1. Uncategorized

Debit dan Kredit: Pengertian, Penggunaan & Perbedaannya

Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih! 

Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar istilah kartu debit atau kredit? Yap, kartu yang biasa kalian pakai saat melakukan kegiatan transaksi memiliki fungsi yang berbeda, lho. Namun secara umum istilah debit merujuk pada arti penambahan uang dan kredit pengeluaran uang. Nah, daripada penasaran, yuk kenali perbedaan debit dan kredit di sini!

Perbedaan Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Debit dan Kredit dalam Akuntansi
Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Di dalam dunia akuntansi, istilah dasar ini sangat melekat dengan kegiatan bertransaksi barang atau jasa. Secara prosedural, para akuntan melakukan pelaporan keuangan yang tentu saja memuat rincian debit dan kredit yang terjadi selama periode tertentu. Nah, supaya kalian bisa memahaminya dengan baik, simak penjelasan berikut. 

Pengertian Debit

Secara etimologis, kata debit berasal dari Bahasa Latin yaitu “debere” yang artinya pencatatan akuntansi. Melansir cnnindonesia, artinya adalah sebuah kegiatan di mana set dan biaya dalam sebuah perusahaan tersebut meningkat. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Maksudnya adalah aset-aset dan biaya mengalami peningkatan atau pertumbuhan dalam periode tertentu. Selanjutnya yang perlu kalian ketahui, penambahan dana ini bukanlah wujud dari utang piutang atau sewa.  Dalam penulisannya pun ada aturannya lho kawan literasi,yakni kolom debit dalam laporan keuangan terletak sebelah kiri.  

Pengertian Kredit

Layaknya debit, kata ini diambil juga dalam Bahasa Latin yaitu “credere”. Artinya adalah berupa pencatatan kegiatan akuntansi yang memuat utang atau kewajiban yang harus dibayar oleh sebuah perusahaan atau lembaga. Dengan begitu, beban yang ditanggung oleh perusahaan akan berkurang. Lalu, penulisannya yaitu berada di sisi bagian kanan. 

Penggunaan Arti Debit dan Kredit yang Tepat dalam Akuntansi

Nah, setelah kalian mengenal arti debit dan kredit dalam dunia akuntansi. Namun, dalam penggunaannya ada saja yang masih belum tau. Beberapa definisinya terklasifikasi sebagai berikut, antara lain:

Aset

Beberapa orang menilai aset adalah sebuah harta berharga yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan. Padahal menurut OCBC, aset tidak selalu dimiliki sepenuhnya oleh pemegangnya. Nah, klasifikasi aset itu sendiri terbagi menjadi dua yakni aset tetap (fixed assets) dan aset lancar (liquid assets). Nah, kira-kira kawan literasi tau nggak apa ya perbedaannya?

Pertama ada aset tetap. Aset jenis ini memiliki masa manfaat jangka panjang dalam sebuah perusahaan yang menghasilkan pendapatan. Aset tetap dapat terlihat keberadaannya dan sifatnya relatif permanen. Kedua, aset lancar. Aset jenis ini  bernama aset liquid. Sesuai dengan namanya, ia mudah untuk dicairkan. Beberapa aset lancar yang perlu kalian ketahui antara lain piutang usaha, mesin perusahaan, peralatan kantor, kas, dan sebagainya. 

Beban

Beban atau expense adalah kegiatan pembelajaan yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan supaya perusahaan tersebut bisa berjalan semestinya. Ia akan semakin meningkat jika terdebitkan dan akan berkurang jika terkreditkan. Tentu saja makan dari debit dan kredit dalam konteks beban berbeda dari sebelumnya. 

Liabilitas

Selanjutnya ada liabilitas. Berbeda dari beban, ia merupakan kewajiban keuangan yang harus dibayarkan oleh perusahaan kepada pihak yang bersangkutan. Biasanya perusahaan akan mengambil sejumlah dana untuk mendukung kegiatan operasionalnya. Contoh liabilitas adalah hutang, pinjaman, hipotek dan lain-lain.

Ekuitas

Selanjutnya adalah ekuitas. Ekuitas merupakan hak kepemilikan seseorang dalam suatu perusahaan. Menurut klikpajak, ekuitas merupakan seluruh jumlah aset perusahaan yang telah dikurangi liabilitas .

Pendapatan

Selanjutnya debit dan kredit yang terakhir adalah pendapatan. Pendapatan bisa terjadi karena adanya aktivitas yang menghasilkan uang. Contohnya adalah pendapatan bunga, penjualan, dan royalti. 

Perbedaan Debit dan Kredit dalam Perbankan

Debit dan Kredit dalam Perbankan
Debit dan Kredit dalam Perbankan

Selanjutnya kita meninjau perbedaan debit dan kredit dalam bidang perbankan. Nah, kawan literasi dalam perbankan istilah debit dan kredit berhubungan dengan kegiatan transaksi banking. Nah, apa sajakah itu? 

Pengertian Debit

Kartu debit merupakan sebuah kartu yang bank terbitkan sebagai pelengkap rekening tabungan. Setiap tabungan tentunya akan mendapatkan satu kartu debit untuk memudahkan dalam bertransaksi. Jadi, jika ingin bertransaksi cukup masukkan kartu debit pada mesin ATM, masukkan password dan lakukan transaksi sesuai dengan kalian inginkan

Pengertian Kredit

Selanjutnya ada pengertian kartu kredit. Apakah itu kartu kredit? kartu yang digunakan untuk membayar transaksi dengan batasan jumlah kredit tertentu. Tentunya dengan persyaratan tertentu supaya pembayaran berjalan dengan optimal. Biasanya, bank akan menerbitkan beberapa kebijakan sebelum nasabah melakukan pengkreditan.

Meskipun kartu ini tidak memiliki sumber dana, namun ada ketentuan limit atau batas maksimal dalam penggunaan kartu. Kebijakan setiap bank berbeda-beda, biasanya pengguna kartu kredit akan mendapat beberapa keuntungan berupa cicilan dengan bunga 0% atau penukaran poin dengan sejumlah hadiah tertentu. 

Debit dan kredit adalah hal yang familiar dalam dunia akuntansi dan perbankan. Wah, gimana guys, jadi lebih paham, bukan? Oke, sampai sini saja dahulu pembahasan kita, dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Debit dan Kredit: Pengertian, Penggunaan & Perbedaannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]