1. Kelas 10 PAI

10 Contoh Hormat Kepada Orang Tua yang Wajib Dilakukan

Orang tua senantiasa memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, baik dari segi materi maupun non-materi. Segalanya selalu diusahakan semata-semata agar mereka mendapatkan kenyamanan dan tumbuh dengan baik. Hal ini jelas orang tua lakukan tanpa pamrih. Maka dari itu, kita sebagai anak harus membahagiakannya. Bagi orang tua, anak tak selalu harus melakukan sesuatu yang muluk-muluk kok. Berikut ini adalah contoh hormat kepada orang tua yang merupakan salah satu bentuk bakti sebagai anak. Nah apa sajakah itu? Yuk, simak dengan seksama penjelasan di bawah ini.

10 Contoh Hormat Kepada Orang Tua

Hormat kepada orang tua yang masih bersama kita di dunia wajib dilakukan bagi setiap anak. Ada banyak sekali cara menghormati orang tua dan caranya begitu mudah. Jadi, tak elok rasanya merasa enggan menghormati orang tua hanya dengan alasan ‘tidak mampu’. 

1. Bersikap Santun dan Sopan

Bersikap Santun dan Sopan
Bersikap Santun dan Sopan

Contoh cara hormat kepada orang tua yang pertama adalah dengan berucap dan bersikap santun alias sopan. Sebenarnya, bersikap santun dan sopan seharusnya memang dilakukan kepada siapapun tanpa terkecuali. Namun, kepada orang tua, bersikap santun dan sopan adalah hal yang mutlak. 

2. Tidak Bersikap atau Berkata Kasar

Lingkungan adalah pengaruh terbesar terhadap karakter dan sikap seseorang. Tak ayal jika beberapa orang memiliki kepribadian dan kebiasaan yang jauh berbeda ketika di rumah dan di luar rumah.Perkataan dan sikap kasar seringkali timbul karena pergaulan yang kurang baik. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Demi menjaga hati dan perasaan orang tua serta sebagai wujud rasa hormat, jangan biarkan kata kasar terucap dari mulut saat berbincang dengan mereka. Gunakan bahasa yang sopan dan tumbuhkan sikap sabar saat berinteraksi dengan orang tua. Hormati pendapat mereka dan sampaikan argumen dengan tenang tanpa emosi.

Baca Juga: Pengertian Pergaulan Sehat, Ciri-ciri & Dampaknya

3. Taat dan Patuh Terhadap Perintah Orang Tua

Orang tua tidak pernah menginginkan anak-anaknya menjadi seseorang yang rebellious atau pembangkang. Orang tua memberikan semua yang mereka punya. Mereka melakukannya hanya demi kebaikan dan keamanan anak-anaknya. 

Perintah orang tua justru kebanyakan akan mendatangkan manfaat. Jangan pernah sekali-kali berpikir untuk durhaka dan membantah perintah orang tua karena selain menyakiti hati mereka, kemungkinan akan terjadi sesuatu yang buruk yang dapat menimpa diri sendiri.

4. Menjaga Nama Baik Orang Tua dan Keluarga

Menjaga Nama Baik Orang Tua
Menjaga Nama Baik Orang Tua

Kita bisa jadi sebagai representasi orang tua di mata masyarakat. Sifat dan perilaku kita dalam bermasyarakat bisa jadi mencoreng nama baik orang tua dan keluarga.

Perlu diketahui, mencoreng nama baik orang tua tidak hanya berefek kepada orang tua, tetapi juga memberikan efek terhadap anak-anaknya. Menjaga nama baik orang tua juga merupakan contoh hormat kepada orang tua yang sederhana. Berperilaku dan berkata baik dalam bermasyarakat adalah salah satu caranya.

5. Selalu Berpamitan Ketika Bepergian

Tak ada orang tua yang tidak khawatir apabila anak-anaknya bepergian tanpa pamit. Berpamitan mungkin sering disepelekan oleh sebagian orang, padahal, tidak mereka sadari jika pergi tanpa pamit merupakan perbuatan yang tidak menghargai keberadaan orang tua. Maka dari itu, sebagai bentuk hormat, selalu biasakan untuk berpamitan pada orang tua kemanapun Kawan Literasi pergi.

