1. Kelas 10 Bahasa Indonesia

Contoh Teks Eksposisi

Setelah kamu mempelajari tentang teori teks eksposisi, sekarang Studio Literasi akan mengajak kamu untuk mengenal contoh teks eksposisi.

Kami akan menyajikan beberapa contoh teks eksposisi singkat yang bisa kamu jadikan referensi belajar materi teks eksposisi. Di antaranya contoh teks eksposisi tentang pendidikan, teks eksposisi tentang kesehatan, teks eksposisi tentang lingkungan dan teks eksposisi berita. Yuk, cek artikel lengkapnya.

Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Tesis

Pada dasarnya, pendidikan merupakan hak bagi setiap Warga Negara Indonesia. Sebab pendidikan memiliki peran penting dalam memajukan peradaban bangsa.

Argumentasi

Pada era sekarang ini Indonesia sedang menerapkan sistem pendidikan dengan kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013 (K13).

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Perkembangan pendidikan yang terjadi di Indonesia terbilang cukup pesat. Melalui penerapan dan pengaplikasian kurikulum tersebut, pemerintah berharap adanya sebuah transformasi dari masyarakat Indonesia.

Kurikulum baru tersebut menekankan pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Meskipun demikian, kurikulum 2013 ini juga belum dapat dengan mudah dipahami secara luas oleh setiap instansi pendidikan yang ada, sehingga mengakibatkan beberapa sekolah belum menerapkan K13 secara optimal.

Penegasan ulang

Dengan begitu dapat dipahami bahwa saat ini Indonesia sedang menjalani sistem pendidikan dengan Kurikulum 2013. Perlu adanya sosialisasi lebih baik lagi untuk membantu K13 agar mampu diaplikasikan secara merata.

Sumber: dikutip dengan perubahan dari https://sijai.com/contoh-teks-eksposisi/

Contoh teks eksposisi tentang lingkungan

Tesis

Lingkungan yang bersih merupakan satu di antara syarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat secara rohani maupun jasmani.

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang penting. Namun sayangnya banyak yang masih belum punya kebiasaan hidup bersih sehingga pencemaran lingkungan masih tetap berlangsung di mana-mana.

Argumentasi

Ada dua tipe pencemaran lingkungan yang dapat mengganggu kenyamanan, yaitu pencemaran tanah dan pencemaran air.

1. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah terjadi karena membuang sampah serta limbah sembarangan. Pencemaran tanah juga bisa diakibatkan oleh penggunaan pupuk kimia yang dapat membuat kestabilan unsur tanah terganggu. Akibatnya, tanah terancam tandus, gersang, berisiko tergerus erosi dan longsor.

Sampah yang menggunung akan mengundang beragam tipe binatang pembawa penyakit seperti tikus, kecoa dan lalat.

Salah satu jenis sampah yang berisiko untuk kesuburan tanah yaitu sampah plastik. Hal ini karena plastik susah untuk terurai serta dapat tersimpan di tanah secara utuh dalam jangka waktu yang lama. Ada cara untuk memberdayakan sampah plastik, misalnya dengan cara didaur ulang. 

2. Pencemaran Air

Seperti hal nya pencemaran tanah, pencemaran air disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia, seperti yang membuang sampah sembarangan, misalnya ke sungai. Sampah-sampah yang dibuang di sungai, sebagian besar nya juga akan terbawa arus serta juga akan menumpuk di hulu sungai atau bendungan, sedangkan beberapa yang lainnya juga akan mengendap di dasar sungai maupun terdampar di pinggir sungai menjadi tumpukan besar.

Jenis sampah yang berisiko untuk sungai adalah sampah plastik serta limbah dari pabrik yang dibuang ke area sungai. Ada pula limbah kimia yang berasal dari pabrik-pabrik berbasis tekstil maupun plastik yang lebih berbahaya apabila dibuang di sepanjang aliran sungai.

Jika limbah kimia ini tidak diolah/dinetralkan terlebih dulu sebelum dibuang ke sungai, bahan kimia yang terkandung dalam limbah itu akan mencemari air di sungai atau di sumur-sumur yang dekat dengan limbah itu.

