1. Pengetahuan Umum

Contoh Kata Pengantar Makalah/Laporan & Cara Membuatnya

Menulis kata pengantar seringkali menjadi sebuah tantangan besar bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam merangkai kata. Padahal dalam berbagai momentum kehidupan, kita seringkali dipertemukan dengan kondisi dan keadaan dimana kita dituntut untuk bisa membuat kata pengantar.

Pada saat masih berada di bangku sekolah misalnya, beberapa tugas makalah yang diberikan guru menuntut kita harus melengkapinya dengan halaman kata pengantar, ditambah lagi ketika duduk dibangku perkuliahan, hampir semua tugas pembuatan makalah, jurnal, penulisan laporan hasil penelitian, bahkan skripsi yang menjadi syarat kelulusan seseorang menuntut kita untuk dapat membuat kata pengantar.

Jadi, sebenarnya apa itu kata pengantar?

Sederhananya, kata pengantar dapat diartikan sebagai rangkaian kalimat yang disampaikan penulis (dalam berbagai jenis dokumen), untuk mengutarakan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Tuhan dan pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan tulisan atau dokumen tersebut, sehingga setelah melalui berbagai proses, dokumen tersebut dapat terselesaikan dengan baik.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Selain itu, kata pengantar juga dijadikan pihak penulis sebagai media perantara untuk mengucapkan selamat datang dan memperkenalkan kepada pembaca siapa-siapa saja yang turut serta memiliki andil dalam membantu penulis menyelesaikan dokumen yang hendak dibaca oleh pembaca tersebut.

Tidak mesti selalu tentang rangkaian kata yang indah, berikut hal yang harus kamu perhatikan dalam menulis kata pengantar:

#1 Mengidentifikasi Tujuan Penulisan Kata Pengantar

Mengidentifikasi dalam hal ini ialah memahami betul untuk tujuan apa kata pengantar tersebut dibuat. Mengingat banyaknya jenis tulisan atau dokumen yang harus diawali dengan penulisan kata pengantar, maka untuk setiap kata pengantar harus diperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan informasi yang harus ada didalamnya.

#2 Menyesuaikan Penulisan dengan Tujuan Kata Pengantar

Setelah mengetahui tujuan dari dibuatnya kata pengantar, berikutnya anda diminta untuk menyesuaikan informasi apa saja yang harus ada dalam kata pengantar agar sesuai dengan tujuan dari kata pengantar. Jika kata pengantar ditujukan untuk menyampaikan proposal pada suatu lembaga/instansi pemerintahan, maka kata pengantar yang akan dibuat harus menyesuaikan dengan tujuan tersebut, nama instansi atau pihak yang dituju dari kata pengantar harus tertera dengan jelas di dalamnya.

Namun, jika kata pengantar ditujukan sebagai kelengkapan tugas perkuliahan, maka yang harus ada di dalamnya ialah untuk apa tugas dibuat, kepada siapa tugas tersebut akan diserahkan, bagaimana proses pembuatan tugas sehingga dapat terselesaikan dengan baik, dan terakhir jangan lupa untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih anda sebagai penulis di dalamnya.

#3 Menyusun Kata Pengantar

Setelah memahami tujuan dan mengetahui kebutuhan informasi yang harus tertera dalam kata pengantar, buatlah prioritas informasi (agar kata pengantar tidak terlalu padat info namun tujuannya tetap jelas tersampaikan), setelah itu susunlah kata pengantar yang anda butuhkan sesuai dengan kerangka yang telah anda pikirkan pada 2 tahap sebelumnya.

Susun kata pengantar dengan kalimat yang singkat, padat, dan mudah dipahami oleh orang lain. Jika terdapat penulisan nama atau gelar seseorang di dalam kata pengantar, kamu perlu menuliskannya dengan sangat berhati-hati.

Berikut beberapa contoh kata pengantar yang dapat anda jadikan acuan dalam menulis kata pengantar.

