1. Info Beasiswa

Contoh Essay LPDP Beserta Tips Penulisannya agar Menarik

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Beasiswa yang satu ini juga menjadi salah satu beasiswa besar yang digandrung para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya, lho. Sudah sesiap apakah kamu untuk menjadi pelamar beasiswa LPDP? Ingin mengetahui cara menulis essay beasiswa beserta contoh essay LPDP untuk dijadikan referensi? Simak artikel selengkapnya pada artikel SMA Studio Literasi berikut ini!

Sekilas tentang Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan program beasiswa yang didanai oleh pemerintah Indonesia lewat pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Dana tersebut akan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi tingkat lanjut untuk program magister atau program doktoral pada perguruan tinggi terbaik, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Biasanya terdapat tiga jenis tahap seleksi yang harus dilewati pada seleksi Beasiswa LPDP Tahap 1. Tahapan tersebut adalah seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, serta seleksi substansi. Bagi yang ingin mengikuti rangkaian seleksi, para pelamar beasiswa perlu mempersiapkan berbagai macam dokumen yang akan diunggah pada saat pendaftaran, salah satunya adalah essay wajib yang temanya sudah ditentukan oleh pihak penyeleksi.

Dalam proses seleksi beasiswa LPDP, biasanya pihak penyelenggara hanya mensyaratkan pelamar untuk menulis dua essay. Dua essay tersebut antara lain adalah essay dengan tema “Kontribusiku Bagi Indonesia” dan essay “Sukses Terbesar dalam Hidupku”. Selain itu, pelamar juga perlu untuk menulis essay berisi rencana studi S2 atau S3 yang akan pelamar beasiswa tempuh di masa depan.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Sebelum masuk ke contoh essay LPDP yang bisa kamu gunakan untuk menjadi referensi dalam menulis, alangkah baiknya untuk mengetahui struktur utama dari essay beserta tips cara menulis essay LPDP yang baik dan benar.

Struktur Penting dalam Essay

Agar dapat memudahkan dalam menulis essay, biasanya essay terlebih dahulu ditulis berdasarkan layout struktur yang sudah disusun sebelumnya. Pada umumnya, essay yang ditulis dengan baik dan menarik memiliki setidaknya ketiga struktur berikut di dalamnya. Berikut ini merupakan struktur penting yang sebaiknya ada di dalam essay LPDP dari pelamar.

1. Pendahuluan

Essay bisa dibilang menjadi salah satu aspek yang penting dalam proses penilaian. Maka dari itu, pelamar beasiswa dituntut untuk membuat essay se-menarik mungkin yang juga mampu menggambarkan diri dari pelamar. Pastikan kamu menulis essay dengan pendahuluan terlebih dahulu dan tidak langsung menulis inti dari pembahasan essay. Hal ini bertujuan agar essay yang kamu tulis bisa lebih beralur dan tidak aneh saat dibaca oleh pihak penilai.

Pendahuluan dapat ditulis dengan mencantumkan perkenalan diri sendiri baik dari sisi latar belakang, pekerjaan atau kesibukan sekarang, maupun prestasi atau pencapaian yang pernah diraih. Selanjutnya, pendahuluan dapat dilanjutkan dengan menulis latar belakang permasalahan yang ingin diangkat menjadi essay. Pastikan juga latar belakang yang hendak diangkat sesuai dengan topik atau tema dari ketentuan yang ditetapkan oleh pemberi beasiswa.

2. Isi dari Essay

Setelah menulis bagian pendahuluan, kamu dapat melanjutkan essay dengan menulis permasalahan utama yang hendak kamu selesaikan. Tambahkan juga solusi yang dapat kamu tawarkan perihal permasalahan yang diangkat, serta bagaimana kamu bisa berpartisipasi nyata dalam proses penyelesaian masalah tersebut.

Pada bagian isi, kamu dapat mencari korelasi antara permasalahan yang diangkat dengan jurusan yang hendak kamu ambil. Jangan lupa juga untuk menunjukkan antusiasme dirimu dalam menuntut ilmu dan juga mengaplikasikannya untuk berkontribusi nyata pada Indonesia. Intinya adalah pelamar beasiswa harus dapat membahas topik yang sesuai dan berkaitan dengan apa yang sudah menjadi ketentuan penulisan essay.

3. Penutup

Essay yang kamu tulis kemudian dapat ditutup dengan menuliskan beberapa poin kesimpulan yang menjadi pembahasan utama dalam essay yang kamu tulis, dengan menggunakan kalimat yang lebih singkat, padat, namun juga jelas. Pastikan bagian penutup ini relevan dengan apa yang kamu tulis pada bagian sebelumnya.

Tips Menulis Essay LPDP yang Baik dan Benar

Sebelum mulai melihat contoh essay LPDP untuk dijadikan referensi, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa tips dalam menulis essay LPDP agar essay yang kamu hasilkan dapat berkualitas dan memiliki nilai yang tinggi di mata pemberi beasiswa. Berikut ini merupakan tips-tipsnya.

