1. Pengetahuan Umum

Cara Membuat Artikel

Bagi kamu yang berencana untuk memiliki blog pribadi atau ingin mulai menulis artikel di forum-forum online, agaknya perlu punya bekal tentang cara membuat artikel.

Kemajuan teknologi telah membuat artikel tidak hanya sebagai isi di dalam koran atau majalah saja, namun merambah ke dunia digital. Google, sebagai salah satu mesin pencarian, dapat menemukan jutaan artikel saat anda memuat sebuah kata kunci. Mulai politik, pendidikan, kabar terkini, hobi maupun tentang tempat wisata semua mempunyai artikelnya masing-masing. 

Ada beberapa cara untuk membuat artikel agar tidak membosankan, menarik, dan layak untuk dibaca masyarakat luas. Berikut adalah cara membuat artikel dalam 5 langkah.

Cara membuat artikel #1 Tentukan

Seorang pengusaha pemula ingin membuka bisnis di waktu dekat. Ia mulai memilih barang apa yang akan dijual dan dimana ia harus menjual. Jika pengusaha tersebut akan berjualan baju, maka dia akan memilih pusat perbelanjaan yang cocok dengan gaya yang dia pilih. Hal ini ibarat proses pertama dalam pembuatan artikel. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Sebelum membuat artikel, anda perlu mengetahui artikel apa yang ingin dibuat dan siapa target pembaca yang disasar. Jika anda ingin menuliskan perihal cara merawat anak diusia dini, maka target akan tertuju pada perempuan atau pasangan muda. 

Setelah tema dan target telah dikunci, hal ketiga yang bisa dilakukan adalah menentukan panjang atau jumlah kata untuk artikel. Tak ada salahnya membuat artikel yang padat dengan jumlah kata yang cukup banyak, atau sebaliknya. Hal yang perlu diperhatikan adalah melihat siapa pasar yang akan dituju. 

Tujuan artikel telah ditentukan, maka selanjutnya adalah Rancang.

Cara membuat artikel #2 Rancang

Proses selanjutnya adalah mengembangkan hasil yang telah didapatkan. Buat sebuah kerangka artikel sebagai acuan dalam mengetik. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan?

Banyak orang membuat artikel tanpa membuat kerangka tulisannya terlebih dahulu. Cara ini tak sepenuhnya salah, namun akan lebih baik jika anda membuat outline. Karena saat menulis, imajinasi karangan kita akan berkembang. Tak jarang pembahasan awal yang detail menjadi melebar ke topik yang terlalu jauh. 

Untuk itulah penting sekali membuat outline sebelum menulis artikel. Sehingga meskipun anda memiliki inspirasi tambahan, anda tetap berada pada satu pembahasan. 

Apa sajakah isi sebuah outline? Hal paling mendasar dalam membuat outline adalah 5W +1H. What, When, Why, Who, Where dan How. Keenam pertanyaan tersebut bisa anda kembangkan dalam sebuah outline. Tetapi anda tak perlu menuliskan semua pertanyaan tersebut, namun artikel anda wajib mengandung informasi yang dibutuhkan  

Sebagai contoh, saya akan membuat artikel mengenai cara mendidik anak, maka berikut contoh outline dari artikel yang akan saya buat :

  1. Siapa peran terpenting dalam mendidik anak?
  2. Bagaimana cara menghadapi anak yang mudah marah saat dinasehati?
  3. Kapan waktu terbaik dalam memberi nasehat kepada anak?
  4. Mengapa anak usia 6-9 tahun menjadi waktu terbaik untuk mengajak diskusi anak?
  5. Apa yang dapat membuat anak anda tidak nyaman ketika dinasehati?

* Kali ini “Where” tidak termasuk ke dalam outline namun anda bisa menambahkan informasi penting lainnya agar artikel lebih informatif. 

Setelah membuat outline, selanjutnya adalah waktu untuk pengumpulan data. 

Cara membuat artikel #3 Kumpulkan

Sebelum terjun ke dalam penulisan artikel, anda perlu mencari data mengenai hal yang akan dibahas. Data tersebut bisa anda dapatkan dari situs Google, badan statistika atau situs polling. Jika menggunakan data, anda perlu menyimpan sumber dan memastikan bahwa anda adalah asli dan benar. Jangan sampai anda menyebarkan berita yang kurang terjamin kebenarannya. 

Tak hanya data statistik, anda juga dapat memasukkan kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan topik anda sekarang. Cara ini lebih efektif mengingat target anda sedang mencari jawaban dari pertanyaan mereka. Jika anda menuliskan permasalahan yang relate, maka kemungkinan besar mereka akan puas dengan artikel anda.

Cara membuat artikel #4 Ketik

Data siap, tema telah ditentukan, anda siap mengetik sebuah artikel. Ada banyak software yang bisa digunakan. Microsoft word atau google documents merupakan contohnya. Kedua hal tersebut memiliki beberapa kemiripan, baik dari segi alat yang dibutuhkan hingga fitur spelling.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengetik sebuah artikel. Berikut poin-poin pentingnya :

  1. Huruf Kapital pada awal kalimat, nama tempat, nama orang dan bagian judul.
  2. Mode miring untuk bahasa asing dan sebutan istilah.
  3. Tanda baca dan cara penggunaannya.
  4. Gaya bahasa (formal atau gaul).
  5. Kata penghubung yang beragam. 

Cara membuat artikel #5 Baca

Selesai mengetik, sempatkan untuk membaca ulang artikel anda. Atau cobalah untuk meminta tolong kerabat terdekat membaca artikel anda. Minta saran pendapat dari mereka setelah selesai membaca. Ambil komentar positif untuk membenahi kesalahan yang mungkin akan anda dapati, seperti typo atau pemilihan kata sehingga kalimat menjadi kurang padu. 

Setelah menerima saran, perbaiki kesalahan pada artikel, dan sekarang artikel telah siap dipublish

Untuk mengerti apakah artikel yang dibuat telah bagus atau tidak, anda bisa menilai dari berapa orang yang merasa terbantu setelah membaca artikel tersebut. Agar artikel semakin banyak membantu orang, anda bisa membagikan link artikel pada media sosial.

Tak perlu bersedih jika ada komentar negatif mengenai artikel anda. Jika komentar itu mengandung pesan mendukung untuk membuat artikel lebih baik lagi, ambillah, bikin daftar dan evaluasi untuk artikel berkualitas di hari selanjutnya. 

Itu tadi cara membuat artikel dalam 5 langkah mudah. Cara tersebut berlaku pada semua jenis artikel yang akan anda buat. Untuk pemilihan bahasa baku dan standar penulisan yang baik, anda bisa membuka website kbbi.kemdikbud.go.id untuk pengertian kata dan puebi.readthedocs.io untuk standar penulisan di Indonesia. 

Selamat menulis, selamat berkarya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Membuat Artikel

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]