  • Kata Pengantar untuk Makalah
Menulis kata pengantar seringkali menjadi sebuah tantangan besar bagi mereka yang memiliki kesulitan dalam merangkai kata. Padahal dalam berbagai momentum kehidupan, kita seringkali dipertemukan dengan kondisi dan keadaan dimana kita dituntut untuk bisa membuat kata pengantar. Pada saat masih berada di bangku sekolah misalnya, beberapa tugas makalah yang diberikan guru menuntut kita harus melengkapinya dengan halaman kata pengantar, ditambah lagi ketika duduk dibangku perkuliahan, hampir semua tugas pembuatan makalah, jurnal, penulisan laporan hasil penelitian, bahkan skripsi yang menjadi syarat kelulusan seseorang menuntut kita untuk dapat membuat kata pengantar.Jadi, sebenarnya apa itu kata pengantar?Sederhananya, kata pengantar dapat diartikan sebagai rangkaian kalimat yang disampaikan penulis (dalam berbagai jenis dokumen), untuk mengutarakan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Tuhan dan pihak-pihak yang terlibat dalam pembuatan tulisan atau dokumen tersebut, sehingga setelah melalui berbagai proses, dokumen tersebut dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, kata pengantar juga dijadikan pihak penulis sebagai media perantara untuk mengucapkan selamat datang dan memperkenalkan kepada pembaca siapa-siapa saja yang turut serta memiliki andil dalam membantu penulis menyelesaikan dokumen yang hendak dibaca oleh pembaca tersebut.Tidak mesti selalu tentang rangkaian kata yang indah, berikut hal yang harus kamu perhatikan dalam menulis kata pengantar:#1 Mengidentifikasi Tujuan Penulisan Kata Pengantar
Mengidentifikasi dalam hal ini ialah memahami betul untuk tujuan apa kata pengantar tersebut dibuat. Mengingat banyaknya jenis tulisan atau dokumen yang harus diawali dengan penulisan kata pengantar, maka untuk setiap kata pengantar harus diperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan informasi yang harus ada didalamnya.#2 Menyesuaikan Penulisan dengan Tujuan Kata Pengantar
Setelah mengetahui tujuan dari dibuatnya kata pengantar, berikutnya anda diminta untuk menyesuaikan informasi apa saja yang harus ada dalam kata pengantar agar sesuai dengan tujuan dari kata pengantar. Jika kata pengantar ditujukan untuk menyampaikan proposal pada suatu lembaga/instansi pemerintahan, maka kata pengantar yang akan dibuat harus menyesuaikan dengan tujuan tersebut, nama instansi atau pihak yang dituju dari kata pengantar harus tertera dengan jelas di dalamnya. Namun, jika kata pengantar ditujukan sebagai kelengkapan tugas perkuliahan, maka yang harus ada di dalamnya ialah untuk apa tugas dibuat, kepada siapa tugas tersebut akan diserahkan, bagaimana proses pembuatan tugas sehingga dapat terselesaikan dengan baik, dan terakhir jangan lupa untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih anda sebagai penulis di dalamnya.#3 Menyusun Kata Pengantar
Setelah memahami tujuan dan mengetahui kebutuhan informasi yang harus tertera dalam kata pengantar, buatlah prioritas informasi (agar kata pengantar tidak terlalu padat info namun tujuannya tetap jelas tersampaikan), setelah itu susunlah kata pengantar yang anda butuhkan sesuai dengan kerangka yang telah anda pikirkan pada 2 tahap sebelumnya. Susun kata pengantar dengan kalimat yang singkat, padat, dan mudah dipahami oleh orang lain. Jika terdapat penulisan nama atau gelar seseorang di dalam kata pengantar, kamu perlu menuliskannya dengan sangat berhati-hati.Berikut beberapa contoh kata pengantar yang dapat anda jadikan acuan dalam menulis kata pengantar.Kata Pengantar untuk MakalahKata Pengantar untuk Laporan Hasil Penelitian (Skripsi)Bagaimana, mudah bukan membuat kata pengantar? Ingat, bukan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi kemampuan nomor satu yang diperlukan untuk dapat membuat kata pengantar, #tips dari Studio Literasi, dalam membuat kata pengantar, kenalilah tujuan untuk apa kata pengantar dibuat, setelahnya identifikasi lebih dalam kebutuhan informasi apa saja yang harus ada di dalamnya untuk dapat memenuhi penulisan kata pengantar yang sesuai dengan tujuan anda, selamat mencoba membuat kata pengantar!
  • Kata Pengantar untuk Laporan Hasil Penelitian (Skripsi)
Contoh Kata Pengantar pada Membuat Kata Pengantar
Contoh Kata Pengantar pada Membuat Kata Pengantar
Contoh Kata Pengantar pada Membuat Kata Pengantar

Bagaimana, mudah bukan membuat kata pengantar? Ingat, bukan keahlian dalam merangkai kata yang menjadi kemampuan nomor satu yang diperlukan untuk dapat membuat kata pengantar, #tips dari Studio Literasi, dalam membuat kata pengantar, kenalilah tujuan untuk apa kata pengantar dibuat, setelahnya identifikasi lebih dalam kebutuhan informasi apa saja yang harus ada di dalamnya untuk dapat memenuhi penulisan kata pengantar yang sesuai dengan tujuan anda, selamat mencoba membuat kata pengantar!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Kata Pengantar Makalah/Laporan & Cara Membuatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]