1. Pahami Ketentuan & Latar Belakang dari Beasiswa LPDP

Essay yang ditulis oleh pelamar beasiswa sebaiknya harus dapat menjawab kemauan dari pihak pemberi beasiswa. Dalam konteks beasiswa LPDP, para pelamar beasiswa perlu untuk memahami latar belakang diadakannya beasiswa LPDP yang dimaksudkan sebagai investasi negara di masa yang akan datang untuk membangun Indonesia. 

Setelah memahami latar belakang diadakannya beasiswa LPDP, essay yang ditulis haruslah mengikuti ketentuan essay yang sudah ditentukan oleh pemberi beasiswa. Hal ini bertujuan agar essay yang kamu tulis bisa sesuai aturan, topiknya tidak melenceng, atau bahkan dianulir akibat tidak mematuhi ketentuan yang sudah ada.

2. Jelaskan Kontribusimu untuk Negeri Apabila Berhasil Mendapatkan Beasiswa LPDP

Setelah memahami latar belakang dari adanya beasiswa LPDP, kamu dapat menuliskan kontribusi yang akan kamu berikan jika kelak mendapatkan beasiswa. Tentunya, kontribusi yang kamu akan berikan harus sesuai dengan jurusan yang kamu ambil dan juga misi dari pihak penyelenggara beasiswa.

Pastikan kontribusi yang hendak kamu tuliskan adalah jujur dan masih realistis untuk dicapai. Jangan sampai menuliskan bagian ini dengan tidak jujur dan tidak realistis. Hal ini akan berdampak pada kualitas essay yang hendak kamu tulis nantinya.

3. Coba Kenali Diri Sendiri

Jikalau kamu pernah merasa bingung dalam menulis essay beasiswa, ada kemungkinan kamu belum mengenal dirimu sendiri dengan baik. Essay yang jujur dan baik biasanya bisa ditulis apabila kamu telah berhasil mengenal dirimu sendiri. 

Namun jika kamu memang merasa belum cukup mengenal diri sendiri, coba pahami kelebihan, kekurangan, hal yang kamu ahli, dan juga pengalaman apa saja yang pernah dilakukan. Setelah berhasil menjawab pertanyaan tersebut, kira-kira kontribusi seperti apa yang dapat kamu berikan untuk negeri, yang sekiranya cocok dengan dirimu? 

Diharapkan setelah paham dengan berbagai aspek pada diri sendiri, proses menulis essay bisa menjadi lebih mudah lagi. Namun, jika masih dirasa bingung untuk menulis, kamu dapat melihat contoh essay LPDP pada pembahasan di bawah ini.

Contoh Essay LPDP & Hal-Hal yang Dimuat pada Essay

1. Tips Menulis dan Contoh Essay LPDP Kontribusiku Bagi Indonesia

Essay LPDP oleh Anbarsanti
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 1)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 2)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 2)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 3)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 3)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 4)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 4)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 5)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 5)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 6)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 6)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 7)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 7)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 8)
Essay LPDP oleh Anbarsanti (Bagian 8)

Baiknya pada essay LPDP “Kontribusiku Bagi Indonesia”, kamu dapat menulis kontribusi yang pernah kamu berikan kepada Indonesia pada masa lalu, masa sekarang, dan kontribusi yang akan kamu berikan bagi Indonesia di masa yang akan datang. Kontribusi tersebut pastinya akan berbeda antara satu sama lain sesuai dengan kemampuan, kelebihan. bakat, dan potensi yang dimiliki oleh pelamar beasiswa.

Berikut ini merupakan contoh essay LPDP 2022 “Kontribusiku Bagi Indonesia” yang dapat kamu jadikan referensi dalam menulis essay milikmu sendiri. Contoh essay LPDP yang baik dan benar berikut ini ditulis oleh Anbarsanti untuk keperluan aplikasi beasiswa LPDP.

2. Tips Menulis serta Contoh Essay LPDP Sukses Terbesar Dalam Hidupku

Essay LPDP oleh Anindyajati (Bagian 1)
Essay LPDP oleh Anindyajati (Bagian 1)
Essay LPDP oleh Anindyajati (Bagian 2)
Essay LPDP oleh Anindyajati (Bagian 2)

Untuk menulis essay dengan tema ini, ada baiknya kamu dapat menjelaskan sukses menurut dirimu sendiri. Hal ini dikarenakan arti sukses bagi setiap orang dapat berbeda-beda. Setelah mendefinisikan arti sukses menurutmu pribadi, jelaskan lebih rinci apa yang menjadi suksesmu. serta bagaimana perjalanan keras yang kamu tempuh untuk mencapai kesuksesan tersebut. 

Sukses ini bisa diartikan sebagai kesuksesan yang pernah terjadi di dalam hidupmu atau juga kesuksesan yang hendak kamu capai. Berikut ini merupakan contoh essay LPDP dengan tema ini hasil tulisan dari Anindyajati Anin.

Baca Juga: Mengenal Syarat, Cara Pendaftaran & Informasi Beasiswa LPDP

Berikut tadi merupakan artikel berisi contoh essay LPDP beserta struktur dan tips penulisannya. Semoga artikel SMA Studio Literasi kali ini dapat bermanfaat bagi para pejuang beasiswa LPDP sekalian.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Essay LPDP Beserta Tips Penulisannya agar Menarik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]