1. Kelas 12 Bahasa Inggris

Conditional Sentence: Tipe, Rumus & Contohnya, Lengkap!

Kawan Literasi pernah berandai-andai atau menyesal akan sesuatu? Misalnya, jika saja hari ini tidak hujan, aku pasti bisa pergi berenang. Nah, dalam bahasa Inggris, untuk menyatakan hal tersebut, kamu bisa menggunakan conditional sentence. Biasanya, conditional sentence ditandai dengan adanya if-clause. Namun, seperti apa susunan kalimat dan contoh penggunaannya? Simak artikel ini sampai habis, ya!

Apa itu Conditional Sentence?

Sumber: wallpaper flare

Conditional sentence adalah suatu kalimat yang berfungsi untuk menyatakan keinginan, pengandaian, angan-angan, harapan, atau suatu rencana yang mungkin bisa saja terjadi atau tidak terwujud. Secara umum, kalimat kondisional ditandai dengan adanya klausa if yang diikuti klausa utama, yang merupakan konsekuensi atau hasil dari klausa if tersebut. Conditional sentence terbagi menjadi 4 tipe, yaitu tipe 0, 1, 2, dan 3. Masing-masing tipe memiliki rumus dan penggunaan yang berbeda. 

Conditional Sentence Tipe 0 

Sumber: pexels

Jenis conditional sentence yang pertama yaitu tipe 0. Kalimat ini sangat sederhana, sebab penggunaannya adalah untuk menyatakan suatu fakta atau kebenaran umum (general truth). Jika hal A terjadi, maka konsekuensinya akan terjadi hal B. Misalnya, pada kalimat “Jika kertas dibakar, maka akan menjadi abu”. Biasanya, bentuk kedua klausa pada kalimat ini adalah present tense. Berikut adalah rumus zero conditional sentence: 

Rumus:

If Clause (Condition)Main Clause (Result)
If + Simple PresentSimple Present
If + Subject + Verb 1Subject + Verb 1

Baca juga: Explanation Text: Definisi, Struktur, Ciri-ciri, & Contohnya

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Contoh Kalimat: 

  • If you drink too much coffee, you can’t sleep at night 

You can’t sleep at night if you drink too much coffee

  • If you mix blue and yellow, you get green.

You get green if you mix blue and yellow.

  • If the plants don’t get enough water, they die.

The plants die if they don’t get enough water.

Conditional Sentence Tipe 1

Sumber: istockphoto

Kalimat ini berfungsi untuk mengekspresikan situasi yang mungkin akan terjadi di masa depan. Bedanya dengan tipe 0, klausa utama kalimat ini menggunakan simple future tense. Klausa utama tersebut menyatakan kemungkinan hal yang akan terjadi, serta if-clause menyatakan pengandaiannya. Berikut ini rumus conditional sentence tipe 1: 

Rumus:

If Clause (Condition)Main Clause (Result)
If + Simple PresentSimple Future
If + Subject + Verb1Subject + Will + Verb 1

Perhatikan bahwa simple future tidak digunakan pada klausa if, melainkan klausa utama. 

Contoh Kalimat: 

  • If the weather is great, we will go on a picnic.

We will go on a picnic if the weather is great.

  • If it rains, I’ll just stay at home. 

I will just stay at home if it rains.

  • If I pass the exam, my parents will buy me a new bike.

My parents will buy me a new bike if I pass the exam.

Conditional Sentence Tipe 2

Sumber: istockphoto

Pada tipe 2, conditional sentence berfungsi untuk menyatakan suatu hal yang hampir tidak mungkin terjadi atau tidak realistis. Kalimat ini juga digunakan untuk mengungkapkan harapan atau pengandaian.

Tidak seperti kalimat tipe sebelumnya, klausa if pada jenis ini menggunakan simple past, sedangkan klausa utamanya menggunakan past future tense. Berikut ini adalah rumus conditional sentence tipe 2: 

Rumus:

If Clause (Condition)Main Clause (Result)
If + Simple Past TensePast Future Tense
If + Subject + Verb 2Subject + Would/Could/Might + Verb1

Contoh Kalimat: 

  • If I were you, I would not lie to my parents.

I would not lie to my parents if I were you.

  • If I had the chance, I would continue my postgraduate study.

I would continue my postgraduate study if I had the chance.

  • If I became the leader, I would be open to critics.

I would be open to critics if I became the leader. 

Baca juga: Apa Itu Noun Phrase? Ini Pengertian & Contoh Kalimatnya

Conditional Sentence Tipe 3

Sumber: istockphoto

Untuk tipe ke-3, kalimat conditional sentence berfungsi untuk mengekspresikan suatu hal yang berlawanan dengan apa yang terlanjur terjadi atau sudah terjadi di masa lalu, sehingga kenyataannya sudah tidak bisa diubah lagi. Dengan kata lain, kalimat ini mengungkapkan pengandaian atas hal yang berjalan tidak sesuai dengan kenyataan. Berikut ini rumus kalimat conditional sentence tipe 3: 

Rumus:

If Clause (Condition)Main Clause (Result)
If + Simple Past PerfectFuture Perfect
If + Subject + Had + Verb 2Subject + Would + Have + Verb3

Conditional sentence tipe tiga ini, selain menggunakan would pada klausa utamanya, juga bisa menggunakan modal auxiliary yang lain seperti could atau should. 

Contoh Kalimat: 

  • If I had studied harder, I would have gotten a better mark on my exam.

I would have gotten a better mark on my exam if I had studied harder.

  • If I had finished my assignment, I would have gone to the cinema. 

I would have gone to the cinema if I had finished my assignment. 

  • If she had cleaned the house earlier, her mother wouldn’t have been angry.

Her mother wouldn’t have been angry if she had cleaned the house earlier. 

 

*Pada contoh pertama, kenyataannya adalah nilai ujian yang dimiliki tidak bagus karena Ia kurang belajar dengan giat. 

Baca juga: Definisi News Item Text, Struktur,  & Contohnya

Contoh Soal

Nah, setelah mempelajari masing-masing tipe conditional sentence, mari tes pemahaman kamu dengan menjawab contoh soal latihan berikut!

  1. If I had time, I … go camping with you. 
  2. If you can … Javanese, you will get along quickly with my family. 
  3. If they had invited me to the party, I …. come. 
  4. My sister will come to the family gathering if she …. a day off.
  5. My little brother eats too much ice cream, he … sick. 

Kunci Jawaban

  1. would 
  2. speak 
  3. would have
  4. gets 
  5. gets

Nah, itu dia ulasan Studio Literasi kali ini tentang conditional sentences, semoga Kawan Literasi semakin paham ya! Dengan memahami conditional sentence, kamu juga bisa lebih mudah menerapkannya pada percakapan sehari-hari.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Conditional Sentence: Tipe, Rumus & Contohnya, Lengkap!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]