1. Kelas 11 Biologi

Ketahui 8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Efektif

Kesehatan tubuh adalah salah satu hal krusial yang harus senantiasa diperhatikan setiap waktu. Terserang penyakit karena lemahnya imunitas akan menghambat produktivitas seseorang. Padahal, para ahli telah memaparkan berbagai cara untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Mulai dari cara alami yang bisa dilakukan oleh semua orang sampai cara-cara tertentu yang hanya dapat dilakukan dibawah pengawasan profesional.

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh, apalagi di tengah kondisi maraknya varian penyakit yang bermutasi? Apa saja cara meningkatkan daya tahan tubuh yang simpel dan tidak memerlukan banyak biaya? Buat Kawan Literasi yang penasaran, yuk kita bahas.

Faktor yang Mempengaruhi Daya Tahan Tubuh

Sebelum beranjak pada pemaparan tentang cara meningkatkan daya tahan tubuh, ada baiknya untuk selalu aware dengan faktor-faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh. 

1. Lingkungan Sekitar

Lingkungan yang bersih
Lingkungan yang bersih menjadi faktor penting yang mempengaruh kesehatan tubuh (Sumber: Pixabay)

Kondisi lingkungan sekitar yang kurang terjaga dapat mempengaruhi imunitas seseorang, terutama pada anak-anak. Lingkungan kumuh dengan sanitasi yang kurang baik alias tidak terjaga kebersihannya dapat memicu tumbuhnya beberapa mikroorganisme dan bakteri berbahaya. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan fisik seseorang. 

Artikel Terkait

[feedzy-rss feeds='https://museumnusantara.com/feed/,https://studioliterasi.com/feed/' max='4' multiple_meta='yes' template='default']

2. Diet atau Pola Makanan

You are what you eat.  Pernah mendengarkan ungkapan ini?

Pola makan yang baik akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi tubuh. Tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjalankan fungsinya. Termasuk sistem imun tubuh. Beberapa jenis nutrisi pada makanan yang berpengaruh pada kekebalan tubuh meliputi selenium, jenis mineral yang berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan infeksi, vitamin E yang mempunyai tingkat antioksidan tinggi, vitamin A yang juga berfungsi untuk antioksidan seluler, dan banyak lain. Semua zat ini dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan beberapa jenis daging.

3. Aktivitas Sehari-hari

Aktivitas sehari-sehari juga turut menjadi faktor yang mempengaruhi kekebalan tubuh. Orang-orang yang senantiasa disiplin berolahraga dan diiringi oleh healthy lifestyle tentu akan mempunyai imunitas yang jauh lebih baik untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit, terutama penyakit metabolik. 

4. Usia

Umur
Umur menjadi salah satu pengaruh terhadap kekebahan sistem imun tubuh (Sumber: Pixabay)

Faktor keempat yang berpengaruh pada sistem imun tubuh tidak lain adalah usia seseorang. Di saat anak-anak, sel kekebalan tubuh belum berada pada aktivitas puncaknya, sementara ketika berada di usia senja, sel imunitas sudah mulai menurun fungsinya. Oleh karena itu, dalam beberapa kasus penyakit anak-anak dan orang lanjut usia lebih rentan untuk terjangkit dan membutuhkan perlindungan ekstra. 

5. Riwayat Penyakit yang Diderita

Sebelum mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh, penting untuk mengenali riwayat penyakit yang pernah atau tengah diderita. Seperti contohnya orang-orang yang memiliki penyakit kronis (penyakit yang telah lama diderita) dan autoimun akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih rentan. 

6. Konsumsi Obat

Meski memiliki fungsi untuk meredakan penyakit, beberapa jenis obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka panjang justru dapat menurunkan sistem imun tubuh. Melansir dari farmasi.ugm.ac.id, ada beberapa golongan obat-obatan yang ternyata malah menurunkan sistem imunitas tubuh untuk mempertahankan proteksi, seperti obat jenis kortison, hidrokortison, dan kortikosteroid.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh? Terdapat berbagai cara untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Istirahat yang Cukup

Cara meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan jasmani adalah dengan istirahat yang cukup.Melansir dari Journal of Experimental Medicine, tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan respon sel T yang memiliki tugas penting dalam imunitas tubuh. Tidur yang disarankan menurut para ahli bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam sehari. 

2. Aktif Bergerak atau Berolahraga

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang kedua yaitu dengan berolahraga. Luangkan waktu untuk tetap aktif berolahraga sekitar 150 menit seminggu agar kondisi tubuh senantiasa tetap prima.

