1. Kelas 12 Geografi
  2. Pengetahuan Umum

Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemendikbud dan Provider

Seiring dengan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi COVID-19, Kemendikbud mencanangkan kebijakan pemberian bantuan kuota data internet untuk peserta didik dan guru mulai dari jenjang PAUD hingga kuliah. Selain dari Kemendikbud, beberapa provider juga menyediakan paket data kuota belajar dengan harga terjangkau. Bagaimana cara menggunakan kuota belajar Kemendikbud dan provider, temukan ulasan selengkapnya disini.

Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemendikbud

Bantuan paket kuota data internet dari Kemendikbud pertama kali diberikan pada bulan September 2020. Program ini menyasar siswa, mahasiswa, guru, dan dosen untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran daring semasa pandemi COVID-19.

Dalam pelaksanaannya, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menyalurkan dana kepada operator seluler untuk kemudian mengirimkan kuota data internet pada setiap target penerima. Dengan demikian, bagaimana cara menggunakan kuota belajar Kemendikbud sejatinya telah diakomodasi oleh berbagai operator.

Aplikasi yang Bisa Diakses

Bagaimana cara menggunakan kuota belajar untuk akses ke aplikasi atau situs selain khusus pembelajaran? Bantuan data internet dari Kemendikbud merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk akses seluruh website dan aplikasi, kecuali yang telah ditentukan oleh Kemenkominfo. Kamu bisa cek laman dan aplikasi yang tidak dapat diakses menggunakan bantuan kuota ini dalam situs resmi Kemendikbud: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Masa Berlaku

Bantuan kuota belajar Kemendikbud disalurkan antara tanggal 11 – 15 pada setiap bulannya dan berlaku selama 30 hari terhitung sejak diterima oleh nomor siswa atau guru yang tercatat. Bagi target penerima bantuan yang belum pernah menerima kuota atau terjadi perubahan nomor telepon, kamu bisa melapor melalui sistem pada instansi pendidikan masing-masing untuk menerima kuota pada bulan berikutnya.

Berapa Besar Kuota yang Diberikan?

Semenjak awal pemberian bantuan hingga bulan Mei 2021, aturan dan besaran kuota telah cukup banyak mengalami perubahan. Berikut merupakan besaran kuota belajar pada Maret – Mei 2021 yang terdiri dari 4 kategori penerima, yaitu:

  1. Murid jenjang PAUD berhak mendapatkan 7 GB / bulan
  2. Murid jenjang sekolah dasar dan menengah berhak mendapatkan 10 GB / bulan
  3. Guru jenjang PAUD, sekolah dasar dan menengah berhak mendapatkan 12 GB / bulan
  4. Dosen dan Mahasiswa berhak mendapatkan 15 GB / bulan

Cara Menggunakan Kuota Belajar Telkomsel

cara menggunakan kuota belajar telkomsel
(sumber: Unsplash)

Sejak 8 September 2020, Telkomsel ini telah mulai menyediakan paket kuota belajar yang dapat dibeli dengan harga sangat terjangkau untuk mengakses aplikasi yang tergabung dalam ilmupedia dan konferensi. Paket yang tersedia beragam semisal 10 GB dengan dibandrol harga 10 rupiah.

Aplikasi yang Bisa Diakses

Bagaimana cara menggunakan kuota belajar Telkomsel untuk akses ke aplikasi atau situs umum? Paket kuota belajar Telkomsel hanya dapat digunakan untuk aplikasi pembelajaran online serta berbagai portal e-learning sekolah yang tergabung dalam ilmupedia. Selain itu, kamu juga mengakses aplikasi konferensi dan chat. Cek info aplikasi selengkapnya disini.

Masa Berlaku

Sebagai informasi, aturan cara menggunakan kuota belajar Telkomsel berbeda dengan bantuan dari Kemendikbud. Seluruh pelanggan Telkomsel baik siswa atau bukan dapat membeli paket data ini. Kamu bisa mengaktifkan paket ini selama 5 kali pada masa berlakunya. Semisal apabila membeli paket dengan masa berlaku 7 hari, maka kamu dapat mengulangi pembelian sebanyak 5 kali dalam jangka waktu 7 hari tersebut.

Cara Aktivasi

Bagaimana cara menggunakan kuota belajar Telkomsel dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu kode dial / call dan aplikasi.

