1. Uncategorized

Simak Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Secara Efektif!

Salah satu permasalahan akademis yang sedang dialami anak-anak sekolah adalah belajar bahasa Inggris. Nggak perlu heran kawan literasi, bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang selalu ada sejak  Sekolah Dasar. Namun, tak sedikit di antara kalian yang susah untuk memahaminya. Jadi, kami akan membahas bagaimana sih belajar bahasa Inggris untuk pemula supaya bisa ngomong cas cis cus kayak orang bule.

Oke, langsung saja saja  tips-tips menarik di bawah ini, ya!

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar Bahasa Inggris Secara Efektif
Belajar Bahasa Inggris Secara Efektif

Di zaman sekarang, kemampuan linguistik atau berbahasa asing merupakan salah satu kemampuan yang harus kalian asah sejak dini. Hal ini terbukti karena memang pengetahuan yang ada diluar sana beragam dan dinamis. Namun, kendalanya adalah ketika tidak akan bisa mempelajarinya dengan baik jika kita tidak bisa mengerti bahasanya. 

Oleh sebab itu, belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah sebuah kunci untuk kalian selaku anak-anak sekolah yang ingin mendapatkan peluang masa depan yang lebih baik. Tenang saja, untuk kalian yang masih berjuang, ini ada beberapa tips efektif untuk kalian!

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Perbaiki Mindset

Belajar apapun itu harus berangkat dari niat dalam diri sendiri. Sebelum kita melakukan sesuatu, kita harus menanamkan rasa tekad yang kuat dan rasa optimisme yang tinggi. Mengapa demikian? karena  suatu saat nanti kita menemukan kegagalan di tengah jalan, kita tidak mudah goyah. Tanpa adanya motivasi yang kuat, kita nggak akan mampu meraih apapun ya guys, termasuk lancar berbahasa Inggris.

Baca Juga : 8 Cara Belajar Efektif: Yuk, Mulai Kebiasaan Kerja Cerdas

Belajar dari Lirik Lagu

Mendengarkan Musik
Mendengarkan Musik Bisa Tingkatkan Bahasa Inggris

Nah, belajar bahasa Inggris untuk pemula selanjutnya adalah belajar dari lirik lagu. Hmm, siapa nih yang suka nyanyi lagu barat? By the way, penulis nya juga seneng, lho. Lirik lagu ternyata bisa meningkatkan keterampilan listening dan melatih konsentrasi dalam memahami percakapan bahasa Inggris. Kelebihan menggunakan cara ini yaitu tidak mengeluarkan biaya mahal dan bisa kalian lakukan di mana aja. 

Cobalah untuk mendengarkan lagu favoritmu, dan setelah itu cari tahu makna lagu yang kalian dengarkan. Pasti, rasanya menyenangkan deh apalagi jika maknanya relate sama apa yang kamu rasain. Ups, jangan nostalgia ya!

Belajar dari Film-Film Favorit

Kalian tentu tidak jarang mendengar, jika salah satu cara belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah dengan melihat film-film berbahasa Inggris. Trust me guys, it works! Menonton film bisa membantu kita memahami apa yang orang lain katakan, dan bagaimana cara merespon dengan baik. 

Terkadang, kita bisa menemukan ungkapan-ungkapan yang terkesan advanced yang buat kita semakin lebih fasih dalam berbicara. Teks penerjemah akan membantumu memahami apa yang mereka bicarakan, dengannya kalian jadi tahu banyak kosakata asing. Yuk, buruan nonton film favoritmu sekarang juga!

Seringlah Membaca Buku Berbahasa Inggris

Rutin Baca Buku Berbahasa Inggris
Rutin Baca Buku Berbahasa Inggris

“Buku adalah jendela dunia” Hayo, siapa sih yang nggak tahu ungkapan ini? Yap, buku adalah jendela dunia, dengannya kita bisa mengenal dunia lebih luas lagi. Tahukah kalian, jika masa depan kita sebagian besar ditentukan dengan apa yang kita lihat. 

Nah, dengan melihat buku dan menyimaknya dengan baik mampu membuka pikiran kita menjadi lebih terbuka, dan tidak tertutup seperti katak dalam tempurung. Belajar bahasa Inggris untuk pemula cukup menyenangkan jika kita menikmati setiap alur cerita yang ada di buku tersebut. So, pastikan buku tersebut adalah buku yang asyik untuk dibaca.

Bermain Game dengan Bahasa Inggris

Lagi-lagi, masih berhubungan dengan kegemaran. Nah, ini pasti cowok-cowok pasti suka tuh sama main game. Mulai dari game actions, petualangan, hingga misteri pasti sudah pernah kalian coba. Dewasa ini, banyak game yang dibuat mempunyai bahasa pengantar bahasa Inggris. Nah, kalau kalian ingin memahami jalan permainan, otomatis kalian harus paham dong apa yang arti dari perintah yang ada di game. 

