutnya adalah John Locke, dikenal sebagai “Bapak Liberalisme” yang menghasilkan pemikiran dan gagasan lewat karya “The Treatise on Government” pada tahun 1689.  Di dalam karya tersebut, beliau menjelaskan bahwa setiap manusia hidup telah terikat oleh hukum kodrat dan hak-hak dasar yang tidak boleh dihilangkan oleh orang lain.  

Beliau juga menerangkan bahwa pemerintahan seharusnya menjaga hak-hak rakyatnya dan melindungi setiap hak dan kewajiban sehingga tercipta kehidupan dan tatanan masyarakat yang baik.  

Pelopor dari Perancis

Pada eropa barat, munculah juga beberapa pujangga yang menyuarakan Aufklarung. Nah, siapa sajakah mereka? Simak penjelasannya di bawah ini!

Voltaire

Voltaire
Voltaire

Tak berhenti dari itu saja, seorang tokoh bernama Voltaire yang merupakan seorang penulis dan filsuf mengemukakan gagasannya yang tajam terhadap kebebasan dan hak-hak asasi manusia. Digadang-gadang sebagai pendukung keras terhadap reformasi sosial, dia menggaungkan pemikirannya yang brilian terhadap hak kebebasan memilih, seperti agama, berwarganegara, mengemukakan pendapat, dan sebagainya Reformasi sosial dilakukan pada saat itu karena untuk memperbaiki kehidupan rakyat Perancis dan meniadakan tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh bangsawan terhadap rakyat biasa. 

Jean-Jacques Rousseau

Jean Jacques Rousseau
Jean Jacques Rousseau

Adapun Jean-Jacques Rousseau, seorang filsuf Perancis yang menyatakan gagasan kedaulatan rakyat.  Pemikiran tersebut mempengaruhi tata politik dan pemerintahan pada waktu itu. Apabila negara dapat menjunjung tinggi kedaulatan rakyat maka tidak ada lagi peraturan yang sewenang-wenang yang menyengsarakan kebebasan rakyat. Beliau juga dikenal sebagai pendukung asas demokrasi yang tersohor saat itu. 

Lantas, Apakah Pengaruhnya Terhadap Dunia?

Pengaruh Aufklarung tidak hanya dirasakan oleh masyarakat Eropa saja, namun juga menyebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa pengaruh yang dominan adalah perkembangan teknologi dan pemikiran abad modern. 

Secara umum. pengaruhnya terhadap dunia terbagi menjadi dua yaitu dalam bidang pemikiran dan teknologi (ilmu pengetahuan). Dalam bidang pemikiran, zaman Aufklarung telah menghasilkan paham-paham seperti liberalisme dan nasionalisme. Seraya dengan bertumbuhnya ajaran atau ideologi ini, maka penggunaan akal dan logika manusia berada di depan.

Sementara itu, jika ditinjau dari segi pengetahuan, Aufklarung berhasil membuahkan penemuan dan inovasi baru sepert alat dan mesin-mesin sederhana untuk menunjang kehidupan manusia. 

Baca JugaKelompok Sosial: Syarat, Faktor Pembentuk & Jenisnya

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai Aufklarung. Seperti ungkapan “habis gelap terbitlah terang”. Siapapun atau apapun yang mengalami kemunduran, maka suatu saat akan mengalami masa kejayaan. Nah, kira-kira bagaimana nih pendapat kawan literasi tentang masa pencerahan ini? 

Apakah kalian siap untuk mengubah bangsa kita juga menjadi lebih maju dari sebelumnya? Kalau iya, teruslah belajar dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya ya? Karena masa depan kita dan bangsa ini tergantung pada generasi-generasi seperti kita. Cukup sampai di sini dulu ya dan semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Aufklarung: Pengertian, Tokoh & Pengaruhnya pada Bangsa Eropa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]