1. Pengetahuan Umum

Ini Dia Cara Membuat Website Sendiri untuk Pemula!

Apakah anda tahu, menurut APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pengguna internet di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 171 juta jiwa atau sekitar 64,8% dari seluruh penduduk di negara ini. Hal ini menjadikan hampir segala lini kehidupan masyarakat terhubung dengan internet. Melihat fakta ini tidak mengherankan banyak orang berlomba untuk membuat website dengan berbagai tujuan baik untuk kebutuhan personal, profil perusahaan sampai dengan website untuk tujuan komersil (jual-beli). 

Mengapa website begitu sangat diperlukan, hingga banyak orang berlomba untuk membuat website mereka sendiri? Tentu, jika melihat jumlah pengguna sangat fantastis ditambah setiap tahun terus mengalami peningkatan, website menjadi salah satu alat paling efektif untuk menampilkan eksistensi di dunia maya. Dengan adanya website anda dapat menampilkan apapun dan dengan tujuan apapun.

Biaya yang relatif rendah (bahkan sampai gratis) dengan potensi penyampaian informasi yang begitu luasnya website menjadi hal yang wajib untuk dimiliki bagi beberapa orang. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba mempelajari cara membuat website sendiri?

Pahami Kebutuhan Anda

Hal yang terpenting dalam cara membuat website adalah memahami kebutuhan, memahami kebutuhan seperti ini sangatlah penting dilakukan di awal, tujuannya adalah agar website yang dibuat nanti sesuai dengan kebutuhan.beberapa pertanyaan seperti ini akan membantu dalam menguraikan kebutuhan :

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Tujuan membuat Website

Di awal penting untuk mengetahui tujuan anda membuat website, tujuan ini nantinya akan menentukan langkah-langkah yang akan diambil setelahnya. 

Jenis Website

Hal penting lainnya adalah mengetahui jenis-jenis website yang umum digunakan. Berdasarkan fungsinya website dapat dibagi menjadi:

  1. Website personal, biasa digunakan untuk personal branding untuk mengulas profil, skill dan pengalaman diri sehingga dapat menjadi wadah untuk mempromosikan diri
  2. Website Ecommerce, jenis website ini berfungsi sebagai toko online, anda bisa melakukan aktivitas menjual barang disini
  3. Website Blog, bagi anda yang suka menulis dan ingin menyalurkan hobi anda untuk menulis tidak ada salahnya membuat website blog. Website blog ini dapat berisi artikel, berita maupun tutorial
  4. Website Company Profile, rasanya saat ini hampir setiap perusahaan wajib memiliki website ini, tujuannya tidak lain untuk memperkenalkan profil perusahaan tersebut. Dengan harapan dapat  meningkatkan kredibilitas hingga mendapatkan minat dari calon customer
  5. Website forum, website ini memungkinkan adanya interaksi secara langsung dan tidak langsung antar penggunanya
  6. Website Portal Berita, seperti layaknya media cetak situs ini berisi berita-berita terbaru
  7. Pemilihan Platform 

Setelah anda mengetahui jenis website apa yg ingin anda buat, sebaiknya anda mengetahui jenis platform apa yang sesuai dengan kebutuhan kebutuhan anda. Pemilihan platform akan menentukan tingkat kesulitan cara membuat website anda yang nantinya. 

Saat ini terdapat cukup banyak platform yang tersedia, dari mulai yang gratis hingga berbayar, dari yang mudah hingga cukup rumit. Bagi anda yang pertama kali membuat website, kami menyarankan untuk menggunakan platform CMS WordPress, mengapa?

Distribution of Website, Gambar oleh Hosting Tribunal Com

 Banyak sekali alasan mengapa kami menyarankan anda menggunakan wordpress untuk membuat website sendiri, antara lain:

  1. Platform website paling banyak digunakan sejak tahun 2013 sampai saat ini
  2. Kemudahan penggunaan meski untuk orang yang tidak jago IT
  3. Dukungan plugin atau add-on website yang sangat banyak
  4. Pembaharuan terus-menerus mengikuti perkembangan tekonologi terbaru

Cara Membuat Website 

Apakah anda ingin membuat website anda langsung online?

