1. Uncategorized

Mengenal Biomolekul: Pengertian & Jenis-Jenisnya

Halo kawan literasi. Masih ingatkah kalian tentang sel hewan dan tumbuhan pada pembahasan sebelumnya. Nah sel tersebut tentunya mempunyai inti, lho guys!. Inti sel tersebut apabila berinteraksi dengan atom lain akan membentuk biomolekul.

Nah, apa sih pengertian dari biomolekul? Nggak usah khawatir guys, pembahasannya mudah untuk dimengerti, kok. Simak penjelasan di bawah ini ya!

Pengertian Biomolekul

Pengertian Biomolekul
Pengertian Biomolekul

Kata “biomolekul” berasal dari dua kata yakni “bio” dan “molekul”. Bio artinya adalah makhluk hidup, sementara itu molekul mempunyai makna gugusan  yang tersusun atas dua atau lebih atom yang saling berikatan satu sama lain melalui ikatan kimia. Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa, 

Biomolekul merupakan molekul yang terdapat dalam tubuh organisme atau makhluk hidup yang berperan dalam proses biologis. 

Dengan kata lain, ia adalah senyawa organik bersifat sederhana yang berguna untuk proses pembentukan organisme hidup dimana membawa ciri khas dan sifat tersendiri untuk keturunannya. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Sesuai dengan apa penjelasan sebelumnya, biomolekul adalah senyawa turunan hidrokarbon yang atom penyusunnya berupa karbon dan hidrogen. Beberapa atom lainnya seperti oksigen, sulfur, fosfor dan sebagainya turut terkandung dalam rantai senyawa hidrokarbon.

Keberadaan biomolekul sangat berperan penting dalam proses kelangsungan hidup makhluk hidup baik tumbuhan, hewan, dan manusia. Ia bersifat endogen dalam artian molekul tersebut diproduksi di dalam tubuhnya sendiri. 

Berbicara mengenai makhluk hidup, tentu tidak hanya bergantung pada faktor internal saja, namun faktor eksternal seperti nutrisi, rangsangan, dan sebagainya sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. 

Jenis-Jenis Biomolekul

Selanjutnya, kita akan membahas tentang jenis-jenis biomolekul yang perlu kalian ketahui.

Karbohidrat

Glukosa
Glukosa

Biomolekul karbohidrat atau hidrat arang merupakan senyawa organik yang familiar kita temukan. Ia adalah zat gizi yang berguna sebagai sumber energi tubuh makhluk hidup. Proses pencernaan karbohidrat dalam tubuh akan menghasilkan glukosa. 

Jadi, karbohidrat merupakan sekelompok senyawa karbonil yang mengandung beberapa gugus hidroksil antara lain seperti polihidroksi aldehida atau polihidroksi keton. Sederhananya, karbohidrat itu terdiri dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen.

Di samping itu, kata lain karbohidrat adalah sakarida. Nah kawan literasi, karbohidrat yang telah melewati proses hidrolisis terbagi menjadi tiga kelompok, antara lain:

Monosakarida

Pertama ada monosakarida. Ia merupakan kelompok karbohidrat yang  paling sederhana yakni hanya mengandung satu unit polihidroksi aldehida atau biasa disebut keton. Dengan artian, ia tidak dapat terhidrolisis atau terpecah lagi menjadi bagian kecil. Namun, perannya dalam tubuh adalah penting yaitu untuk menghasilkan energi. 

Secara makroskopis, bentuknya berupa kristal dan tidak berwarna. Contoh dari monisakarida adalah glukosa, fruktosa, ribulosan dan sebagainya. 

Oligosakarida

Jenis karbohidrat selanjutnya adalah oligosakarida. Ia terdiri atas dua sampai beberapa monosakarida yang sama maupun berbeda. Monosakarida-monosakarida yang terikat satu sama lain dihubungkan oleh ikatan glikosidik. 

Ikatan glikosidik ini terbentuk berdasarkan kondensasi gugus senyawa hidroksil (OH) dua molekul monosakarida dari atom C pertama dengan salah satu gugus hidroksil pada atom karbon nomor 2, 4, dan 6 dari monosakarida kedua. Contoh dari oligosakarida antara lain adalah laktosa, sukrosa, maltosa, dan sebagainya. 

Oligosakarida atau disakarida memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh antara lain menjadi tubuh lebih kuat serta melindungi tubuh dari alergi dan infeksi. 

