1. Uncategorized

Benzena:Definisi, Struktur, Tata Nama Beserta Dampaknya

Pernahkah kalian mengamati cairan pembersih lantai, jendela maupun kamar mandi sebagian besarnya mengeluarkan aroma? bau harum tersebut berasal dari benzena, lho.. Hayo masih ingat kan pelajaran hidrokarbon? Yap, ia termasuk ke dalam senyawa aromatik. Ia mempunyai ciri khas berbau manis serta harum daripada senyawa organik lainnya. 

Jika kalian melihat ingredient yang tertera pada kemasannya, kalian pasti menemukan golongan fenol.Ia merupakan turunan benzena yang berfungsi sebagai pewangi serta juga antiseptik. Di sisi lain, kalian sedang sakit kepada pasti akan minum obat untuk meredakan rasa nyeri, bukan? Obat yang kalian minum itu mengandung benzena yaitu aspirin. 

Wow, ternyata senyawa aromatik ini mempunyai banyak manfaat ya! Lebih jelasnya, yuk simak penjelasan artikel ini sampai habis.

Apa itu Benzena?

Definisi Benzena
Definisi Benzena

Benzena merupakan senyawa organik dengan rumus kimia C6H6. Ia tersusun atas enam atom karbon dimana berikatan dalam sebuah cincin. Terstruktur oleh  satu atom hidrogen (H) yang masing-masing mengikat satu atom karbon (C) . 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Secara alami, ia terdapat pada lingkungan udara yakni berasal dari emisi gunung berapi, kebakaran hutan, minyak bumi, asap rokok dll.  Senyawa organik ini mudah sekali berbaur bersama udara serta masuk ke dalam saluran pernafasan. Jika manusia sering terpapar atau terkontaminasi zat-zat berbahaya seperti ini  akan mengalami gangguan atau resiko kesehatan. 

Jadi, kita harus jaga diri ya kawan literasi. Apalagi jika hidup di lingkungan dekat perindustrian maka pastikan air dan udara dalam rumah tetap bersih ya!

Sifat Benzena

Berikut adalah sifat-sifatnya secara umum yang perlu kalian ketahui, antara lain:

  1. Senyawa organik dengan mempunyai rumus C₆H₆. Tersusun atas 6 atom karbon serta 6 atom hidrogen dalam ikatan rangkap.
  2. Rantai berbentuk siklik (tertutup).
  3. Sudut antar atom karbon 120°C.
  4. Larut dalam larutan organik serta mempunyai inti stabil.
  5. Bersifat non polar serta tidak larut dalam air.
  6. Berdasarkan pemerian, ia adalah cairan bening dengan aroma harum serta manis.
  7. Termasuk ke dalam golongan cairan mudah menguap maupun mudah terbakar.
  8. Titik didih pada suhu 80°C &  titik lebur berada di kisaran 5,5° C.
  9. Bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).
  10. Mudah mengalami reaksi kimia substitusi.

Struktur Benzena

Senyawa ini mudah dikenali, karena ia berupa rantai karbon tertutup atau siklik dimana jumlah rantai karbon adalah 6. Struktur ini mempunyai ikatan rangkap terkonjugasi. Sederhananya, ia mempunyai bentuk segi enam (hexagonal) dengan ikatan tunggal (–) maupun ikatan rangkap (=) berselang-seling. 

Tata Nama Senyawa Benzena

Senyawa organik berupa benzena mempunyai beberapa turunannya, antara lain:

Gugus FungsiNama Senyawa Turunan
-CH₃Toluena
-CH₂ = CH₂Stirena
-NH₂Anilina
-NO₂Nitro Benzena
-OHFenol
-COOHAsam benzoat
-COHBenzaldehida

Baca Juga: Senyawa Hidrokarbon: Definisi, Jenis, Reaksi & Dampaknya

Tata nama senyawa terbagi menjadi tiga jenis antara lain 1 substituen, 2 substituen atau lebih dari dua (banyak) alias polisubtituen.

