1. Pengetahuan Umum

Info Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 & Cara Daftarnya

Pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 kapan dibuka, ya?

Bagi Anda pencari kerja yang belum lolos Program Kartu Prakerja pasti menanti-nantikan informasi terbaru kapan pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 dimulai.

Tahun ini, pemerintah memberi jatah kuota penerima kartu prakerja untuk 5.597.183 pencari kerja.

Kartu prakerja gelombang 10 telah ditutup dan siapa saja yang lolos menjadi penerimanya telah diumumkan pada 2 Oktober 2020 lalu.

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Berikut rincian penerima kartu prakerja sejak gelombang 1.

  • Gelombang 1: 200.000 orang
  • Gelombang 2: 200.000 orang
  • Gelombang 3: 200.000 orang
  • Gelombang 4: 800.000 orang
  • Gelombang 5: 800.000 orang
  • Gelombang 6: 800.000 orang
  • Gelombang 7: 800.000 orang
  • Gelombang 8: 800.000 orang
  • Gelombang 9: 800.000 orang
  • Gelombang 10: 116.261 orang

Banyak warganet yang berharap kartu prakerja kembali membuka pendaftaran gelombang 11. Namun, bagaimana faktanya?

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11, Kapan?

Dilansir dari berbagai sumber, Luoisa Tuhatu sebagai Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja menyatakan bahwa pembukaan pendaftaran kartu prakerja gelombang 11 masih menunggu arahan resmi dari KCK (Komite Cipta Kerja).

Komite Cipta Kerja adalah badan khusus yang ditunjuk untuk merumuskan dan menyusun kebijakan resmi kartu prakerja.

Menurut Kemenko Perekonomian, pendaftaran kartu prakerja gelombang 10 adalah batch terakhir.

Pendaftaran kartu prakerja batch berikutnya rencananya akan dilanjutkan pada 2021 dengan syarat peserta yang sudah lolos menjadi peserta kartu prakerja tahun 2020 tidak diperbolehkan mendaftar kembali tahun depan.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Berkembangnya teknologi membuka kesempatan bagi banyak orang untuk mengasah keterampilan juga menambah pengetahuan melalui media digital. Peduli akan hal ini, pemerintah Indonesia mengadakan program pelatihan dan pembinaan yang ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan atau kursus online dan bantuan biaya bagi para pencari kerja, korban PHK, atau pekerja yang membutuhkan pelatihan keterampilan, termasuk didalamnya para pelaku usaha kecil.

Syarat Daftar Kartu Pra Kerja

Program tidak hanya terbatas untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun semua masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat dapat mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program ini. Apa saja syarat tersebut?

  • WNI berusia 18 tahun ke atas
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)
  • Pelaku usaha mikro dan kecil
  • Pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan
  • Pekerja formal maupun informal

Informasi yang diberikan di website resmi kartu ini menyatakan bahwa guna merespon dan menanggulangi dampak dari pandemi COVID-19, Program ini untuk sementara waktu akan diprioritaskan bagi para pekerja/buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak mata pencahariannya.

Perlu dicatat juga bahwa kartu ini tidak diperuntukkan untuk:

  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan perangkat desa
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Manfaat Kartu Prakerja

Program ini diharapkan dapat membantu dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat Indonesia, terutama dalam beberapa aspek berikut ini:

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan
  • Mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong kebekerjaan dengan mengurangi mismatch atau ketidakcocokan antara pekerjaan yang diminati dan didapat
  • Menjadi komplemen atau tambahan dari pendidikan formal
  • Membantu daya beli masyarakat yang terdampak pendapatannya akibat pandemi COVID-19

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

Sama seperti jenis program ini yang dirancang untuk kegiatan online, pendaftaran kartu ini juga dilakukan secara online. Penting bagi para calon pendaftar untuk mengetahui dan memahami langkah-langkah atau cara daftar kartu pra kerja.

Cara daftar kartu pra kerja dapat dilakukan melalui laman https://www.prakerja.go/ dengan terlebih dahulu membuat akun menggunakan email pribadi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke situs pendaftaran yaitu https://www.prakerja.go/ 
    Dengan mengetikkan alamat situs seperti yang tertera, Anda akan masuk pada laman seperti gambar di bawah ini.
    Apabila Anda sudah pernah mendaftar sebelumnya (memiliki akun) maka Anda dapat memilih menu Masuk. Namun, apabila ini pertama kalinya Anda mengunjungi laman ini, maka langkah selanjutnya adalah mengeklik tombol Daftar Sekarang.
Pendaftaran Kartu Pra Kerja oleh Studioliterasi
  • Masukan alamat email pribadi Anda yang masih aktif, kemudian buat password atau kata sandi yang mudah untuk Anda ingat (jangan bagikan sandi ini dengan orang lain agar akun Anda tidak disalahgunakan). Sebelum klik Daftar, jangan lupa untuk mencentang kolom kecil di atas menu Daftar.
Cara Daftar Kartu Pra Kerja oleh Studioliterasi
  • Cek Email Anda Untuk Melakukan Verifikasi
    Setelah Anda melakukan pendaftaran Akun, langkah berikutnya yaitu melakukan verifikasi email. Buka akun email Anda, lalu klik verifikasi. Setelah itu, kembali lagi ke laman ini untuk melakukan login. Klik Kembali ke Login.
  • Setelah itu Anda akan dibawa masuk ke laman seperti di bawah ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengisi alamat email dan kata sandi yang Anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Lalu, klik Login.
Pendaftaran Kartu Pra Kerja oleh Studioliterasi
  • Apabila sudah berhasil masuk, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi KTP, melengkapi data diri, mengunggah (upload) foto KTP Anda serta verifikasi melalui nomor telepon.

    -Langkah pertama adalah dengan memasukan NIK Nomor KK dan tanggal lahir Anda. Klik Lanjutkan.
    Kedua yaitu mengisi data diri, memilih topik yang diminati, serta mengunggah foto KTP Anda. Setelah file KTP diunggah, klik Lanjutkan.
    Ketiga, masukan nomor HP yang masih aktif dan bisa menerima melalui SMS (bukan sekedar nomor WA). Karena Anda akan menerima kode OTP melalui SMS.
    Keempat, setelah menerima kode OTP, masukan kode tersebut pada kolom yang disediakan, lalu klik Verifikasi.
Cara daftar Kartu Pra Kerja oleh Studioliterasi
  • Setelah berhasil masuk, Anda akan diminta untuk mengisi pernyataan pendaftar dengan memilih pilihan sesuai dengan pertanyaan yang diberikan, seperti gambar dibawah ini.
    Setelah mengisi pernyataan, Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa proses pendaftaran telah sukses.
Pendaftaran Kartu Pra Kerja oleh Studioliterasi
  • Terakhir, silakan klik Mulai Tes Sekarang untuk melanjutkan melakukan tes sebelum Anda dapat memilih program pelatihan yang Anda minati. Tes ini merupakan tes kemampuan dasar yang dapat diikuti oleh semua orang.
Cara Daftar Kartu Pra Kerja oleh Studioliterasi

Selamat Anda telah berhasil mendaftarkan diri untuk program Kartu Pra Kerja!

Nah itulah informasi singkat serta langkah-langkah yang teman-teman perlu lakukan untuk mendaftar kartu pra kerja. Bagaimana? Apakah kalian berminat untuk mendaftar? Kunjungi dulu situsnya dan jangan lupa baca persyaratan pendaftarannya ya! Semoga informasi ini bermanfaat! Cheers.

Baca juga artikel lain dari studioliterasi.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Info Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 11 & Cara Daftarnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]