1. Uncategorized

Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan

Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks ulasan.  Simak sampai habis ya!

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan dari berbagai referensi memiliki arti yang berbeda-beda. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ulasan merupakan tafsiran atau komentar yang dikemas dalam bentuk pendapat. 

Sementara itu, menurut Kosasih, teks ulasan merupakan langkah untuk memperkenalkan buku atau karya kepada pembaca sehingga membuatnya tertarik untuk membeli dan memiliki karya tersebut. 

Fungsi dari teks ulasan tak lain adalah untuk menimbang, mengajukan, dan menilai karya yang diulas. Diharapkan dengan adanya ulasan, karya tersebut akan menjadi lebih baik dan baik dari segi tata bahasa, penyampaian, maupun konteks. Nah, untuk memahaminya lebih jauh, kalian perlu memperhatikan struktur teks ulasan sampai dengan contoh teks ulasan. 

Artikel Terkait

  • Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 23, 2024 at 12:14 am

    Tari Pendet memang sudah identik dengan Bali dan sudah menjadi salah satu ciri khas. Tapi, pernah tidak kamu penasaran apa nama busana dari para penari Tari Pendet tersebut? Sini, Museum Nusantara akan membahasnya satu per satu dan lengkap melalui artikel ini! Jenis-Jenis Tari Pendet Ada 2 jenis Tari Pendet, yakni: Tari Pendet Penyambutan Biasanya sebagai The post Keindahan Tata Busana Tari Pendet, Banyak Maknanya! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Baca Juga: Mengenal Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Lengkap!

Struktur Teks Ulasan

Contoh teks ulasan yang baik adalah yang tidak melewatkan bagaimana struktur teks ulasan tersebut dikembangkan. Dengan menerapkan struktur teks ulasan yang baik, maka kalian akan lebih mudah dalam menyampai sebuah ulasan sebuah karya atau buku. 

Identitas Karya

First of all, kalian harus memahami siapa di balik karya tersebut. Identitas karya itu dapat berupa judul karya penerbit, pengarang, tahun terbit, ukuran buku dan halaman.  

Orientasi

Orientasi merupakan tujuan. Struktur teks ulasan ini memuat tujuan atau kepentingan dari sebuah karya. Pada poin ini, kalian bisa menggambarkan bagaimana profil dan popularitas sebuah karya tersebut. Dengan begitu, kalian akan merasa lebih dekat dan mengetahui seberapa bagus sebuah karya.

Sinopsis

Identitas dan orientasi telah dilakukan, maka kalian bisa mengerjakan sinopsis. Apa itu sinopsis? Melansir wikipedia, sinopsis merupakan penggambaran secara umum sebuah karya terkait dengan alur dan isi cerita.  Dengan memahami sinopsis maka kalian akan lebih mudah dalam mengulas sebuah karya. 

Analisis

Menghasilkan contoh teks ulasan yang baik, maka kalian harus pintar dalam menganalisis isi sebuah karya. Setiap karya, parameter analisisnya berbeda-beda. Analisis karya buku atau novel bisa dimulai dari penjelasan tentang unsur-unsur intrinsik, meliputi tema, latar, tokoh, alur, dan sebagainya.

Sementara itu, untuk ulasan lagu kalian bisa menggunakan unsur estetika, komposisi, aransemen, dan parameter musik lainnya.  

Evaluasi

Tidak ada gading yang tak retak, begitulah ungkapan yang tepat untuk sebuah karya. Kelebihan dan kekurangan karya harus disampaikan secara tepat dan relevan. Pada bagian ini, kalian harus bijak dalam mengevaluasi dari sisi baik dan buruknya. Selanjutnya akhiri dengan kesimpulan tentang penilaian akhir karya.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Tentang Konferensi Asia Afrika

Contoh Teks Ulasan

Supaya lebih mudah dalam memahami bagaimana bentuk teks ulasan. Berikut kami jabarkan contoh teks ulasan dari karya yang terkenal yaitu buku laskar pelangi. 

Identitas Karya

Judul Buku : Laskar Pelangi

Pengarang : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Terbit : 2005

Tebal Halaman : 529

Dimensi Buku : Panjang 20,5 cm , Lebar 12,8 cm

Laskar pelangi merupakan karya dari penulis tersohor bernama Andrea Hirata. Novel ini adalah Tetralogi Laskar Pelangi yang berhasil diterbitkan pada tahun 2005. Singkatnya, novel ini menceritakan tentang kehidupan anak dari keluarga tidak mampu yang bersekolah di sekolah Muhammadiyah Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di pulau Belitung.

Anak-anak pejuang mimpi yakni Ikan, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Kucai, Syahdan, Borek, Harun, dan Trapani harus tertampar realita bahwa tidak semudah itu meraih mimpi di tengah keterbatasan hidup.

Mungkin seperti peribahasa si cebol rindukan bulan, novel ini menceritakan impian anak-anak yang ingin menjadi orang sukses di kehidupan dewasa yang terhalang oleh faktor ekonomi dan pendidikan.  Hal ini mulai terasa ketika saat itu SD Muhammadiyah yang terancam tutup apabila murid yang daftar tidak lebih dari 10 orang. 

Apalagi, melihat keadaan keluarga di sana yang lebih senang apabila anaknya membantu mereka bekerja daripada menuntut ilmu. Namun, keadaan lingkungan yang kurang menguntungkan, tidak membuat dirinya menjadi pesimis. Asa demi asa, mereka rajut dengan bekal semangat berkobar yang ada di dada. 

Pada zaman tersebut, novel ini begitu banyak dicari karena mengandung pesan-pesan yang sangat bagus. Si penulis mencoba untuk memunculkan metafora cerdas dan menggambarkan detail peristiwa dengan baik. Ceritanya pun menyentuh dan mengundang air mata. Tak hanya itu, penyampaiannya yang tidak kaku dengan unsur-unsur humoris yang dikemas tidak berlebihan sehingga membuat buku ini terlihat vibrant. 

Banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dari novel ini, apalagi khususnya bagi para pelajar yang ingin menggapai cita-cita. Dibutuhkan semangat juang yang tangguh, kesabaran, dan ketekunan yang luar biasa. Ada banyak nilai moral yang wajib diteladani disini seperti hubungan dengan tuhan, sosial, kepedulian terhadap sesama dan mempercayai takdir. 

Novel ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut seperti nama-nama ilmiah yang tersebar di cerita, glosarium yang memuat kata asing sehingga membuat pembaca merasa kurang nyaman. Tak hanya itu, alur cerita yang terkandung adalah maju-mundur, sehingga membuat pembaca merasa bingung apabila tidak membacanya secara teliti. 

Kesimpulan

Nha, itulah penjelasan lengkap mengenai contoh teks ulasan. Perlu adanya perhatian penyuntingan dan evaluasi supaya hasil karya semakin baik. Dengan begitu, maka karya akan semakin banyak diminati dan tentunya mendapatkan apresiasi yang besar.  Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Yuk, Mengenal Bagaimana Cara Memahami Contoh Teks Ulasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]