1. Kelas 12 Ekonomi

Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya

Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut. 

Kawan literasi, asal kalian tahu lho, badan usaha itu berbeda dengan perusahaan. Dengan kata lain, ia merupakan suatu lembaga. Sementara itu, perusahaan merupakan tempat di mana ia dapat meraih keuntungan dari berbagai produksi. Oke supaya lebih jelas, yuk kita bahas satu persatu di bawah ini!

Pengertian Badan Usaha

Pengertian Badan Usaha
Pengertian Badan Usaha

Badan usaha adalah sebuah entitas hukum serta ekonomi yang menggunakan tenaga kerja dan banyak modal untuk mencari keuntungan. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendirikan badan tersebut yakni produk dan jasa. Kedua hal tersebut nantinya akan diperdagangkan, dijual dengan tepat melalui strategi pemasaran, penetapan harga yang memadai, alokasi dan kebutuhan tenaga kerja dan sebagainya. 

Melansir OCBC, ia merupakan kesatuan yuridis, teknis dan ekonomi yang melakukan kegiatan usaha tertentu untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

Jenis-Jenis Badan Usaha

Sesuai dengan penjelasan di atas, tentulah badan usaha akan memenuhi segala kebutuhan atau sektor yang diperlukan oleh masyarakat. Nah, apa sajakah itu?

Berdasarkan Kegiatannya

Apabila kita lihat dari kegiatannya, ternyata badan usaha mempunyai kegiatan usaha yang beraneka ragam lho. Keragaman ini adalah salah satu cara guna mempertahankan , meningkatkan ekonomi serta menjaga kestabilan suatu negara. Sementara itu, adapun lima jenis badan usaha yang perlu kalian ketahui antara lain:

Agraris – Berhubungan dengan sektor pertanian. Biasanya lebih mengutamakan bahan pangan pokok masyarakat yang ada di suatu negara. Contohnya adalah beras dan sagu. 

Perdagangan – Kegiatan ini melibatkan pembelian dan penjualan kembali suatu produk . Kegiatan ini bisa berupa perdagangan bisnis ritel seperti supermarket atau toko swalayan,warung, toko kecil, dan lain-lain.

Ekstraktif – Kegiatan usaha ini berupa pengambilan hasil dari sumber daya alam. Produk dari kegiatan ekstraktif adalah beragam. Contoh yang paling umum adalah hasil produk hutan, hasil laut ataupun penambangan. 

Industri – Jenis kegiatan ini tentu tak asing di telinga kalian. Proses atau pengolahan ini melibatkan beberapa proses produksi bahan baku menjadi produk jadi atau setengah jadi. Contohnya seperti pakaian, sepatu, tas, garmen, dan sebagainya. 

Jasa – Kegiatan ini mencakup memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Contohnya adalah jasa logistik, perbankan, jasa transportasi, dan jasa angkut barang. 

Berdasarkan Wilayah Kepemilikan Modal

Pertamina, Salah Satu BUMN
Pertamina, Salah Satu BUMN Terkemuka

Badan usaha, tentunya harus mempunyai kepemilikan modal yang jelas dan bisa dipertanggungjawabkan otoritasnya. Berikut adalah pembagiannya berdasarkan kepemilikan modal, antara lain: 

BUMN – pemilik modal usaha adalah pemerintah atau negara. 

BUMD – kepemilikan berada ditangan pemerintah daerah. 

BUMS – usaha yang dimana modalnya dimiliki oleh swasta. Swasta di sini artiya bisa pihak asing atau swasta nasional.

Badan Usaha Campuran – merupakan kepemilikan modal berada di dua pihak yaitu swasta dan pemerintah. 

Berdasarkan Wilayah Negara

Apabila ini ditinjau dari penanaman modal berdasarkan wilayah negara, maka terbagi menjadi dua antara lain:

PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) – dimana kepemilikan modal berada di tangan warga negara sendiri. 

PMA (Penanaman Modal Asing) – penanaman modal dilakukan oleh pihak asing dan perusahaan tersebut beroperasi di dalam negeri.  

Lantas, Apa Saja Bentuk-Bentuk Badan Usaha?

Setelah memahami poin-poin di atas, mengingat badan usaha di negeri kita tidaklah sedikit. Maka perlu dari kita memahami apa saja bentuk-bentuk badan usaha yang ada di Indonesia.

Koperasi

Koperasi
Koperasi

Pertama ada koperasi. Koperasi merupakan salah satu jenis badan usaha yang didasari oleh asas kekeluargaan. Beberapa sumber mengatakan, bahwa koperasi adalah sebuah wadah untuk saling bahu-membahu dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Mengingat tujuan koperasi didirikan untuk mensejahterakan para anggotanya.

