1. Uncategorized

Cara Meningkatkan Berpikir Kritis Secara Efektif Beserta Manfaatnya

Salah satu kemampuan yang bisa meningkatkan performa belajar atau pekerjaan adalah berpikir kritis. Kemampuan ini tidak hanya berfokus pada ketepatan kalian dalam melakukan sesuatu, namun bagaimana kalian mampu memahaminya secara holistik dengan berbagai sudut pandang. Soft skill ini harus kalian asah sejak dini, lho. Dengan berpikir kritis kalian bisa berkembang secara maksimal dalam mempelajari apapun. Menjadi seseorang dengan pola pikir seperti ini, kalian akan mengalami kemudahan di balik setiap permasalahan-permasalahan yang ada. 

Yuk, kita kupas satu per satu bagaimana kiat-kiat berpikir kritis dan manfaat yang bisa kalian dapat. 

Pengertian Berpikir Kritis

Suatu kemampuan berpikir untuk mencari sebuah kebenaran terhadap informasi guna untuk menyelesaikan masalah. Penyelesaian ini berlandaskan kemampuan menganalisa sesuatu dan mengevaluasinya secara mendalam. Tentunya menumbuhkan cara berpikir kritis harus mengembangkan sikap objektif dan rasional dalam menilai suatu masalah. 

Dengan kalian mengembangkan softskill ini dengan baik, mulai dari analisa secara menyeluruh hingga evaluasi maka proses pengambilan keputusan menjadi lebih akurat atau tidak bias karena memang berdasarkan pertimbangan yang matang. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Nah, setelah mengetahui pengertiannya, maka kami akan jelaskan bagaimana sih cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis, supaya performa kalian bisa selangkah lebih maju dari yang lain.

Banyak bertanya

Bertanya Salah Satu Cara Melatih Berpikir Kritis
Bertanya Salah Satu Cara Melatih Berpikir Kritis

Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah “kosongkan gelas terlebih dahulu”. Lho, kok bisa? Kita nggak akan menjadi orang cerdas,ketika kita merasa paling tahu segalanya. Mindset seperti ini harus ditanamkan dalam diri sejak dini. Selanjutnya, belajar memberanikan diri untuk bertanya. Dengan terbiasa mempertanyakan sesuatu, kita akan menjadi lebih mengetahui banyak hal di luar sana yang sekiranya di luar ekspektasi kita. 

Aktif Mendengarkan

Menjadi pendengar yang baik, nyatanya tidak semua orang bisa melakukannya. Aktif mendengarkan ketika teman berbicara, mengemukakan pendapat, atau berargumen terbukti ampuh dalam mengasah keterampilan dalam berpikir kritis. Dengan kita memasang telinga, kita jadi tahu tentang perspektif orang lain dalam menilai dan menanggapi sesuatu. 

Selanjutnya, kita bisa memposisikan diri serta memberikan respon yang tepat terhadap peristiwa yang dihadapi. Bayangkan jika kita hanya ingin didengarkan atau terlalu banyak bicara, maka informasi tidak bisa tersampaikan secara komunikatif. Perbincangan akan terasa tidak nyaman dan kurang menarik. Oleh karena itu, biasakanlah untuk menyimak orang lain ketika berbicara atau mengemukakan pendapat ya, kawan literasi!

Berpikir dengan Kepala Dingin

Nah, siapa nih yang suka emosian? Sebaiknya kurang-kurangin ya! Pasalnya, ketika hati kita bergejolak saat marah, maka diri kita akan dikuasai oleh emosi negatif. Sebaliknya, jika pembawaan diri tenang dan stabil kita akan lebih mudah menyerap informasi dan berpikir dengan logis. 

Oleh karena itu, ada istilah atau ungkapan “jangan mengambil keputusan saat marah, maka kau akan menyesal di kemudian hari”. Nah, kata-kata tersebut  mengisyaratkan bahwa pengambilan keputusan dengan penuh emosi, cenderung menghasilkan keputusan yang tidak rasional. 

Baca Juga : Simak Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Secara Efektif!

