1. Kelas 10 Fisika

Mengenal Besaran Turunan, Karakteristik & Jenisnya

Dalam dunia fisika, pasti tidak asing lagi dengan istilah besaran turunan. Hmm, ketika kalian mengerjakan soal pilihan ganda, sedikit banyak kalian pasti memperhatikan satuan di belakang angka yang tersedia di sana. Ternyata, ia memiliki arti dan maksud tersendiri lho.

Besaran turunan berbeda dengan besaran pokok. Seperti yang kalian ketahui, besaran pokok merupakan besaran dasar yang berdiri sendiri dan tidak dapat diturunkan. Contohnya antara lain panjang (m), massa (kg), suhu (K), kuat arus (A) , waktu (s) , intensitas cahaya (Cd), dan jumlah zat (mol). 

Nah, sedangkan apa itu besaran turunan? pengertian, ciri-ciri, cara penggunaannya, dan jenis-jenisnya. Yuk, ikut penjelasannya berikut!

Apa itu Besaran Turunan

Besaran Turunan
Tabel Besaran Turunan

Besaran turunan berasal dari dari besaran pokok. Jadi, lebih sederhananya mereka tidak bisa berdiri sendiri untuk menjadi sebuah satuan pengukuran. Lebih jelasnya lagi melansir detikedu.com, besaran ini tidak hanya mempunyai satuan turunan dari besaran pokok melainkan ada beberapa yang memiliki nama satuannya sendiri.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Ciri-Ciri Besaran Turunan

Berikut adalah karakteristiknya yang perlu kalian ketahui, antara lain:

Lebih Dari Satu Satuan Pengukuran 

Nah, setelah kalian paham tentang besaran turunan. Maka kalian harus mengetahui bagaimana karakteristiknya. Ciri-ciri yang pertama adalah memiliki jumlah satuan lebih dari satu. Ini merupakan gabungan dari berbagai besaran pokok. 

Sebagai contohnya, kalian melihat latihan soal menghitung luas, dengan rumus panjang x lebar. Dari contoh tersebut, kita sudah mengetahui jika satuan panjang dan lebar adalah sama-sama meter. Maka, tuliskanlah m². Angka kuadrat di situ menunjukkan perkalian dengan satuan pengukuran yang sama antara panjang dan lebar. 

Karakteristik selanjutnya adalah bisa jadi ia memiliki satuan lebih dari dua satuan. Memang, ada beberapa satuan pengukuran lebih dari dua, contohnya adalah pengukuran gaya. Gaya dengan satuan Newton (N) memiliki satuan kg . m . s²

Pengukuran Secara Langsung Maupun Tidak Langsung

Baik besaran pokok dan turunan, masing-masing dapat dihitung menggunakan alat pengukuran. Lebih jelasnya begini, ketika kalian menemukan soal fisika yang menanyakan tentang nilai massa jenis benda. Maka, cara untuk menyelesaikannya adalah menghitungnya satu persatu mulai dari massa dan volume,  atau bisa menggunakan rumus massa jenis dengan satuan rho (ρ). 

Macam-Macam Besaran Turunan

Seperti pembahasan di atas, ada banyak lho macam-macam besaran turunan yang mesti kamu ketahui, antara lain:

Luas

Besaran Luas Untuk Mengetahui Luas Halaman
Besaran Luas Untuk Mengetahui Luas Halaman

Luas merupakan besaran turunan yang berasal besaran pokok panjang dengan satuan meter. Pengukuran luas adalah hasil dari panjang (m) kali lebar (m), sehingga satuan luas menjadi meter persegi (m²).  Alat ukur luas antara lain, meteran, mistar atau penggaris.

Secara sederhana, rumus luas berfungsi untuk mengetahui luas bangun datar. Namun, penerapan pengukuran luas di dunia nyata bisa untuk mengukur luas bangunan rumah, perkebunan atau area tertentu. 

Volume

Besaran turunan selanjutnya adalah volume dengan satuan meter kubik (m³). Satuan m³ merupakan hasil dari perkalian panjang (m) x lebar (m) x tinggi (m). Volume memiliki peran penting dalam mengukur kedalaman suatu benda. Kedalam suatu benda tidak bisa hanya menggunakan pengukuran dua dimensi tanpa melibatkan dimensi tinggi. Jadi, volume dapat mendefinisikan nilai dari benda dengan tiga dimensi. 

Massa Jenis

Massa Jenis Air dan Minyak
Massa Jenis Air Lebih Besar daripada Minyak

Selanjutnya adalah massa jenis. Massa jenis memiliki satuan kg/m³ atau biasa disebut rho (ρ). Satuan ini mendefinisikan perbandingan massa benda terhadap volume benda. Pernahkah kalian melihat perbedaan dua fasa antara minyak dan air? Fase yang berbeda itu merupakan akibat adanya perbedaan massa jenis zat cair. 

