1. Uncategorized

7 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Perlu Kalian Tahu!

Halo, kawan literasi. Lama kita tidak membahas seputar tips-tips seru. Siapa nih di antara kalian yang kurang optimal mengerjakan soal matematika maupun pelajaran lain karena sering lupa? Duh, dikit-dikit lupa hafalin rumusnya. Bikin kalian semakin pusing, nggak sih? Tapi, tenang saja karena pada pembahasan kali ini, kita akan bahas bagaimana cara meningkatkan daya ingat secara efektif.

Asal kalian tahu, kemampuan memory sangat dibutuhkan oleh semua orang, terutama pada kelompok umur produktif seperti siswa sekolah seperti kalian. Yuk, simak penjelasan di bawah ini, supaya daya ingat kalian semakin meroket!

Perbanyak Asupan Nutrisi Seimbang

Perbanyak Asupan Nutrisi Seimbang
Perbanyak Asupan Nutrisi Seimbang

“We are what we eat” Kutipan klise ini ada benarnya juga. Kita tumbuh, berpikir dan melakukan sesuatu berdasarkan energi yang berada di di dalam tubuh. Namun, tak sedikit yang mengabaikan kebutuhan nutrisi tubuh. Pola makan yang tidak sehat, terlalu banyak konsumsi makanan berlemak, maupun minimnya serat yang masuk ke dalam tubuh..

Jangan remehkan asupan nutrisi untuk tubuh kalian ya, guys! Pasalnya kinerja otak juga memerlukan nutrisi yang sehat dan seimbang. Bisa jadi, kalian sering lupa karena kurang asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga:8 Tips Belajar Matematika Secara Efektif dan Menyenangkan 

Istirahat yang Cukup

Terbukti istirahat yang cukup mampu mengembalikan stamina tubuh. Begitupun dengan kinerja otak. Dengan istirahat yang cukup, kita dapat meningkatkan daya ingat kita menjadi lebih jernih. Seseorang yang terlalu lama memforsir kemampuannya, maka produktivitas kerja atau belajar akan mengalami penurunan.

Kalian tidak ingin seperti itu,kan? Yuk, mulai sekarang atur waktu untuk belajar dan beristirahat ya. Ngomong-ngomong, istirahat tidak hanya tidur ya, namun ketika kondisi badan rileks dan tidak ada distraksi untuk beristirahat juga bisa disebut istirahat.. 

Lakukan Senam Otak

Lakukan Senam Otak
Lakukan Senam Otak

Nah, siapa yang sering mendengar bahwa cara meningkatkan daya ingat adalah dengan melakukan senam otak. Yap, kalian tidak salah dengar. Senam otak di sini artinya melatih otak supaya bisa lebih segar dan fokus kembali.

Lalu, bagaimana caranya? Beberapa senam otak yang bisa  meningkatkan daya ingat antara lain positive points, cross crawl, brain buttons, dan neck circles. Oke, sebagai contohnya ketika kalian melakukan positive point. Caranya cukup mudah yakni dengan tekan titik di atas mata kanan dan kiri, alias tepat di tengah himpitan alis.

Sentuh titik tersebut dengan lembut menggunakan jari kalian sambil tutup mata. Kemudian, tarik nafas secara perlahan dan pikirkan hal-hal yang mengganggu kalian sehingga membuat kalian susah untuk mengingat. Lakukan selama 10 menit dan ulangan tiga kali. 

Seringlah Bermeditasi

Selanjutnya kalian bisa melakukan meditasi secara rutin. Bermeditasi membantu kalian memusatkan perhatian dan fokus dengan baik,lho. Meditasi ini juga bisa menghilangkan pikiran yang tidak negatif yang bisa menurunkan ketajaman daya ingat. 

Selain itu, meditasi membuat tubuh menjadi lebih rileks dan membuat stress berkurang. Pasalnya, aktivitas ini mampu meningkatkan materi kelabu menjadi lebih optimal. Sel-sel neuron yang terdapat dalam materi kelabu terbukti mengalami penurunan atau pengurangan ketika seseorang tersebut tidak memaksimalkan kemampuan kognisi dan memori dengan baik. 

Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga
Rutin Berolahraga

Kabar baik nih untuk kalian yang sering berolahraga. Melansir alodokter.com, ternyata olahraga mampu meningkatkan daya ingat, lho guys. Aktivitas ini mampu meningkatkan suplai darah ke otak, mendorong perkembangan sel saraf baru. Rutin olahraga akan membuat tubuh lebih mudah melepaskan hormon-hormon kimiawi yang berguna untuk kesehatan otak.

Baca Juga : Yuk, Kenali Jurusan Kuliah English Literature yang Potensial

Bersosialisasi

Kata siapa bersosialisasi hanya untuk menambah koneksi pertemanan saja? Manfaat bersosialisasi bersama teman dan orang lain adalah salah satu cara menyenangkan untuk meningkatkan daya ingat. Berkumpul dengan orang-orang positif dan frekuensi membantu kalian rehat sejenak dari kecemasan dan stress. 

Kecemasan, perasaan gelisah maupun stress berlebihan bisa menyebabkan turunnya daya ingat otak. Beberapa kasus lain seperti perasaan tidak percaya diri bisa teratasi juga dengan adanya sosialisasi bersama orang-orang positif.

Energi itu menular, pastikan kalian tertular oleh energi-energi yang baik seperti rasa aman, tenang, percaya diri dan gembira. Hal-hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan daya ingat kalian. 

Belajar Mengatur Hal-Hal Kecil

Terakhir, adalah belajar untuk mengatur hal-hal kecil. Hal-hal kecil ini sederhananya adalah belajar mengembalikan barang sesuai tempatnya, mengatur jadwal sesuai prioritas, dan menyusun jadwal setiap hari. 

Meskipun terlihat remeh, namun jangan sangka jika hal-hal keteraturan seperti di atas mampu membantu kinerja otak kalian lebih mudah menghapal. Dengan meletakkan barang sesuai tempat, membuat kalian tidak bingung dan kesusahan mencari barang tersebut. 

Menyusun jadwal prioritas membuat hidup kalian lebih teratur dan produktif. Siapa sih yang ingin tetap terlihat produktif namun daya ingat tetap prima? Yuk, coba cara ini sekarang juga!

Akhirnya, kita sudah sampai pada ujung pembahasan meningkatkan daya ingat dengan mudah dan efektif. Jangan ragu untuk melakukan tips-tips menarik di atas ya, kawan literasi. Karena tips tersebut akan sangat membantu kalian dalam menghafal rumus-rumus matematika dan pelajaran lainnya. 

Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Perlu Kalian Tahu!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]