1. Kelas 11 Matematika

Pengertian Biaya Peluang, Manfaat, Ciri-ciri dan Contohnya

 Kawan Literasi, pernahkah kamu mendengar tentang biaya peluang? Konsep ekonomi ini sangat erat dengan ‘pengorbanan’ dalam kehidupan sehari-hari. Nah, pada kesempatan kali ini Studio Literasi akan memberikan penjelasan mengenai biaya peluang serta informasi penting lainnya.

Pengertian Biaya Peluang

Biaya Peluang
Biaya Peluang

Secara harfiah, biaya peluang adalah kemunculan biaya maupun risiko akibat manusia yang memilih untuk mengorbankan sesuatu demi memperoleh hal lainnya. Opportunity cost umumnya terjadi ketika kamu dihadapkan dengan dua pilihan atau lebih. 

Contohnya, ada dua opsi karier, yaitu pengusaha atau pilot. Memilih menjadi pengusaha akan membuatmu kehilangan kesempatan terbang keliling dunia secara gratis yang cuma dapat pilot rasakan. Kesempatan yang hilang tersebut dengan opportunity cost (biaya peluang).

Fungsi Biaya Peluang

Terdapat sejumlah fungsi dari opportunity cost yang mampu membuat kamu semakin paham terkait cara kerja perekonomian dunia.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

1. Mengasah Kemampuan Mengambil Keputusan

Pada dasarnya biaya peluang  adalah ilmu tentang pengorbanan. Memahami konsep tersebut akan membuatmu tersadar bahwa segala sesuatu membutuhkan pengorbanan di dunia ini. Semakin besar keinginan, maka semakin besar juga pengorbanan yang harus kamu kerahkan.

2. Mampu Memaksimalkan Peluang

Selain mengenai pengorbanan, opportunity cost juga berkaitan dengan peluang. Fungsi opportunity cost menjadikan seseorang selalu termotivasi untuk memanfaatkan dengan baik apapun peluang yang hadir.

3. Membuat Pikiran Lebih Positif

Satu hal penting yang bisa menciptakan pikiran yang positif sehingga seseorang pun mampu menjalani kehidupannya dengan tenang sekaligus lebih siap apabila berhadapan dengan masalah.

4. Bijak Mempertimbangkan Risiko

Ambil contoh, ketika memutuskan untuk mengurangi frekuensi nongkrong, kamu akan mendapat konsekuensi baik berupa kesehatan yang meningkat dan finansial yang lebih aman. 

Namun, di sisi lain kamu berpotensi kehilangan kebersamaan dalam pertemuan tersebut. Memahami opportunity cost dapat membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam pertimbangan risiko yang terjadi semacam itu.

5. Merencanakan Masa Depan Lebih Matang

Fungsi terakhirnya adalah bisa membantu kamu dalam perencanaan masa depan yang lebih baik. Dengan memahaminya, kamu pun bisa melaksanakan mitigasi risiko seoptimal mungkin sehingga akan terhindar dari berbagai masalah yang sifatnya mendadak.

Baca Juga: APBN dan APBD, Fungsi, Tujuan, dan Mekanisme Penyusunannya

Ciri-ciri Biaya Peluang

Ada sejumlah karakteristik atau ciri-ciri yang mesti kamu kenali, antara lain:

  1. Cara menghitungnya tidak selalu berkaitan dengan uang. Namun, perhitungannya bisa berhubungan dengan waktu, kesenangan atau kebahagiaan, serta benefit yang akan diperoleh di masa mendatang.
  2. Pada umumnya ia adalah sebuah kebutuhan sekunder ataupun tersier.
  3. Pengambilan keputusan opportunity cost bergantung kepada tujuan dan kondisi setiap individu maupun perusahaan.
  4. Opportunity cost mempunyai banyak kemungkinan dalam hal kegunaannya.

Penyebab Biaya Peluang Muncul

Faktor yang menyebabkan munculnya biaya peluang adalah adanya pilihan oleh individu, masyarakat, serta perusahaan terhadap masalah kelangkaan yang mereka hadapi.