Aku rasa, ini cara cukup efektif buat belajar bahasa Inggris untuk pemula karena memang sangat mengasyikkan. Tapi perlu diingat, jangan main game sampe lupa waktu, ya!

Coba Juga Mendengarkan Podcast

Mendengarkan Podcast Efektif Tingkatkan Bahasa Inggris
Mendengarkan Podcast Efektif Tingkatkan Bahasa Inggris

Kalian coba perhatikan saluran-saluran yang ada di Youtube atau aplikasi smartphone. Banyak juga orang-orang yang membuat podcast yang menarik dan berbobot. Contohnya seperti TED Talks Daily, 6 Minutes English, dan Speak Better English. Meskipun begitu, podcast termasuk cara asyik belajar bahasa Inggris untuk Pemula, lho.

Apalagi dengan podcast-podcast di atas menggunakan bahasa Inggris, jadi mau tidak mau kalian harus bisa memahami inti dari percakapan mereka. Topik-topiknya juga sangat relate sama kehidupan millenial sehari-hari. Nggak ada salahnya untuk perbanyak kosakata kalian dengan rutin mendengarkan obrolan dari bright spark people!

Jangan Malu untuk Berdialog Bersama Teman

Nah, siapa di sini sudah lancar menulis dan membaca namun skill speaking masih kurang? Hmm, terlalu fokus pada kemampuan inggris pasif tanpa diimbangi oleh berbahasa secara aktif bikin potensi nggak maksimal, lho. Belajar bahasa Inggris untuk pemula secara komunikatif tak hanya sebatas kalian mengerti artinya saja,namun kalian harus mampu meresponnya dengan baik.

Memang, beberapa orang mempunyai kendala dalam berbicara bahasa Inggris karena memang bahasa Ibu kita adalah bahasa Indonesia. Dari kecil, kita sudah dilatih untuk berbicara bahasa Indonesia. Meskipun begitu, keadaan tersebut jangan jadikan sebuah alasan buat nggak improve kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Pelan-pelan tapi pasti, ya!

Bergabung Komunitas atau Kursus 

Bergabung Komunitas Bahasa Inggris
Bergabung Komunitas Bahasa Inggris

Jika kalian cepat bosan dalam belajar, nggak ada salahnya pergi dan gabung komunitas bahasa Inggris yang seru. Apalagi untuk kalian para ekstrovert yang lebih suka menghabiskan waktu bersama orang-orang. Belajar bahasa Inggris untuk pemula dengan cara ini cukup bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Disisi lain, ia juga menaikan mood kalian biar tetap ceria sepanjang hari. 

Namun, jika kalian ingin mendapatkan pelajaran yang lebih intensif, tak ada salahnya bergabung kursus baik online atau offline. Dengan pengajar profesional, kalian akan lebih banyak menyerap ilmu dan lebih cepat menguasainya. Jadi, jangan buang kesempatan kalian untuk bertanya apa saja  kepada mentor kalian!

Baca Juga : Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemendikbud dan Provider

Minta Feedback dari Expert

Terkadang kita sudah berusaha sekuat tenaga, namun hasilnya cuma itu-itu saja. Bisa saja, metode yang kalian gunakan kurang tepat sehingga kalian memerlukan orang lain yang lebih berpengalaman untuk menilai atau mengevaluasi kemampuan kalian.

Well, it doesn’t matter. Selama kalian belajar tentu akan ada banyak kesalahan yang mungkin kalian lakukan. Jika kalian mempunyai pemikiran terbuka, feedback yang beliau berikan pasti bakal bisa mendorong semangat belajarmu lagi. 

Download Aplikasi Belajar Bahasa Inggris

Cara terakhir ini cukup bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Belajar bahasa Inggris untuk pemula dengan cara mengunduh aplikasi dan belajar dari tools tersebut adalah cara efektif buat kalian yang ingin belajar bahasa Inggris secara fleksibel.Dengan mengunduh aplikasi belajar interaktif  mampu meningkatkan kemampuan kalian dalam menguasai bahasa Inggris. 

Nah, cukup sekian tips-tips menarik tentang belajar bahasa Inggris untuk pemula. Tunggu apa lagi nih kawan literasi. Cobalah tips-tips di atas sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan kalian ya. Belajar bahasa Inggris itu lebih menyenangkan dari yang kalian pikirkan, lho. Semangat ya!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, sampai jumpa!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Simak Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Secara Efektif!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]