Di kota-kota besar yang padat penduduk seperti Jakarta, sampah di sungai adalah ancaman serius yang kerap menyebabkan masalah terutama ketika musim hujan datang. Sampah yang menumpuk di sepanjang sungai juga akan menyumbat aliran sungai serta mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman. 

Penegasan ulang

Semakin bertambahnya jumlah penduduk membawa konsekuensi meningkatnya jumlah pencemaran lingkungan apabila hal semacam ini tidak menjadi kesadaran kita bersama. Lingkungan merupakan masa depan yang sama pentingnya dengan kebutuhan pribadi manusia. Lingkungan yang rusak akan mengakibatkan sulitnya manusia untuk bertahan hidup. Demikian pula sebaliknya, lingkungan bersih akan memudahkan kehidupan manusia.

Sumber: dikutip dengan perubahan dari https://sijai.com/contoh-teks-eksposisi/

Contoh teks eksposisi tentang kesehatan 1

Tesis

Siri Merah merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat sebagai tanaman obat-obatan.

Argumentasi

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tanaman sering dijadikan obat Diabetes, Maag, Kanker, dan juga obat untuk mengatasi ketombe. Selain itu ada pula yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan.

Masyarakat menggunakan Sirih Merah dengan cara mengambil daunnya, kemudian diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah ini sebagai tanaman obat, dikarenakan senyawa aktif yang ada di dalamnya.

Seperti Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya. 

Penegasan ulang

Dengan demikian dapat dipahami bahwa Sirih Merah mampu digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional.

Sumber: dikutip dari https://www.dosenpendidikan.co.id/

Contoh teks eksposisi tentang kesehatan 2

Tesis

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dan harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah mengonsumsi wortel. Wortel mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi kesehatan mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, protein, mineral, kalsium, zat besi dan kandungan lainnya.

Argumentasi

Manfaat yang terkandung dalam wortel dapat diperoleh dengan cara mengonsumsi wortel secara langsung, diolah menjadi makanan, atau diolah menjadi jus. Selain baik bagi kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk mencegah kanker dan rabun senja.

Penegasan ulang

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat wortel tersebut mudah didapatkan serta wortel juga harganya murah. Jadi, menjalankan hidup sehat bisa dimulai dengan hal-hal kecil dan tidak perlu mahal.

Sumber: dikutip dengan perubahan dari https://sekolahnesia.com/

Contoh teks eksposisi tentang kesehatan 3

Tesis

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman lidah buaya? Tanaman berduri satu ini memiliki banyak manfaat yaitu menjaga kesehatan rambut, menyembuhkan jerawat bahkan melembabkan kulit.

Argumentasi

Lidah buaya mengandung hormon Giberelin yang bisa menyembuhkan jerawat yang meradang dan menumbuhkan sel kulit baru pada bekas jerawat. Selain itu, lidah buaya mampu mencegah tumbuhnya jerawat baru. Khasiat ini diperoleh karena lidah buaya memiliki kandungan zat anti inflamasi.

Penegasan ulang

Banyaknya manfaat yang terkandung menjadikan lidah buaya banyak diolah menjadi obat atau krim untuk merawat kulit. Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk kesehatan rambut, tetapi juga baik untuk pembentukan sel-sel kulit baru dan mencegah munculnya jerawat.

Sumber: dikutip dengan perubahan dari https://sekolahnesia.com/

Contoh teks eksposisi berita 1

Tesis

Tak terasa sudah hampir 3 bulan masyarakat harus bekerja di rumah. Sebagian orang mengaku tidak mudah membangun rutinitas di rumah. Alih-alih WFH, seseorang bisa malas dan cenderung tidak produktif. 

Maka dari itu, diperlukan sebuah langkah yang mampu membuat rutinitas yang biasa di kantor bisa berubah di rumah lebih nyaman dan tetap produktif.

Argumentasi

Tentukan jam kerja

Umumnya saat bekerja di rumah, waktu bekerja terasa bebas tanpa perlu mengaturnya. Perlu diingat, meskipun kamu sedang berada di rumah upayakan untuk mengatur waktu kerja layaknya bekerja di kantor.