Alat ukur besaran ini bernama hidrometer. Minyak yang memiliki massa jenis lebih kecil, akan mengambang di atas lapisan air. Jadi, kesimpulannya adalah massa jenis air lebih besar daripada massa jenis minyak. 

Tekanan

Apa yang kalian ketahui tentang tekanan? melansir wikipedia.com, satuan fisika untuk mendefinisikan gaya (F) dalam satuan luas (A). Pengukuran tekanan kebanyakan berfungsi untuk mengukur kekuatan zat gas dan cair. 

Dengan rumus P = gaya (F) / luas A, mengartikan bahwa semakin besar tekanan di suatu tempat dengan isi yang sama, maka suhu ikut menjadi tinggi. Inilah menjadi alasan, mengapa suhu di pegunungan lebih rendah daripada di dataran rendah karena dataran rendah memiliki tekanan lebih tinggi. 

Kecepatan

Speedometer-Alat-Pengukur-Kecepatan
Speedometer Alat Pengukur Kecepatan

Pengukuran ini adalah turunan dari besaran pokok panjang (m) dan waktu (s). Kecepatan menunjukkan seberapa cepat benda tersebut berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Alat ukurnya bernama speedometer. Rumus untuk menghitung rumus kecepatan adalah panjang (m) dibagi selang waktu (s) dengan satuan meter per sekon (m/s).

Percepatan

Tadi membahas kecepatan yang berbeda dengan percepatan. Menurut KBBI, percepatan merupakan tingkat penambahan kecepatan selama periode tertentu. Percepatan bisa terjadi secara konstan maupun tidak, dan nilainya tidak sama nol. Rumus untuk menghitung percepatan adalah m/s² sedangkan alat ukurnya bernama akselerometer.

Momentum

Dalam Satuan Internasional (SI), momentum mempunyai satuan kg.m/s. Momentum adalah satuan besaran turunan yang banyak terjadi di kehidupan sehari-hari. Seperti halnya, ketika ada praktikum pembuatan roket air di sekolah, atau sekedar bermain kelereng bersama teman. Kelereng yang saling berbenturan memiliki momentum yang sama sebelum dan sesudah bertumbukan. 

Daya

Dalam dunia kelistrikan, terdapat besaran turunan bernama daya. Daya memiliki satuan watt (W) atau Joule/sekon (J/s). Wattmeter adalah nama ukurnya. Rumusnya adalah P = W (Joule) / t (sekon). 

Fungsi daya listrik di sini untuk mengukur besarnya energi untuk suatu rangkaian listrik. Jadi sederhananya adalah parameter kebutuhan energi listrik yang digunakan oleh suatu rangkaian listrik. 

Baca Juga : Mikrometer Sekrup, Alat Pengukur Diameter Berpresisi Tinggi

Muatan Listrik

Besaran turunan muatan listrik adalah coulomb. Muatan listrik merupakan muatan dasar yang dimiliki oleh partikel penyusun atom positif (proton) dan atom negatif (elektron). Rumus untuk menghitung muatan listrik adalah Q (coulomb) = l (A) x t (s). Satuan A di sini adalah ampere (satuan arus listrik) dan t adalah sekon (satuan waktu). 

Tegangan Listrik

Tegangan listrik adalah besaran turunan untuk menghitung beda potensial tegangan listrik. Satuan yang digunakan adalah Volt (V). Volt sendiri merupakan hasil dari arus listrik (I) dikali dengan hambatan listrik (R) atau biasa dikenal dengan rumus V (volt) = I (A) x R (ohm). Fungsi dari mengetahui tegangan listrik antara lain memelihara perangkat listrik dan mengetahui penyebab malfungsi atau kendala dalam suatu rangkaian listrik.

Hambatan Listrik

 

Besaran Hambatan Perlu Untuk Sebuah Rangkaian Listrik
Besaran Hambatan Perlu Untuk Sebuah Rangkaian Listrik

Pemasangan listrik juga harus mempertimbangkan hambatan. Mengetahui hambatan listrik itu penting karena adanya penambahan resistor untuk membatasi listrik dan melindungi beberapa komponen.

Hal ini berguna supaya kita terhindar dari resiko listrik yang berbahaya. Dalam Satuan Internasional (SI), satuan hambatan listrik adalah ohm (Ω). Rumus untuk mengetahui besar hambatan listrik R (ohm) adalah V (volt) dibagi I (A). Alat untuk mengukur hambatan listrik adalah ohm meter.  

Kesimpulan

Besaran turunan ada berbagai macam, beberapa telah disebutkan di atas. Mempelajarinya dapat mempermudah kita memahami sebuah rumus fisika. Selain itu, ia juga memberikan kemudahan bagi manusia untuk memecahkan sebuah masalah di kehidupan sehari-hari. 

Nah, akhirnya kita sampai di penghujung artikel. Cukup seru, bukan? belajar fisika memang tidak terlalu sulit, hanya perbanyak belajar dan berlatih soal maka kalian bisa menjawab berbagai soal dengan mudah.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Besaran Turunan, Karakteristik & Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]