1. Uncategorized

Penjelasan Contoh Kalimat Conditional Sentence. Lengkap!

English time! Kali ini kawan literasi akan kami ajak mengenal lebih lanjut mengenal contoh kalimat conditional sentence beserta penjelasannya!. Sebelum itu, apakah kalian pernah mengetahui sekilas apa itu conditional sentence? 

Nah untuk lebih jelasnya, coba perhatikan penjelasan dibawah ini ya!

Pengertian Conditional Sentence

Pengertian Conditional Sentence
Pengertian Conditional Sentence (Type 0,1,2,3)

Jika kalian ingin mengungkapkan pengandaian atau harapan yang mungkin terjadi pasti kalian menggunakan kata jika atau seandainya. Nah, dalam Bahasa Inggris juga sama lho. 

Sebuah harapan atau angan-angan diekspresikan dengan kalimat pengandaian atau conditional sentence yang terdiri atas dua bagian yaitu main clause (Induk kalimat) dan subordinate clause (anak kalimat) atau dikenal if clause. 

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Jadi, conditional sentence merupakan sebuah kalimat majemuk yang menjelaskan kondisi berupa pengandaian, suatu peristiwa yang belum terjadi dan imajinasi. Lantas, bagaimana kita bisa membentuk conditional sentence dengan baik? 

Seperti penjelasan di atas, kalimat ini memiliki dua bagian yakni main main clause yang merupakan konsekuensi dari kondisi pengandaian. Sementara itu pada subordinate clause adalah bagian dari kalimat pengandaiannya. 

Baca Juga: Grammar Rules :Pengertian Beserta Penjelasannya

Fungsi Conditional Sentence

Nah, sebelum mengetahui contoh kalimat conditional sentence, kita harus memahami dahulu fungsi penggunaan kalimat tersebut. Secara umum, conditional sentence berguna untuk menyatakan hubungan sebab-akibat yang terjadi dalam suatu kondisi tertentu. Ia juga menjelaskan hasil yang mungkin tidak terjadi atau bisa terjadi. 

Jenis-Jenis Conditional Sentence

Berikut adalah macam-macam conditional sentence yang perlu kalian ketahui, antara lain:

Conditional Sentence Type 0

Tipe kalimat ini biasa digunakan ketika hasil dari kondisi terwujud. Selain itu, tipe 0 berfungsi untuk menjelaskan kebenaran atau fakta-fakta umum. Untuk menyatakan sebuah pengandaian menggunakan bentuk present tense. Sehingga rumusnya adalah

If + Simple present, simple present

Contoh Kalimat Conditional Sentence:

  1. If I become rich, I buy ten supercars. (Jika aku menjadi kaya, aku membeli sepuluh mobil super).
  2. If he does not obey the rules, he gets out of the school. (Jika dia tidak mematuhi peraturan, dia keluar dari sekolah).
  3. Their life become easier, when those people have a will to change it. (Kehidupannya lebih mudah, saat orang-orang tersebut punya kemauan untuk mengubahnya). 

Conditional Sentence Type 1

Selanjutnya ada conditional sentence type 1. Hmm, kira-kira kawan literasi tau definisinya nggak ya? Jadi, pada kalimat pengandaian tipe 1 adalah bentuk kalimat pengandaian yang bisa kalian gunakan jika ingin mengungkapkan konsekuensi yang mungkin terjadi di masa depan.

Nah, secara nggak langsung ia bisa terjadi karena memang masuk akal atau realistik ya, kawan literasi. Sementara itu, melansir wallstreetenglish.co.id, bentuk kalimat pengandaian ini menjadi:

If + simple present, simple future 

Contoh Kalimat Conditional Sentence:

  1. I will go to Italy, if you pick me up on time. (Aku akan pergi ke Italy, jika kamu menjemputku tepat waktu).
  2. If they study hard, they will pass the test easily. (Jika mereka belajar dengan giat, mereka akan melewati test dengan mudah).
  3. If we change the plan, we will see the beautiful landscape. (Jika kita mengubah rencana, kita akan melihat sebuah pemandangan yang indah).

Conditional Sentence Type 2

Wah, sudah paham kan sekarang? Oke lanjut kita akan pelajari tipe dua dalam kalimat pengandaian. Selanjutnya, dalam conditional sentence type 2, menjelaskan sesuatu yang bertolak belakang atau bertentangan dengan yang terjadi sekarang alias contrary fact.

Yap, bisa dibilang sesuatu yang tidak mungkin terjadi dan sekarang lamunan saja. Daripada bingung, lebih baik lihat penjelasan di bawah ini!

If + past simple, past perfect future

Adapun beberapa contoh kalimat conditional sentence, antara lain:

  1. If they had invited me, I would have come to the party. (Jika mereka mengundangku, aku akan telah datang ke pesta)
  2. You should have prepared the equipment, if you had enough time. (Kamu seharusnya telah menyiapkan perlengkapannya, jika kamu memiliki waktu yang cukup).
  3. Faisal might have dived deeper than this level, if he had the proper equipment. (Faisal mangkin telah menyelam lebih dalam daripada permukaan ini, apabila dia memiliki perlengkapan yang memadai).  

Baca Juga: Part of Speech Bahasa Inggris: Jenis dan Contohnya, Lengkap!

Conditional Sentence Type 3

Pengandaian tipe 3 berbeda dari pengandaian sebelum-sebelumnya ya guys. Jika pada conditional sentence type nol adalah menyatakan sebuah kebenaran, conditional sentence type  1 menjelaskan sesuatu yang mungkin saja terjadi. 

Lalu ada juga pengandaian kedua yang dimana ia menjelaskan sesuatu hanya bersifat lamunan saja. Nah, kalau hampir sama dengan tipe kedua, conditional sentence ketiga ini untuk mengharapkan sesuatu yang bertentangan di masa lampau dan mustahil untuk terlaksana. 

Untuk memahami contoh kalimat conditional sentence, maka dari itu perhatikan rumus berikut ini: 

If + Past Perfect, Past Perfect Future

Contoh Kalimat Conditional Sentence

  1. If you had 50 million dollars, you would have bought a penthouse. (Jika kamu memiliki 50  juta dolar, kamu akan sudah membeli sebuah penthouse).
  2. If Mr. John had known the number, he would have called the police soon. (jika Pak John mempunyai telah mengetahui nomer tersebut, dia akan telah menelepon polisi segera). 
  3. My brother would have recorded the accident, if he had know the recording is important (Saudara laki-laki-ku akan telah merekam kejadian tersebut, jika dia tahu rekaman tersebut penting). 

Sebenarnya contoh kalimat conditional sentence adalah banyak ya guys. Beberapa di atas adalah contoh kalimat yang bisa kalian pelajari. Kira-kira apa saja pengandaian kalian yang mungkin saja terjadi di masa depan. Hmm, apakah itu tentang harapan supaya mendapatkan kampus atau cita-cita impian? Hahaha we are curious about it

Yuk, sekarang coba bikin contoh kalimat conditional sentence kalian sendiri. Semangat mencoba dan jangan takut salah ya. By the way, sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Penjelasan Contoh Kalimat Conditional Sentence. Lengkap!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]