Dengan memakai cara ini maka suasana kerja dan mindset kamu pun akan tercipta seakan sedang berada di kantor menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Punya target kerja

Memang bekerja di rumah rasanya waktu lebih banyak, tetapi jangan terlena oleh hal ini. Agar menjaga produktivitas selama bekerja di rumah, cobalah membuat target untuk semua pekerjaan akan dikerjakan. Dengan demikian kamu akan terpacu untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu setiap harinya.

Punya waktu istirahat

Saat bekerja stres dan rasa malas selalu menghantui, apalagi saat di rumah saja. Maka dari itu, kamu perlu cara untuk menyiasatinya agar kembali optimal dalam bekerja.

Umumnya, beberapa orang saat stres mengakalinya dengan berjalan-jalan atau travelling. Tetapi karena tidak bisa bepergian saat ini, tentu kamu harus putar otak agar bisa refreshing saat bekerja di rumah. Salah satu cara refreshing yaitu tontonan yang menghibur dan informatif.

Penegasan ulang

Meski sedang menjalani kerja dari rumah atau work from home, kamu tetap bisa produktif dengan melakukan kedua cara di atas. Dengan begitu, kamu tidak akan terlena dengan kenyamanan di rumah. Target kerja pun juga akan tetap bisa dipenuhi.

Sumber: dikutip dengan perubahan dari https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4264596/sering-dilupakan-3-hal-ini-bisa-tingkatkan-produktivitas-selama-bekerja-di-rumah

Contoh teks eksposisi berita 2

Tesis

Hujan deras yang terjadi di wilayah utara Kabupaten Lamongan, Jawa Timur sejak Selasa, 26 Mei 2020 dini hari membuat Sungai Asinan di perbatasan Brondong-Paciran meluap.

Argumentasi

Akibatnya, empat unit rumah di wilayah Desa Blimbing, Paciran rusak dan jalan raya di pinggir jembatan tergenang air hingga ketinggian satu meter. Selain itu, jalan di sekitar Jembatan Sumberagung dan jalan di dekat jembatan lingkar Blimbing, Paciran juga amblas menutup separo sungai.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur pun memberikan bantuan 1.000 paket sembako untuk warga terdampak banjir di Lamongan, khususnya di Kecamatan Paciran dan Brondong akibat hujan deras yang melanda wilayah setempat.

“Saya juga meminta BPBD Jatim berkoordinasi dengan BPBD Lamongan dan meminta jajarannya mengirim bantuan sembako untuk korban luapan sungai,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Rabu, (27/5/2020), seperti dikutip dari Antara.

Khofifah juga memerintahkan BPBD Jatim turun ke lapangan guna melakukan langkah strategis dan mendata warga terdampak.

Kendati dilanda musibah, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut meminta warga terdampak banjir untuk tetap bersabar, terlebih luapan sungai juga terjadi di saat pandemi COVID-19.

Sementara itu, bantuan paket sembako yang dikirimkan oleh Pemprov Jatim setiap paketnya terdiri dari lima kilogram beras, satu kilogram gula pasir, 10 butir telur ayam, 10 bungkus mi instan, dan biskuit.

Selain itu, karena saat ini juga masih dalam suasana pandemi COVID-19, paket ditambah tas kecil berisi paket vitamin, masker dan cairan pembersih tangan.

“Semoga bisa membantu meringankan beban warga terdampak. Kami berharap semua daerah di Jatim yang memiliki kerawanan bencana untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata dia.

Penegasan ulang

Meski saat ini masyarakat tengah dilanda wabah virus corona, masyarakat juga mesti tetap waspada akan terjadinya bencana musiman seperti ini. 

Sumber: dikutip dari https://surabaya.liputan6.com/read/4264405/sungai-asinan-meluap-akibatkan-banjir-di-lamongan-pemprov-jatim-kirim-1000-paket-sembako

Itulah beberapa contoh teks eksposisi singkat yang telah dirangkum oleh Studio Literasi. Semoga contoh-contoh teks eksposisi di atas dapat bermanfaat. Studio Literasi selalu bisa menjadi partner belajarmu kapanpun dan di manapun. Selamat belajar!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Contoh Teks Eksposisi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]