1. Kelas 10 Biologi

Mengenal Coelenterata: Definisi, Struktur Tubuh, Bentuk Tubuh & Klasifikasinya

Tahukah kalian hewan ubur-ubur? Hewan ini bisa kalian temukan di perairan samudera maupun lautan belahan dunia lainnya, lho. Hewan tersebut ternyata memiliki filum tersendiri ya, kawan literasi. Mereka merupakan salah satu golongan filum coelenterata, bukan mollusca. 

Yap, memang sekilas ia mempunyai struktur tubuh yang sama dengan hewan lunak.  Namun jangan salah lho, ia termasuk ke dalam golongan invertebrata. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Pengertian Coelenterata

Definisi Coelenterata
Apa itu Coelenterata?

Nama ilmiah ini mungkin terdengar kurang familiar di telinga kalian. Hewan Coelenterata atau Cnidaria berasal dari kata “coelos” yang berarti rongga dan “enteron” adalah usus. Secara umum, mereka mempunyai struktur tubuh berongga. Contoh hewan ini yang familiar yaitu ubur-ubur.

Tahukan kalian jika ubur-ubur merupakan salah contoh binatang Coelenterata yang masih hidup sampai saat ini walaupun jumlahnya tidak banyak. Melansir National Geographic, bahwa tubuhnya 98% terdiri atas air dengan metabolisme tinggi.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Lalu, apa sih ciri khasnya? karakteristik khusus dari filum Coelenterata yakni mempunyai sel-sel penyengat bernama nematocysts. Ia berasal dari sel cnidocytes yang berfungsi sebagai bertahan diri dan menyerang ancaman dari luar. Tubuh berongga tersebut berfungsi untuk mencerna makanan sekaligus pembuatan sisa makanan alias anus. 

Berbicara mengenai populasi, sebenarnya Coelenterata hidup subur di perairan dalam. Fakta lain menyebutkan bahwa kepadatan populasinya menurun. Melansir Journal of Marine Research, kehidupannya terancam punah akibat adanya kontaminasi timbal (Pb) serta logam berat lainnya sehingga merusak ekosistem perairan biota laut. 

Struktur Tubuh Coelenterata

Nah, struktur tubuhnya bisa kalian bedakan karena mereka mempunyai karakteristik yang khas. 

  1. Hidup secara berkelompok (koloni) atau soliter.
  2. Mempunyai dinding sel dua lapis yakni epidermis (luar) dan endodermis (dalam).
  3. Terdapat oskulum dalam tubuhnya. 
  4. Struktur tubuh bagian oral adalah simetri radial (tersusun atas rongga-rongga bulat) serta simetri biradial (tubuh tersusun bersebelahan dengan bagian  lainnya). 
  5. Bagian oral tersusun kompleks oleh guratan tentakel. Ia dapat memanjang lalu bergerak bebas. Fungsinya untuk mencari mangsa, menggenggam, dan meraba). Tak hanya itu, ia terbuat dari dinding transparan sehingga memudahkan dalam mencari mangsa. 
  6. Mereka berkembang biak dengan cara seksual.
  7. Terdapat lapisan mesoglea (matriks ekstraseluler) sebagai kerangka hidrostatik. 
  8. Sistem pencernaan gastrovaskuler, peredaran makanan bukan melalui darah melainkan usus. 

Baca Juga: Mengenal Definisi Mollusca, Karakteristik dan Klasifikasinya

Bentuk Tubuh Coelenterata

Secara garis besar, ia terbagi menjadi dua bentuk tubuh, yaitu:

Polip 

Bentuk tubuh pertama adalah polip alias seperti tabung. Ia menjamur di atas permukaan substrat, dan melekat dalam kurun waktu tertentu. Kemudian, polip memiliki mulut bertentakel panjang serta biasanya berkoloni.

Medusa

Bentuk tubuh medusa yaitu seperti lonceng, payung atau mangkuk terbalik. Mereka hidup dengan cara melayang-layang di dalam air. Secara umum, bentuk mulutnya cekung (concave), tentakel memanjang di sekitar tubuhnya. Contohnya adalah ubur-ubur yang hidup di perairan Australia. 

