1. Pengetahuan Umum

Cara Membuat Brosur, Leaflet dan Pamflet

Apa yang terlintas di benak kalian ketika ingin melakukan promosi usaha? Salah satu media promosi yang masih populer adalah melalui brosur. Kertas berukuran kecil ini banyak diminati, karena ukurannya yang minimalis namun dapat membawa banyak informasi.

Umumnya, brosur dapat dibawa oleh semua orang secara gratis. Fungsi utama brosur adalah sebagai media informasi dan promosi. Oleh karena itu, informasi yang disampaikan harus jelas dan rinci. 

Brosur memiliki ciri-ciri hanya sekali cetak dalam satu kali tema promosi, sehingga ketika ada promo lain, maka akan berbeda lagi informasi dan desain brosurnya.

Selain brosur, media sejenis yang sering kita dengar adalah leaflet dan pamflet. Secara prinsip, ketiga media ini memiliki fungsi yang hampir sama, namun terdapat perbedaan pada bentuk maupun ukuran. Brosur biasanya kita kenal berupa kertas berbahan art paper dan berukuran A5 atau juga berukuran ⅓ folio, cenderung 1 sisi, sedangkan leaflet biasanya terbuat dari bahan yang sama dengan brosur namun leaflet ada yang tercetak 2 sisi dan dilipat tiga, kemudian pamflet lebih sederhana lagi informasinya layaknya poster tetapi bersifat seperti brosur yaitu kalian dapat membawanya karena dibagikan secara cuma-cuma.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Cara membuat brosur #1 Mendesain

Lantas bagaimana cara membuat brosur? Peran desain brosur sangat penting karena akan menentukan apakah brosur kalian akan diminati audiens atau tidak. Sebelum audiens membaca isi brosur, hal pertama yang terlintas adalah desainnya. Penting bagi kalian agar memperhatikan penggunaan warna yang sesuai dengan tema dan tetap terlihat modern. Di bawah ini adalah contoh penggunaan kombinasi warna yang dapat diadopsi untuk desain brosur. 

Desain brosur, Gambar oleh 99 Design

Penentuan penggunaan warna ini juga harus disertai dengan penentuan tema apakah yang menjadi isi dan materi brosur. Mari kita ambil contoh brosur suatu perusahaan marketing untuk menginformasikan jasa mereka. Pahami segmen audiens perusahaan tersebut, jika sudah menemukan kunci ini maka kalian akan lebih mudah untuk mengarahkan akan seperti apa style desainnya. Kita bisa menggunakan kertas berukuran A5 dan dengan gaya desain bentuk geometris yang terkesan modern dan tegas seperti contoh di bawah ini. 

Contoh Brosur, Gambar oleh Freepik

Bagian headline adalah judul yang mana adalah bagian yang paling ditonjolkan untuk menarik audiens agar mau melihat dan membaca lebih jauh lagi. Kemudian semua informasi yang dibutuhkan dapat dijabarkan pada bagian belakang secara rinci, karena brosur ini akan dibawa maka jangan khawatir apabila audiens tidak selesai membaca, selama masih ada di tangan mereka maka akan ada kesempatan untuk dibaca ulang.

Cara membuat brosur #2 Mencetak

Setelah desain sudah final, selanjutnya mempersiapkan file untuk keperluan cetak. Jangan lupa untuk selalu mengubah format warna ke dalam CMYK sebagai syarat masuk ke percetakan. Format file dapat berupa JPG (high resolution) atau juga berupa PDF, jika kalian menyerahkan file mentah seperti .cdr atau .ai akan dikhawatirkan terjadi missing font dan berpotensi menimbulkan salah cetak, tentunya ini akan sangat merugikan apabila brosur sudah tercetak sekian banyaknya. 

Ada dua pilihan untuk mencetak media promosi berbahan kertas, yaitu menggunakan mesin offset atau mesin print digital dan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Mesin offset, Gambar oleh Comart Associates

Kelebihan mesin offset adalah kualitas warna yang dihasilkan sangat bagus dan lebih tahan lama dan harga yang jauh lebih murah, tetapi memiliki kekurangan yaitu tidak bisa menerima cetak satuan atau dengan jumlah yang sedikit, mesin offset cocok untuk percetakan dengan jumlah lebih dari 500 lembar. 

Mesin digital printing, Gambar oleh Tokopedia

Kelebihan mesin cetak digital ialah kalian bisa mencetak satuan atau berapapun yang kalian inginkan. Cocok untuk mencetak poster dengan jumlah yang sedikit. Namun kekurangannya adalah area print terbatas yaitu berukuran A3+ (31×48 cm). Di samping itu akan lebih mahal jika dihitung akumulasi perbandingan dengan mesin offset.

Hal selanjutnya yang harus kalian pikirkan setelah brosur tercetak adalah ke mana kalian akan membawanya? Tempat yang ideal untuk menyebarkan brosur adalah di area keramaian seperti pasar malam dan car free day. Atau bisa juga ditempel di pagar-pagar rumah dan diletakkan pada laci kendaraan bermotor. Intinya sama saja yaitu agar brosur sampai ke tangan audiens. Jadi untuk kalian yang sedang melakukan kegiatan promosi, jangan lupa perhatikan hal-hal diatas, selamat berkarya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Membuat Brosur, Leaflet dan Pamflet

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]