6. Tidak Menggurui Orang Tua

Contoh cara hormat kepada orang tua yang ketujuh adalah dengan tidak menggurui kedua orang tua. Ingatkah Anda siapa yang pertama kali mengajari berjalan? Siapa yang pertama kali mengajari cara berbicara? Atau siapakah yang pertama kali mengajari cara menulis hingga kini menjadi seseorang yang cerdas dan berdaya? 

Perbedaan pendapat dan ketidaktahuan adalah hal yang lumrah dialami oleh setiap manusia. Mengajari orang tua sesuatu hal adalah hal yang baik, apalagi jika orang tua sendiri yang meminta. Poinnya adalah ajari mereka tetap dengan rasa rendah hati. jangan pernah merasa lebih baik, atau merasa kesal ketika hal baru tersebut tak kunjung orang tua mengerti. 

7. Menghindari Sikap Bohong

Bohong adalah sikap tercela yang harus dihindari oleh semua orang. Contoh cara hormat kepada orang tua dan orang lain adalah dengan mengatakan hal yang benar-benar terjadi tanpa berbohong, Meskipun beberapa kebohongan yang ditujukan untuk kebaikan alias white lies bisa dilakukan, tapi tak semata-mata white lies akan menyelesaikan permasalahan dan menimbulkan hasil yang baik. 

8. Senantiasa Meminta Nasihat atau Saran Orang Tua

Meminta saran dan nasihat kepada orang tua juga termasuk contoh hormat kepada orang tua. Dengan meminta saran atau nasihat, kita telah menghormati pendapat mereka. Kita mungkin telah cukup mampu untuk mengatasi permasalahan yang datang. Namun, tak semuanya bisa terselesaikan hanya dengan perspektif diri sendiri. Orang tua sudah pernah muda, tetapi kita belum pernah tua.

9. Meluangkan Waktu untuk Orang Tua

Bukan uang, bukan harta, melainkan waktu yang orang tua butuhkan dari kita, apalagi saat kedua orang tua sedang berada di masa senja. Dukungan finansial dan materi memang orang tua butuhkan, tetapi quality time dengan anak-anak mereka lebih penting dan akan t=membuat hari tua mereka lebih bermakna. Sesibuk apapun seorang anak, cobalah untuk meluangkan waktu, meskipun itu hanya cukup untuk menelepon selama beberapa menit. 

10. Mengutamakan Orang Tua daripada Hal-Hal Lain

Semakin dewasa seorang anak, tentu semakin berat tanggung jawab dan kewajiban yang mereka emban. Timbulah prioritas-prioritas baru yang membuat orang tua terasa ‘tergeser’ dari prioritas sang anak. Selalu tanamkan di hati bahwa semasa kecil, kita adalah prioritas utama orang tua, tak peduli apapun yang terjadi. Contoh hormat kepada orang tua adalah dengan mengutamakan keperluan dan kepentingan mereka dibandingkan kepentingan lain.

Baca Juga: Jenis-Jenis Bakat dan Cara Mengenalinya Secara Efektif.

Contoh Hormat Kepada Orang Tua yang Telah Tiada

Hormat kepada orang tua dapat anak lakukan di sepanjang hayatnya seperti rasa kasih sayangnya yang sepanjang masa. Tidak peduli apakah orang tua masih berada bersama kita atau telah kembali kepada yang Kuasa. Contoh hormat kepada orang tua yang telah tiada adalah sebagai berikut:

  • Senantiasa memanjatkan doa untuk orang tua.
  • Menjaga nama baik dari kedua orang tua.
  • Melunasi segala hutang yang beratas namakan orang tua yang telah tiada.
  • Tetap menjalin silaturahmi dengan para kerabat serta sahabat dari orang tua.
  • Segera menunaikan janji-janji kedua orang tua kepada orang lain yang belum sempat ditunaikan.
  • Melakukan sedekah atau amalan lain dengan nama orang tua.

Selesai sudah pembahasan mengenai 10 contoh hormat kepada orang tua yang dapat Kawan Literasi lakukan sebagai bentuk bakti. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Contoh Hormat Kepada Orang Tua yang Wajib Dilakukan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]