Kelas 11 Kimia

  1. Kelas 11 Kimia
Belajar kimia kurang seru jika hanya belajar teori saja ya, kawan literasi? Tenang saja, di bangku SMA kalian akan melakukan beberapa eksperimen di laboratorium kimia. Eksperimen sederhana yang akan kalian lakukan adalah melakukan titrasi asam basa. Tahukah kalian, jika kalian titrasi asam basa adalah penerapan stoikiometri larutan,lho. Di dalam pengukuran ini terjadi antara larutan asam dan […]
  1. Kelas 11 Kimia
Salah satu contoh penerapan fluida statis adalah kapal besar yang mengapung di atas samudera luas. Kalian pasti bertanya-tanya, mengapa ia bisa mengapung dengan baik padahal ia terbuat dari besi dan baja yang mungkin sangat berat. Nah, ternyata peristiwa kapal tetap bisa berlayar adalah menerapkan prinsip fluida statis. Selanjutnya, ia ditandai dengan kemampuannya yang dimana membuat […]
  1. Kelas 11 Kimia
Salah satu peristiwa kimiawi yang familiar adalah besi berkarat. Perkaratan pada besi merupakan peristiwa korosi. Kalian setidaknya pernah menemukan peristiwa ini di lingkungan sekitar. Lantas apakah kalian bertanya bagaimana perkaratan tersebut bisa terjadi? Mengapa ia bisa berkarat? Nah, pertanyaan kalian akan kami jawab pada ulasan berikut ini! Apa itu Korosi? Berasal dari bahasa Belanda yakni […]
  1. Kelas 11 Kimia
Halo kawan literasi. Kembali lagi bersama kami untuk membahas seputar pengetahuan alam. Ngomong-ngomong, apakah kalian pernah lihat sayur atau buah-buahan yang dibiarkan saja di atas meja lama-lama akan membusuk? kalian tahu tidak ada serangga yang mengerubunginya,namun mereka akan bereaksi seperti itu.  Asal kalian tahu, itu adalah peristiwa pembusukan. Peristiwa pembusukan terjadi karena adanya perubahan secara […]
  1. Kelas 11 Kimia
Sebelum mempelajari kesetimbangan kimia, aku beri sebuah analogi sederhana untuk memahaminya. Pernahkah kalian membeli ikan di pasar? pernah dong ya. biasanya para penjual akan menggunakan neraca duduk untuk menimbang massa ikan tersebut. Pastinya mereka akan memastikan bahwa anak timbangan yang mereka atur sama dengan massa ikan yang kalian beli.  Nah, ilustrasi di atas adalah contoh […]
  1. Kelas 11 Kimia
Kawan Literasi, dalam kehidupan kita tentu tidak lepas dari peran kimia. Baik itu reaksi kimia yang ada di dalam tubuh kita, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah kamu bahwa salah satu yang berperan penting adalah larutan penyangga? Apa sih larutan penyangga itu? Kok bisa terlibat dalam kehidupan sehari-hari? Pada materi kali ini Studio Literasi akan mengajak […]

ARTIKEL TERBARU

Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

Trending

Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]