1. Kelas 11 Biologi

Ketahui 8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Efektif

Kesehatan tubuh adalah salah satu hal krusial yang harus senantiasa kita perhatikan setiap waktu. Terserang penyakit karena lemahnya imunitas akan menghambat produktivitas seseorang. Padahal, para ahli telah memaparkan berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Mulai dari cara alami sampai cara-cara tertentu yang hanya dapat dilakukan dibawah pengawasan profesional.

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di tengah kondisi maraknya varian penyakit yang bermutasi? Apa saja cara meningkatkan daya tahan tubuh yang simpel dan tidak memerlukan banyak biaya? Buat Kawan Literasi yang penasaran, yuk kita bahas.

Faktor yang Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Sebelum beranjak pada pemaparan tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh, ada baiknya untuk selalu aware dengan faktor-faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh. 

1. Lingkungan Sekitar

Lingkungan Kurang Terjaga
Lingkungan Kurang Terjaga

Kondisi lingkungan sekitar yang kurang terjaga dapat mempengaruhi imunitas seseorang, terutama pada anak-anak. Lingkungan kumuh dengan sanitasi yang kurang baik alias tidak terjaga kebersihannya dapat memicu tumbuhnya beberapa mikroorganisme dan bakteri berbahaya. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan fisik seseorang. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

2. Diet atau Pola Makanan

You are what you eat.  Pernah mendengarkan ungkapan ini? Pola makan yang baik akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi tubuh. Tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjalankan fungsinya. Termasuk sistem imun tubuh.

Beberapa jenis nutrisi pada makanan yang berpengaruh pada kekebalan tubuh meliputi selenium, jenis mineral yang berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan infeksi, vitamin E yang mempunyai tingkat antioksidan tinggi, vitamin A yang juga berfungsi untuk antioksidan seluler, dan banyak lain. Semua zat ini dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan beberapa jenis daging.

3. Aktivitas Sehari-hari

Aktivitas sehari-sehari juga turut menjadi faktor yang mempengaruhi kekebalan tubuh. Orang-orang yang senantiasa disiplin berolahraga dan menerapkan healthy lifestyle tentu akan mempunyai imunitas yang jauh lebih baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit metabolik. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Bakat dan Cara Mengenalinya Secara Efektif.

4. Usia

Usia
Usia

Faktor keempat yang berpengaruh pada sistem imun tubuh tidak lain adalah usia seseorang. Di saat anak-anak, sel kekebalan tubuh belum berada pada aktivitas puncaknya, sementara ketika berada di usia senja, sel imunitas sudah mulai menurun fungsinya. Oleh karena itu, dalam beberapa kasus penyakit anak-anak dan orang lanjut usia lebih rentan untuk terjangkit dan membutuhkan perlindungan ekstra. 

5. Riwayat Penyakit yang Diderita

Sebelum mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh, penting untuk mengenali riwayat penyakit yang pernah atau tengah diderita. Seperti contohnya orang-orang yang memiliki penyakit kronis (penyakit menahun) dan autoimun akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih rentan. 

6. Konsumsi Obat

Meski memiliki fungsi untuk meredakan penyakit, beberapa jenis obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang justru dapat menurunkan sistem imun tubuh. Melansir dari farmasi.ugm.ac, ada beberapa golongan obat-obatan yang ternyata malah menurunkan sistem imunitas tubuh untuk mempertahankan proteksi, seperti obat jenis kortison, hidrokortison, dan kortikosteroid.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Terdapat berbagai cara untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Beberapa di antaranya sebagai berikut: 

1. Istirahat yang Cukup

Cara meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jasmani adalah dengan istirahat yang cukup.Melansir dari Journal of Experimental Medicine, tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan respon sel T yang memiliki tugas penting dalam imunitas tubuh. Waktu tidur yang ideal menurut para ahli bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam sehari. 

2. Aktif Bergerak atau Berolahraga

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang kedua yaitu dengan berolahraga. Luangkan waktu untuk tetap aktif berolahraga sekitar 150 menit seminggu agar kondisi tubuh senantiasa tetap prima.

3. Makan-Makanan yang Bernutrisi

Makanan yang Bergizi
Makanan yang Bergizi

Konsumsi makronutrien dan mikronutrien dalam jumlah yang tepat juga menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi makanan sehat akan menyebabkan pencernaan menjadi lancar. Dalam beberapa bagian, pencernaan yang sehat memiliki korelasi dengan imunitas tubuh yang baik. 

4. Tingkatkan Konsumsi Air Mineral

Air Mineral
Air Mineral

Kurangi minum-minuman yang kaya akan pemanis dan pengawet buatan dan perlahan mulai ubah kebiasaan untuk mengkonsumsi air putih. Seperti yang kita ketahui, air putih memiliki beberapa manfaat yang diperlukan bagi kesehatan tubuh.

5. Mengelola Stres

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang kelima adalah dengan pengelolaan stres yang baik. Kondisi stress dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Stres memang seringkali tidak dapat dihindari begitu saja, tetapi tetap dapat dikelola agar tidak bertambah ‘parah’.

6. Mengonsumsi Suplemen

Sebagai perlindungan ganda, suplemen tambahan juga menjadi pelengkap nutrisi harian dalam konsumsi sehari-hari. Dalam beberapa kondisi, seperti pandemi, tubuh memerlukan proteksi yang ekstra. Ketahui dulu kebutuhan suplemen tubuh dengan berkonsultasi kepada profesional. jangan asal minum suplemen karena dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh. 

7. Berjemur

Berjemur
Berjemur

Meski tidak secara langsung membunuh virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit, berjemur secara teratur pada jam-jam yang telah ditentukan akan membantu proses pembentukan vitamin D dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

Baca Juga: 15 Manfaat Aktivitas Fisik Terhadap Kesehatan Jasmani dan Rohani

8. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Tak cukup dengan cara ‘internal’ saja, kondisi eksternal alias kebersihan diri dan lingkungan sekitar turut berperan besar dalam meningkatkan imun tubuh. Jangan tunda untuk membersihkan lingkungan sekitar, walau sesederhana menyapu tempat tersebut.

 

Itulah informasi lengkap mengenai cara meningkatkan daya tubuh yang efektif beserta faktor-faktornya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ketahui 8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Efektif

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]