Seperti yang diketahui, sumber daya alam maupun ekonomi mempunyai persediaan yang sangat terbatas. Hal ini secara tidak langsung memaksa seseorang untuk membuat pilihan dalam hidupnya.

Pilihan tersebut akan menyebabkan timbulnya ‘pengorbanan’ untuk hal lainnya, dan opportunity cost adalah sesuatu yang menjadi alat ukur dalam menentukan seberapa banyak biaya produksi yang akan dihabiskan.

Baca Juga: Pendapatan Nasional

Lalu, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Rumus Menghitung Biaya Peluang
Rumus Menghitung Biaya Peluang

Melakukan perhitungannya adalah kegiatan yang tidak sulit. Kamu bisa menggunakan persamaan di bawah ini.

Opportunity Cost = Nilai yang Dikorbankan (Foregone Option) – Nilai yang Diperoleh (Chosen Option)

Rumus tersebut cuma berlaku apabila berbagai pilihan yang tersedia bisa kamu hitung dengan angka (kuantifikasi). Sebaliknya, jika pilihannya tidak bernominal, gunakan prinsip berikut. “Kalau secara jangka pendek maupun panjang nilai FO (Foregone Option) lebih kecil ketimbang CO (Chosen Option), maka inilah keputusan yang paling bagus.”

Contoh Biaya Peluang

Sadar tidak sadar, biaya peluang adalah satu hal yang kita alami mungkin hampir setiap hari. Berikut ini contoh konkret opportunity cost dalam kehidupan sehari-hari supaya kamu lebih memahaminya.

1. Preferensi Pembelian Barang

Ambil contoh terdapat dua produk minuman favorit, yakni produk A dan B. Produk A mempunyai harga Rp10,000 per kotak, dengan kadar gula 40 mg per sendoknya. Di sisi lain, produk B memiliki harga Rp15,000 per kotak, dengan kandungan gula 25 mg setiap sendok. Asumsikan kedua produk mempunyai citarasa yang sama.

Apabila kamu mementingkan kesehatan, maka produk B-lah yang menjadi pilihan. Sementara itu, jika berfokus terhadap penghematan, maka pilihanmu jatuh pada produk A dengan catatan harus rajin menyikat gigi supaya kesehatan tetap terjaga.

2. Preferensi Pemilihan Investasi

Contoh  lainnya adalah terkait dunia investasi. Katakanlah kamu seorang pegawai swasta yang mempunyai tabungan sebesar Rp150 juta. Kamu mempunyai sejumlah rencana dengan uang tersebut dan muncullah dua opsi, antara lain investasi tanah maupun Savings Bond Ritel (SBR).

Berbekal uang Rp150 juta, kamu dapat memperoleh tanah seluas 15 x 30 meter dengan nilai margin jual yang meningkat 3 persen/tahun. Di sisi lain, pemerintah belakangan ini meluncurkan SBR016. Rinciannya, kupon bunga 5% per tahun, pajak 10%, serta tenor 3 tahun.

Melalui perhitungan, maka perbandingan hasilnya adalah sebagai berikut.

Peningkatan harga tanah setelah 3 tahun:

= [(3% x Rp150.000.000) x 3 tahun]

= Rp13.500.000

Return investasi SBR016 setelah 3 tahun:

= [(5% x Rp150.000.000) x 3 tahun]

= Rp22.500.000

Return investasi SBR016 setelah kena pajak:

= Rp.22.500.000 – (Rp22.500.000 x 10%)

= Rp22.500.000 – Rp2.250.000 = Rp20.250.000

SBR menghasilkan return investasi Rp6,75 juta lebih tinggi daripada peningkatan harga tanah sehingga opsi yang cocok adalah investasi SBR.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, ciri-ciri, serta contoh opportunity cost. Walaupun suka tidak disadari, biaya peluang adalah hal yang melekat dengan kehidupan sehari-hari yang mampu membantu kamu menjadi individu yang lebih cermat dan bijaksana ketika mengambil keputusan.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Pengertian Biaya Peluang, Manfaat, Ciri-ciri dan Contohnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]