Kode Dial / Call

  1. Buka menu panggilan atau dial
  2. Tekan *363*844#
  3. Pilih “1”
  4. Paket 10 GB Kuota Belajar Rp 10.
  5. Pilih “1. Beli”’
  6. Konfirmasi pembelian

Aplikasi MyTelkomsel

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel
  2. Klik menu “Belanja”
  3. Klik menu “Internet”
  4. Klik kategori “Pendidikan”
  5. Klik “Kuota Belajar Rp10”
  6. Konfirmasi pembelian

Cara Menggunakan Kuota Belajar XL

cara menggunakan kuota belajar xl
(sumber: Pixabay)

XL juga merupakan salah satu provider yang mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan menyediakan dua jenis paket kuota edukasi, yaitu kartu perdana sekolah dan bonus kuota belajar XL. Provider ini memberikan gratis tambahan kuota bagi target penerima bantuan kuota dari Kemendikbud dengan nomor XL.

Aplikasi yang Bisa Diakses

Bagaimana cara menggunakan kuota belajar XL untuk akses ke aplikasi atau situs umum? Bantuan data internet XL tipe kuota kartu perdana sekolah hanya dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi chat, portal pendidikan, pembelajaran online serta konferensi. Sedangkan pada paket bonus kuota belajar XL, pelanggan mendapatkan sejumlah kuota umum untuk akses semua situs atau aplikasi.

Masa Berlaku

Berdasarkan aturan cara menggunakan kuota belajar XL, paket kuota kartu perdana sekolah berlaku selama 45 hari. Sementara itu, masa berlaku bonus kuota belajar XL menyesuaikan dengan ketentuan bantuan Kemendikbud.

Cara Aktivasi

Nomor pelanggan XL yang telah terdaftar dalam program bantuan kuota dari Kemendikbud bisa langsung mengaktifkan bonus kuota belajar XL melalui aplikasi myXL atau dengan dial *123#. Selambat-lambatnya, dalam 5 hari, pelanggan akan menerima SMS pemberitahuan bahwa paket tersebut telah aktif.

Cara Menggunakan Kuota Belajar Tri

Pelanggan Tri tidak perlu khawatir. Pasalnya, selain mengakomodasi bantuan dana dari Kemendikbud, provider ini juga menawarkan kuota data internet gratis senilai total 30 GB untuk siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Aplikasi yang Bisa Diakses

Bagaimana cara menggunakan kuota belajar Tri untuk akses ke aplikasi atau situs umum? Paket bantuan belajar Tri terdiri dari kuota sebanyak 10 GB untuk akses semua jenis aplikasi serta 20 GB untuk akses aplikasi pembelajaran dan konferensi, seperti Edmodo, Zenius, Ruangguru, dan Google Classroom.

Masa Berlaku

Masa berlaku paket data kuota 20 GB dari Tri adalah 30 hari. Kuota ini diberikan secara gratis dan otomatis bersamaan dengan bantuan dari Kemendikbud pada nomor yang telah terdaftar. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu mencari cara menggunakan kuota belajar Tri secara manual.

Cara Menggunakan Kuota Belajar Indosat

Sebagai salah satu provider populer, Indosat juga memberikan penawaran paket kuota data internet untuk memaksimalkan pembelajaran online dengan harga terjangkau. Paket pintar IMClass ini merupakan salah satu alternatif hebat untuk teman-teman dari segi harga, kuota, dan masa berlakunya.

Aplikasi yang Bisa Diakses

Dengan paket IMClass, pelanggan dapat mengakses aplikasi belajar seperti Quipper, Ruangguru, Zenius, Ruang Belajar, dan Sekolahmu. Selain itu, kamu juga bisa mengakses portal pendidikan di berbagai institusi pendidikan Indonesia.

Masa Berlaku

Paket pintar IMClass dibanderol dengan harga 5000 rupiah dengan isi kuota sebanyak 30 GB. Seluruh data tersebut hanya dapat digunakan untuk mengakses aplikasi pendidikan yang telah ditentukan dan berlaku selama 30 hari.

Cara Aktivasi

  1. Buka aplikasi My IM3
  2. Masuk dengan nomor Indosat
  3. Klik menu paket pintar IMClass 30 GB seharga 5000 rupiah
  4. Beli
  5. Konfirmasi pembelian
(sumber: Pexels)

Demikian ulasan bagaimana cara menggunakan kuota belajar Kemendikbud dan beberapa provider. Paket bantuan kuota data dari Kemendikbud dicanangkan secara periodik, namun belum tentu selalu ada. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba berbagai alternatif paket kuota belajar sesuai provider untuk mengoptimalkan proses pembelajaran daring.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Menggunakan Kuota Belajar Kemendikbud dan Provider

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]