1. Pengetahuan Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar & Cara Membuatnya

Lapangan Pekerjaan hari-hari ini menjadi satu hal yang banyak diperbincangkan sebagai hal yang sulit untuk diraih. Berbagai cara dilakukan, berbagai jalur ditempuh untuk dapat memperoleh lapangan pekerjaan yang sesuai dengan berbagai harapan pencarinya. Tidak baru dipikirkan setelah lulus menempuh satu jenjang studi di ranah perkuliahan, hal ini bahkan telah diupayakan banyak orang tua, sebelum anaknya menempuh studi di jenjang perkuliahan. Berharap, dengan memilih program dan wadah pendidikan yang tepat akan mempermudah anak dalam memperoleh lapangan pekerjaan di kemudian hari.

Begitu pentingnya memperoleh lapangan kerja, sehingga membuat banyak orang mempersiapkan dirinya dari jauh-jauh hari. Namun, tahukah anda, apa yang juga perlu anda perhatikan saat anda sedang berfokus dalam mencari pekerjaan? Jawabannya, Surat Lamaran Kerja! Karena, lembaran “lamaran kerja” tersebutlah yang membantu anda menyampaikan apa saja yang telah berhasil anda raih sebelum akhirnya anda menyatakan siap untuk terjun dalam dunia kerja.

Lalu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang dapat membawa anda memenangkan satu lapangan pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan yang anda inginkan? Caranya, anda bisa menuliskan surat lamaran kerja anda dalam balutan informasi yang persuasif dan informatif, contohnya seperti yang ada dalam surat lamaran kerja dibawah ini:

Isi surat pertama
contoh surat lamaran kerja 1

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Informatif dan Persuasif:

#1 Tetap perhatikan kaidah penulisannya sebagai sebuah surat

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

perbedaan hard and soft skill

Pertama, tetap perhatikan kaidah penulisan surat lamaran kerja anda sebagai sebuah surat. Surat yang baik harus dituliskan atau dibuka dengan bahasa dan penulisan yang formal, seperti adanya tanggal, perihal surat, dan kepada siapa surat tersebut ditujukan.

#2 Nyatakan tujuan anda dalam paragraf pembuka

English Surat Lamaran Marketing

Masuk pada paragraf pertama, nyatakan tujuan anda dalam menulis surat dengan bahasa dan tujuan yang jelas, tegas, dan tidak bertele-tele! Jelaskan posisi yang anda inginkan dan sampaikan bahwa posisi yang anda inginkan tersebut didukung penuh dengan passion dan latar belakang pendidikan anda, sehingga anda akan dianggap lebih kredibel untuk menangani posisi tersebut kelak!

#3 Perkenalkan diri anda

penutup surat

Perkenalkan diri anda dalam informasi yang lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan! Dapat dilakukan dengan data singkat yang menjelaskan nama, alamat, TTL, pendidikan terakhir, juga nomor telepon yang dapat mempermudah HRD tempat anda melamar pekerjaan untuk bisa menghubungi anda.

#4 Selain data diri, jelaskan siapa anda dan apa kemampuan yang anda miliki

isi dan data diri surat
contoh surat lamaran kerja
contoh surat lamaran kerja administrasi

Pada tahap ini, anda diminta untuk mulai memaparkan informasi yang informatif dan persuasif tentang siapa diri anda, apa latar pendidikan anda, apa status dan kesibukan anda sekarang, paling penting; apa prestasi dan kemampuan yang anda miliki yang dapat menunjang keberhasilan perusahaan jika posisi yang anda lamar kelak membuat perusahaan lebih mudah dalam mencapai targetnya, cantumkan juga informasi pendukung prestasi dan kemampuan anda tersebut ya!

#5 Nyatakan harapanmu sebagai penutup surat lamaran kerjamu

struktur contoh surat lamaran kerja

Bagian akhir dari ditulisnya surat lamaran kerja anda ini merupakan bagian dimana anda dituntut untuk bisa meramu kalimat yang menyatakan harapan anda terhadap posisi kerja yang anda lamar, namun tetap dengan bahasa yang santun dan formal. Jangan lupa sertakan nama lengkap anda sebagai penulisnya ya!

#tips:

Tulis surat lamaran kerjamu dengan data diri yang lengkap, dapat dipertanggungjawabkan, informatif, persuasif, namun tetap dengan bahasa yang santun!

Bagaimana, sudah mulai mendapatkan gambaran yang lebih baik dalam menulis surat lamaran kerja? Semoga informasi diatas dapat membantumu dalam menyusun surat lamaran kerja yang kamu harapkan ya! Selamat membuat surat lamaran kerja yang informatif dan persuasif, lalu ijinkan surat lamaran kerjamu mengantarkanmu pada posisi kerja yang paling kamu inginkan. Goodluck!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar & Cara Membuatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]