1 Substituen

Penamaan 1 substituen dengan cara pemberian nama gugus terlebih dahulu selanjutnya diikuti nama “benzena”. Contoh dari turunan tersebut berada di tabel di atas yaitu Nitrobenzena.

2 Substituen

Tata nama dengan 2 substituen terdapat 3 tata nama yaitu orto (o), meta (m), serta para (p). Masing-masing mempunyai posisi substituen yang berbeda. 

  1. Substituen bersebelahan atau tidak terpisah dengan atom C (1,2) memiliki nama orto (o).
  2. Substituen berselang atau berjarak 1 atom C (1,3) alias meta (m).
  3. Substituen yang berseberangan yaitu menempati atom karbon 1 dan atom karbon 4 alias para (p).

3 Substituen/lebih (Polisubtituen)

Selanjutnya ada tata nama benzena dengan jumlah substituen lebih dari 2 (banyak). Penamaanya adalah menggunakan nomor, ditulis alfabet juga dipisahkan oleh tanda strip antara nomor dan huruf. Dengan ketentuan nomor paling kecil yakni pada gugus fungsional seperti alkohol, aldehid, atau karboksilat. 

Sesuai penjelasan sebelumnya, pemberian tata nama dimulai dari substituen kurang prioritas. Lalu dilanjutkan dengan nama substituen lebih prioritas. Tak lupa diberi nama benzena pada akhir penamaan.

Kegunaan Benzena dalam Sehari-Hari

Natrium Benzoat Sebagai Pengawet Makanan
Natrium Benzoat Sebagai Pengawet Makanan

Dampak positif penggunaannya terbukti nyata pada lingkup industri dan rumah tangga (domestik). Golongan halogen benzena  bisa menjadi salah satu bahan pembuatan cat tembok maupun insektisida, selanjutnya golongan fenol seperti hidroksi benzena, fenil alkohol menjadi bahan andalan utama dalam pembuatan zat antiseptik, desinfektan, dan pewarna.

Golongan toluena biasanya berfungsi sebagai bahan pembuatan asam benzoat, serta pelarut senyawa karbon. Lalu, pengawet familiar bernama asam benzoat biasa digunakan untuk mengawetkan makanan supaya lebih tahan lama.

Selanjutnya ada Trinitro Toluena (TNT) berguna pada lingkup pertahanan atau militer sebagai bahan peledak. Dalam lingkup medis, turunannya  banyak berguna sebagai zat analgesik atau obat penyakit kulit. Golongan paracetamol bisa untuk meredakan panas. Sedangkan dalam lingkup domestik, senyawa turunan seperti nitrobenzena dari golongan fenol digunakan untuk pembuatan sabun dan alat pembersih lainnya. 

Dampak Negatif Benzena

dampak negatif benzena
Polusi Air Adalah Dampak Negatif Benzena

Penggunaannya  secara berlebihan bisa menyebabkan karsinogenik. Jika ia ditemukan pada air atau udara yang tercemar maka akan menyebabkan gangguan pernafasan. Selain itu, air minum yang terkontaminasi zat ini akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Contohnya adalah adanya depresi pada sumsum tulang belakang (bone marrow) sehingga menghambat produksi sel-sel eritrosit atau sel darah merah. Selain itu, ia bisa mereduksi pertumbuhan sel-sel darah putih (leukosit) dan juga menyebabkan penyakit thrombocytopenia. 

Baca Juga:Mengenal Bilangan Kuantum: Sejarah, Definisi, dan Jenisnya

Kesimpulan

Benzena adalah senyawa yang mempunyai sifat, struktur yang istimewa daripada lainnya. Selanjutnya penamaan terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan jumlah dan letak substituennya. Senyawa aromatis ini juga mempunyai dampak negatif dan positif sehingga penggunaannya harus sesuai dengan prosedur yang telah tersrandardkan. Dampak negatif bisa teratasi dengan cara memperhatikan kesehatan lingkungan atau AMDAL bagi perusahaan atau industri sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Benzena:Definisi, Struktur, Tata Nama Beserta Dampaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]