Mempertimbangakan Kemungkinan yang Muncul

Selanjutnya adalah mempertimbangkan kemungkinan yang muncul. Terdengar merepotkan, bukan? Namun ya begitulah cara untuk kita berpikir kritis. Selalu memperhatikan sebab dan akibat yang terjadi. Dalam hal ini, dibutuhkan kemampuan analisa yang akurat sehingga nanti didapatkan hasil yang tidak jauh beda dengan dugaan kita. 

Memahami Sudut Pandang Orang Lain

Manusia terlahir dengan keistimewaan yang berbeda-beda begitupun dengan cara berpikirnya. Kemampuan dalam menilai dan menanggapi sesuatu, tentunya melahirkan perspektif yang beragam. Dengan memahami sudut pandang orang lain, kita tidak mudah menghakimi bahwa pandangan kita lebih baik dan benar. Di samping itu, memahami orang lain membuat kita menjadi lebih fleksibel dalam menilai sesuatu.

Diskusi Bersama Expert

Berdiskusi-Bersama-Expert
Berdiskusi Bersama Expert

Lalu, jangan sungkan untuk berdiskusi bersama orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Beliau mempunyai jam terbang tinggi, otomatis mereka lihai dalam menangani permasalahan yang ada. Dengan diskusi dan bertanya, membuat pikiran kalian lebih terbuka dan mengetahui aspek-aspek yang mungkin kalian tidak ketahui pada awalnya.

Manfaat Berpikir Kritis dalam Kehidupan

Ternyata, manfaat berpikir kritis membuat kehidupan baik dalam lingkup belajar atau karir menjadi lebih berkualitas. Yuk, intip apa aja manfaat dari kemampuan softskill ini!

Mampu Menyelesaikan Masalah 

Dapat Mengatasi Masalah Dengan Baik
Dapat Mengatasi Masalah Dengan Baik

Problem solving atau kemampuan penyelesaian masalah adalah manfaat yang bisa kalian dapat. Ketika terbiasa untuk berpikir kritis, masalah apapun yang menghampiri kita akan mudah untuk diselesaikan dengan baik. Masalah memang tidak ada yang bebas resiko, namun kita bisa memiliki cara penyelesaian yang efektif sehingga resiko dapat diminimalisir dengan baik.

Lebih Open-Minded

Hayo, siapa nih yang ingin punya pikiran terbuka? Salah satu cara untuk bisa berpikir terbuka atau open-minded kalian harus memiliki kemampuan berpikir kritis. Softskill ini mampu mendongkrak pikiran kita memahami aspek yang terjadi secara holistik. Open-minded membuat kita memahami apa yang orang lain rasakan dan pikirkan. 

Kemampuan Komunikasi Meningkat

Komunikasi Meningkat
Keterampilan Komunikasi Meningkat

Bayangkan jika kita tidak mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif kepada orang lain? kita akan mudah disalahpahami, atau sesederhana orang lain tidak mengerti apa yang kita maksud. 

Berpikir kritis membantu kita untuk mengenali potensi diri kita dan bagaimana kita bereaksi terhadap tanggapan orang lain. Yuk, mulailah untuk berpikir kritis supaya kemampuan komunikasi kalian menjadi memukau!

Kreativitas Meningkat

Selanjutnya, berpikir positif secara tidak langsung melatih kemampuan untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah. Kreativitas ini muncul karena otak kita bekerja berdasarkan pengalaman dan pendekatan yang baik terhadap sebuah masalah. Seiring kita banyak berpikir kritis, maka daya kreativitas kita juga semakin meningkat.

Baca Juga: 8 Tips Belajar Matematika Secara Efektif dan Menyenangkan

Performa Kerja Meningkat

Terakhir, adalah performa kerja. Siapa sih yang nggak pingin performa kerja meningkat? Peningkatan performa baik dalam belajar atau lingkup pekerjaan tidak lepas dari kemampuan berpikir kritis. Ketika terdapat permasalahan dari dunia pekerjaan atau pembelajaran, maka kita harus mencari solusi yang efektif supaya permasalahan cepat untuk diselesaikan. 

Oke, akhirnya kita sudah sampai pada pembahasan terakhir. Bagaimana? sudah paham bukan? Yuk, jangan ragu kembangkan potensimu dengan berpikir kritis, karena softskill ini dapat mendongkrak potensi kalian menjadi luar biasa.

Sampai jumpa Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Meningkatkan Berpikir Kritis Secara Efektif Beserta Manfaatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]