Tentu anda sudah tidak sabar untuk mempelajari cara membuat website sendiri bukan? 

Pilih Provider Hosting

hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membeli Domain & Hosting pada penyedia provider. Domain adalah alamat website anda, dengan adanya domain akan membantu pengunjung untuk mengingat alamat website anda dengan mudah. Sedangkan hosting bisa disebut dengan server adalah tempat dimana website anda akan diletakkan. Jika anda ingin mempelajari lebih dalam tentang domain dan hosting anda dapat mengunjungi “Apa itu domain dan hosting? Bagaimana cara memilih provider Hosting yang terbaik?”

Instalasi WordPress

  • Setelah anda sudah memiliki Hosting dan Domain yang telah anda beli pada provider selanjutnya anda dapat masuk ke control panel hosting.
  • Setelah anda berhasil login, arahkan pada menu “Softaculous Apps Installer” lalu cari dan pilih logo “WordPress”. Dan anda akan dipandu untuk melakukan langkah-langkah instalasi wordpress
  • Setelah selesai selanjutnya anda dapat masuk ke halaman dasbor wordpress dengan mengklik ikon admin. Dari bagian dasbor admin inilah anda dapat menyesuaikan situs wordpress anda.
  • Selamat! website anda sudah jadi dan anda dapat melakukan penyesuaian sesuai dengan keinginan anda.

Mengembangkan Website

Bagaimana agar website kita terlihat keren? 

Ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan, pada bagian terakhir artikel kali ini kami akan membagikan tips bagaimana agar website kita tampil keren layaknya buatan profesional

  1. Pahami cara wordpress bekerja
    Anda perlu mengeksplorasi dan mempelajari bagaimana cara wordpress bekerja, meski wordpress menjadi platform paling mudah digunakan sekalipun, anda tetap harus mencoba dan mempelajari bagaimana cara content management system ini bekerja dengan begitu bisa mengetahui cara melakukan penyesuaian pada situs anda
  2. Buat Rancangan Desain Website
    Selanjutnya anda dapat membuat rancangan desain web, seperti layaknya ingin membangun rumah, jika ingin rumah yang dibangun sesuai harapan maka kita perlu membuat desain rumahnya terlebih dahulu. Rancangan desain ini yang dapat membantu menjadi panduan bagian-bagian mana saja yang perlu disesuaikan
  3. Gunakan Tema WordPress
    Untuk mempermudah mengaplikasikan desain yang anda buat, tidak ada salahnya anda mencari tema yang “kira-kira” sesuai dengan konsep desain anda. Terdapat banyak sekali tema wordpress di internet mulai dari yang gratis sampai dengan berbayar.
  4. Konten adalah Ratu
    Jika desain adalah Raja, maka konten adalah Ratu!
    Anda perlu memikirkan juga website anda akan diisi dengan apa. Konten ini sangat mempengaruhi kunjungan di website anda. Jika anda ingin dapat menyajikan konten yang bagus di laman website anda anda dapat mempelajari tentang content writing atau jika tidak sempat anda dapat menggunakan jasa copywriting seperti pada cmlabs untuk dapat menghasilkan konten website yang baik

Setelah mempelajari cara membuat website pada artikel ini apakah sekarang anda siap untuk membuat website sendiri?
Tentu membuat website sebenarnya bukan hal yang mudah, terutama untuk orang yang pertama kali mencoba. Tetapi tenang saja saat ini banyak sekali komunitas maupun penyedia jasa yang siap membantu menyelesaikan permasalahan yang akan anda hadapi dalam membuat website, tetapi tidak ada salahnya bukan anda mencoba cara membuat website sendiri dulu?

Baca Juga : Cara Menggunakan Google Translate

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ini Dia Cara Membuat Website Sendiri untuk Pemula!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]