Selanjutnya, kegiatan yang mengatur koperasi adalah menggunakan prinsip gerakan ekonomi rakyat. Dimana  dalam menjalankan kegiatan usaha ini, koperasi benar-benar berfokus pada tujuan. Selanjutnya, ia baru bisa berjalan dari pengumpulan dana anggota sebagai modal dalam menjalankan sebuah usaha. 

BUMN

Selanjutnya adalah Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Wah, tentu istilah ini tidak asing di telinga kalian ya guys? Jika kita menelisik lebih dalam, ada banyak jenis bentuk usaha BUMN. Secara umum ia terbagi menjadi tiga, antara lain:

Perusahaan Jawatan (Perjan)

Perusahaan jawatan merupakan bentuk BUMN yang kepemilikan modalnya berasal dari pemerintah. Tujuan didirikannya perusahaan jawatan adalah memberikan pelayanan kepada publik atau masyarakat. Contoh perusahaan ini adalah PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) yang berubah menjadi PT KAI (Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia). 

Perusahaan Umum (Perum)

Perum atau Perusahaan Umum merupakan perusahan negara yang seluruh modalnya berasal dari negara. Perusahaan ini merupakan bagian dari BUMN. Tentunya perum ini mempunyai tujuan yaitu melayani masyarakat dan juga mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Selain itu, seluruh kepemilikan  modal Perum merupakan kekayaan negara dan tidak terbagi atas saham. 

Perusahaan Perseroan (PP)

Badan usaha selanjutnya adalah Perusahaan Perseroan atau PP. Perusahaan ini merupakan BUMN yang modalnya terbagi menjadi beberapa saham dengan ketentuan paling sedikit 51%. Nah, lantas apa perbedaannya dengan yang lainnya? Perusahaan Perseroan memiliki tujuan yaitu mengejar keuntungan sebanyak-banyaknya, lain halnya dengan Perjan (Perusahaan Jawatan). Contohnya seperti Pertamina, BULOG, Taspen, Telkom Indonesia, PLN, dan lain-lain. 

BUMS

Badan Usaha Milik Swasta atau BUMS merupakan sebuah badan usaha yang dimiliki oleh swasta baik itu kelompok atau perorangan. Di samping itu, ia merupakan perusahaan penyedia lapangan kerja dan berorientasi pada profit. Namun tetap saja, ia harus mengikuti peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Selanjutnya pembagian laba BUMS itu berdasarkan persentase porsi kepemilikan saham perusahaan. Tak hanya itu, perusahaan swasta itu bisa melakukan penawaran saham di bursa dan menerbitkan obligasi apabila tidak ingin komposisi pemegang saham berubah. 

CV (Commanditaire Vennootschap)

Istilah CV mungkin tidak terdengar asing di telinga kalian, bukan? Nah, CV atau Commanditaire Vennootschap merupakan salah satu bentuk BUMS.   Jenis usaha ini mempunyai ciri khas yaitu bisa mengeluarkan saham yang bisa diambil baik oleh sekutu pasif maupun aktif. Namun, yang pasti saham tersebut tidak bisa diperjualbelikan karena tidak mudah untuk menarik kembali modal yang telah disetorkan. 

Fa (Firma)

Kata firma berasal dari Bahasa Belanda  yaitu Vennootschap Onder Firma atau VOF. Bisa diartikan bahwa ini merupakan perserikatan dagang antara beberapa perusahaan. Firma sendiri merupakan bentuk persekutuan antara dua perusahaan atau lebih dengan memakai nama bersama. 

Namun, dalam pembagian kepemilikan, kepemilikan sebuah firma ini akan berada di tangan beberapa orang atau perusahaan dengan ketentuan yang masing-masing anggota persekutuan menyerahkan kekayaan pribadi dalam sebuah akta pendirian perusahaan. 

PO (Perusahaan Perseorangan)

Bentuk badan hukum PO atau Perusahaan Perseorangan didirikan oleh satu orang tanpa besaran modal minimal dan memenuhi kriteria Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kelebihannya adalah mendapatkan kepastian status badan hukum, mempunyai NPWP sendiri dan pendiriannya sangat mudah. Lalu, sertifikat perusahaan ini bisa digunakan sebagai kelengkapan legalitas pengajuan pinjaman modal ke bank dan investor. 

PT (Perseroan Terbatas) 

Selanjutnya ada Perseroan Terbatas (PT). Ia disebut juga dengan Naamloze Vennootschaap (NV). Perseroan terbatas merupakan bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha yang bersumber dari modal bersaham. Nah, modal yang terdiri saham-saham inilah dapat diperjualbelikan. 

Baca Juga: Ekonomi Syariah

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai badan usaha. Kira-kira dari penjelasan di atas manakah yang familiar menurut kalian? Kalau kalian sudah besar nanti apakah berniat memiliki badan usaha? Aku harap demikian, karena menjadi pengusaha akan membantu perekonomian Indonesia dan memperkecil angka pengangguran di Indonesia. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Badan Usaha: Pengertian, Jenis-Jenis & Bentuknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]