Polisakarida

Polisakarida atau glikan terdiri dari 10 unit monosakarida yang saling berikatan. Berdasarkan pengklasifikasian, ia terdiri dari dua jenis yaitu homopolisakarida dan heteropolisakarida. Perbedaan mendasar dari kedua nya adalah jumlah jenis unit sakarida yang terdapat di setiap rantainya. 

Glukosa merupakan sumber energi utama sel dan jaringan. Namun dalam beberapa kasus, kelebihan karbohidrat mampu menyebabkan masalah serius seperti obesitas dan diabetes. Jadi, sebaiknya atur pola makan supaya tubuh tetap sehat.

Protein

Protein

Selanjutnya adalah protein. Struktur biomolekul protein terdiri atas unsur karbon (C) , hidrogen (H) , oksigen (O), dan nitrogen (N). Protein termasuk kedalam molekul besar karena mempunyai ukuran yang lebih besar daripada molekul garam maupun gula. Senyawa ini berasal dari asam amino yang berbeda yang masing-masing saling dihubungkan dengan ikatan peptida. 

Berdasarkan strukturnya, klasifikasi protein terbagi menjadi empat bagian yakni struktur utama, sekunder, tersier, dan kuartener. Pada struktur utama terdapat asam amino yang saling berkaitan dengan bantuan ikatan peptida, sehingga sifat ini akan menurun pada struktur bawahannya. 

Selanjutnya adalah struktur sekunder. Interaksi yang terjadi lebih kompleks daripada sebelumnya, yaitu pembentukan ikatan hidrogen amida bersama oksigen karbonil pada rantai peptida. Oleh karena itu, ia akan membentuk pola spiral atau melipat

Lalu klasifikasi berikutnya yakni struktur tersier. Pada struktur ini, rantai asam amino saling berhubungan karena adanya ikatan hidrogen dan hidrofobik. Sama seperti struktur sekunder, lipatan yang terjadi lebih besar karena adanya interaksi antara gugus samping rantai asam amino. 

Terakhir, struktur kuartener. Perbedaan dari sebelumnya adalah struktur tersebut bisa terbentuk karena interaksi intermolekul dengan rantai polipeptida. Struktur ini jauh lebih kompleks, sehingga ikatan kimia yang terjadi tidaklah sederhana. 

Baca Juga:Sintesis Protein: Tahapan, Tempat, & Tujuannya – Kelas 11 Biologi

Lipid

Lipid
Lipid

Secara umum, lipid berarti lemak. Terbentuk dari molekul gliserol dan bergabung dengan molekul lain. Biomolekul ini meliputi lemak, sterol, lilin, dan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E, dan K. 

Ia disebut juga sebagai molekul kecil hidrofobik atau tidak dapat larut dalam air, namun dapat larut dalam larutan organik. Sebenarnya, pengklasifikasian lipid terbagi menjadi beberapa jenis, yakni trigliserida, fosfolipid, dan steroid. Sebagian besar mempunyai struktur biomolekul yang sama yakni karbon (C) , hidrogen (H), oksigen (O), dan R (rantai alkil). Namun, memiliki entuk rantai yang berbeda-beda. 

Beberapa jenis lemak seperti trigliserida dan fosfolipid bisa terhidrolisis karena mempunyai ikatan ester. Sebaliknya, steroid tidak mempunyai ikatan seperti itu. 

Asam Nukleat

Jenis biomolekul yang tidak kalah penting adalah asam nukleat. Jenis ini mengandung rantai-rantai nukelotida yang berfungsi untuk menyimpan informasi genetik. Pada artikel sel makhluk hidup, dijelaskan bahwa asam nukleat terbagi menjadi dua yaitu DNA (Deoksiribonukleat) dan RNA (Asam Ribonukleat). Disamping itu, asam nukleat turut berperan dalam pembentukan molekul dasar adenosin triphospat

Kesimpulan

Nah, bagaimana sudah paham bukan. Biomolekul yang terdapat pada makhluk hidup kurang lebih memiliki jenis yang sama. Komponen karbohidrat, protein, lipid dan asam nukleat adalah faktor utama yang terdiri atas senyawa hidrokarbon yang bermanfaat bagi tubuh secara biologis. Secara tidak langsung, akan mempengaruhi pertumbuhan tubuh sehari-hari dan kelangsungan hidup. 

Wih, tak terasa akhirnya kita sudah sampai di penghujung pembahasan. Bagaimana sudah paham, bukan? Yuk, simak artikel selanjutnya yang tak kalah spektakuler!

Sampai jumpa!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Biomolekul: Pengertian & Jenis-Jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]