Klasifikasi Coelenterata

Filum Coelenterata terbagi menjadi beberapa kelas antara lain:

Hydrozoa

Hydrozoa
Hydrozoa Bertubuh Polip

Kelas pertama dari Coelenterata  adalah Hydrozoa.Nah, dia bisa hidup secara berkelompok atau individu. Bentuk tubuhnya polip serta menempel pada permukaan bebatuan atau pasir halus. Hewan tersebut mampu hidup pada  perairan dalam maupun air tawar. Mereka mempunyai bentuk mulut cekung serta tentakel mengelilinginya.Karakteristik selanjutnya memiliki sistem reproduksi aseksual maupun seksual.  

Perannya dalam ekosistem laut sangat penting yakni mencegah pantai dari abrasi maupun perlindungan bagi ikan. Seharusnya lingkungan hidup Hydrozoa benar-benar harus terkendali. Beberapa spesies terkenal adalah Hydra sp dan Obelia sp

Scyphozoa

Scyphozoa
Scyphozoa

Contoh spesies ini adalah ubur-ubur. Kelas Scyphozoa filum Coelenterata satu ini mempunyai anggota tubuh menyerupai mangkuk atau lonceng. Namun, ada fase dimana ia akan menjadi polip. Mereka lebih senang hidup soliter atau menyendiri. Medusa berdiameter 7,5 cm sampai 30 cm, serta menghuni perairan laut dalam.

Anthozoa

Anthozoa
Anthozoa atau Anemon Laut

Selanjutnya,  ada kelas Anthozoa atau anemon laut. Sesuai dengan namanya, ia menyerupai bunga. Di sekitar mulutnya terdapat tentakel dengan jumlah banyak. Mulutnya memanjang berasal dari organ stomodeum. Ia juga berperan penting dalam membentuk kehidupan laut bersama terumbu karang.

Cubozoa 

Box Jelly Fish Australia Mempunyai Sengatan Mematikan
Box Jelly Fish Australia Mempunyai Sengatan Mematikan

Pernah nggak sih kalian dapat berita Internasional jika pada musim tertentu laut Australia berubah menjadi siaga terhadap serangan ubur-ubur kotak? Bahkan beberapa pantai di sana, wisatawan dilarang untuk berenang. Ini untuk menghindari serangan dari spesies ini.

Ubur-ubur kotak atau Chironex fleckeri merupakan organisme mematikan karena dapat menyebabkan kematian dalam hitungan menit. Ciri khasnya antara lain tidak mempunyai otak, ukuran medusa besar dengan tinggi sampai 17 cm. Polip berwarna cerah dan terang. Tubuh berbentuk kotak dan berenang secara horizontal. Lalu, panjang tentakelnya bisa mencapai 2 meter.  

Baca Juga: Mengenal Porifera Sebagai Biota Laut Beserta Penjelasannya

Kesimpulan

Coelenterata merupakan hewan berongga dengan ciri khas berupa tentakel dan kemampuan menyengatnya. Hewan ini termasuk golongan makhluk hidup yang harus dilindungi karena spesiesnya terancam punah.

Mereka terbagi menjadi empat kelas antara lain Hydrozoa, Scyphozoa, Anthozoa, dan Cubozoa. Masing-masing kelas mempunyai ciri  khas, bentuk, serta cara hidup berbeda. 

Spesies yang berbahaya dari jenis hewan berongga adalah kelas Cubozoa, karena hewan kategori tersebut menyimpan racun mematikan di tentakelnya. 

Nah, bagaimana? serukan mengetahui berbagai makhluk hidup. Eits, itu sih masih belum seberapa, karena masih banyak makhluk hidup yang belum kita eksplor serta pelajari. Oleh sebab itu, kita harus melestarikan biota laut supaya mereka tetap terjaga keberadaannya. 

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Coelenterata: Definisi, Struktur Tubuh, Bentuk Tubuh & Klasifikasinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]