3. Makan-Makanan yang Bernutrisi

Konsumsi makronutrien dan mikronutrien dalam jumlah yang tepat juga menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi makanan sehat akan menyebabkan pencernaan menjadi lancar. Dalam beberapa bagian, pencernaan yang sehat memiliki korelasi dengan imunitas tubuh yang baik. 

4. Tingkatkan Konsumsi Air Mineral

Air putih
Air putih (Sumber: Pixabay)

Kurangi minum-minuman yang kaya akan pemanis dan pengawet buatan dan perlahan mulai ubah kebiasaan untuk mengonsumsi air putih.

5. Mengelola Stres

Cara meningkatkan daya tahan tubuh yang kelima adalah dengan pengelolaan stres yang baik. Kondisi stress dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Stres memang seringkali tidak dapat dihindari begitu saja, tetapi tetap dapat dikelola agar tidak bertambah ‘parah’.

6. Mengonsumsi Suplemen

Sebagai perlindungan ganda, suplemen tambahan juga dapat diikutsertakan dalam konsumsi sehari-hari karena dalam beberapa kondisi, seperti pandemi, tubuh memerlukan proteksi yang ekstra. Ketahui dulu kebutuhan suplemen tubuh dengan berkonsultasi kepada profesional. jangan asal minum suplemen karena dapat menimbulkan efek yang kurang baik bagi tubuh. 

7. Berjemur

Berjemur membantu meningkatkan daya tahan tubuh
Berjemur membantu meningkatkan daya tahan tubuh (Sumber: Pixabay)

Meski tidak secara langsung membunuh virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit, berjemur secara teratur pada jam-jam yang telah ditentukan akan membantu proses pembentukan vitamin D dan meningkatkan kekebalan tubuh. 

8. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Tak cukup dengan cara ‘internal’ saja, kondisi eksternal alias kebersihan diri dan lingkungan sekitar turut berperan besar dalam meningkatkan imun tubuh. Jangan tunda untuk membersihkan lingkungan sekitar, walau sesederhana menyapu tempat tersebut.

Itulah informasi lengkap mengenai cara meningkatkan daya tubuh yang efektif beserta faktor-faktornya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa jaga kesehatan! 

Tidak ada komentar
Komentar untuk: Ketahui 8 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang Efektif

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Dalam akuntansi pencatatan transaksi dapat menggunakan dua jenis jurnal yakni jurnal khusus dan jurnal umum. Kali ini Studio Literasi akan membahas secara rinci mengenai perbedaan jurnal khusus dan umum lengkap dengan jenis jurnalnya. Penasaran? Yuk kita bahas bersama.  Perbedaan Jurnal Umum dan Jurnal Khusus Ketika Kawan Literasi akan melakukan pencatatan yang dilengkapi dengan bukti transaksi […]

Trending

Ketika Kawan Literasi menyatakan rasa setuju dan tidak setuju maka dalam hal ini di bahasa inggris merupakan ekspresi dari agreement dan disagreement. Hal ini merupakan sesuatu yang lumrah kita temui dalam kehidupan sehari. Kawan Literasi penasaran dengan bagaimana cara penggunaannya? Berikut pembahasannya secara lengkap di studio Literasi.  Pengertian Agreement and Disagreement Expression of agreement adalah […]
Salah satu proses seleksi mendapatkan beasiswa adalah membuat essay yang baik dan benar. Biasanya isi essay akan mencakup isu dan bagaimana penulis menyampaikan argumennya melalui dua sisi. Bagi Kawan Literasi yang penasaran bagaimana contoh essay beasiswa yang baik, berikut penjelasan lengkapnya di Studio Literasi.  Apa itu Esai? Sebelum kita masuk ke contoh essay beasiswa yang […]
Beasiswa merupakan bantuan dana yang pada saat ini telah membantu berbagai siswa dan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Ada berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah dan perusahaan swasta untuk memberikan bantuan dana untuk menutupi biaya studi, akomodasi, dan uang saku. Berikut penjelasan lengkapnya tentang beasiswa di Studio Literasi.  Pengertian Beasiswa Menurut KBBI, beasiswa adalah bantuan […]
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah pasti menginginkan negaranya utuh dan memiliki rasa persatuan yang kuat. Integrasi nasional berpengaruh dalam pembangunan dan kemakmuran suatu bangsa. Berikut ini Studio Literasi rangkum mengenai integrasi nasional dan faktor-faktor pembentuk integrasi nasional secara lengkap yang bisa Kawan Literasi simak.  Apa itu Integrasi Nasional? Dikutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), […]