1. Pengetahuan Umum

Sholat Tahajud: Niat, Waktu, Tata Cara, Doa

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada sepertiga malam dan memiliki keutamaan serta pelaksanaannya dianjurkan bagi umat muslim. Doa sholat tahajud sebaiknya selalu dibaca setiap pelaksanaan sholat. Sholat tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail, artinya sholat malam.

Studio Literasi akan membahas mengenai doa sholat tahajud, waktu pelaksanaan sholat, dan tata caranya. Yuk simak ulasan di bawah ini.

Doa Sholat Tahajud

Berikut doa sholat tahajud dan artinya yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari dan Muslim.

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samawati wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa’dukal haq. Wa liqa’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naru haq. Wan nabiyyuna haq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haq. Was sa’atu haq.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Allâhumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirli ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a’lantu, wa ma anta a’lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya:

Ya Allah, Tuhan kami Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

Doa sholat tahajud ini disunnahkan untuk dibaca untuk memohon ampun dan meminta petunjuk kepada Allah SWT.

Waktu Pelaksanaan Sholat Tahajud

Sholat Tahajud
Sholat Tahajud, foto oleh Hot Liputan6 Com

Terdapat dua perbedaan pendapat dari ulama tentang waktu pelaksanaan sholat ini. Ada yang berpendapat bahwa sholat sunnah tahajud dilaksanakan setelah bangun tidur di malam hari. Namun ada juga ulama yang berpendapat bahwa sholat sunnah tahajud boleh dilaksanakan tanpa harus tidur terlebih dahulu.

Anda bisa melaksanakan sholat malam dalam rentang waktu setelah isya’ hingga sebelum masuknya waktu subuh. Terdapat tiga pilihan waktu, yaitu di sepertiga malam pertama, sepertiga malam kedua, dan sepertiga malam terakhir. Namun waktu yang paling dianjurkan adalah di sepertiga malam terakhir.

Bagi umat muslim yang menjalankan sholat sunnah tahajud secara rutin setiap malam, Allah akan memberikan pahala yang berlimpah karena sholat ini adalah salah satu sholat yang memiliki keutamaan.

Di saat orang lain terlelap dalam tidurnya, lalu Anda bangun untuk menjalankan sholat malam, dengan keadaan yang sunyi dan tenang, Anda akan lebih khusyuk untuk memohon dan berdoa kepada Allah SWT.

Allah telah memerintahkan kepada umat muslim untuk menjalankan sholat sunnah tahajud, yaitu tertulis dalam surat As-Sajdah ayat 16-17 yang artinya sebagai berikut.

“Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.” (ayat 16)

“Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.” (ayat 17)

Keutamaan Sholat Tahajud

Allah memerintahkan umat muslim untuk menjalankan sholat malam untuk berdoa kepada Allah agar terhindar dari api neraka dan bershodaqoh atas sebagian hartanya karena Allah. Selain itu, bagi hamba-Nya yang menjalankan sholat malam dengan istiqomah, maka Allah akan menjanjikannya surga.

Niat Sholat Tahajud

Setiap kali sebelum melakukan sholat, kewajiban yang harus dilakukan adalah niat. Dengan membaca niat, ibadah kita akan menjadi sempurna. Berikut ini adalah niat sholat sunnah tahajud.

“Ushallii sunnatan tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala”

Artinya:

“Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah ta’ala”

Tata Cara Sholat Tahajud

Menurut pendapat beberapa ulama, jika sudah mengerjakan sholat tarawih berjamaah, sholat sunnah tahajud sebaiknya dilakukan secara sendiri.

Sholat sunnnah tahajud dilaksanakan 2 rakaat 2 rakaat dengan jumlah rakaat tak terbatas. Namun menurut HR Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan sholat sunnah tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (dengan witir).

“Nabi Muhammad SAW biasa mengerjakan sholat malam sebanyak 13 rakaat.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Sholat malam atau sholat tahajud itu 2 rakaat 2 rakaat. Jika salah seorang dari kalian khawatir akan masuk waktu subuh, maka hendaklah lakukan sholat sunnah witir 1 rakaat sebagai penutup yang menjadi sholat yang sudah dilakukan sebelumnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Secara umum, tata cara sholat sunnah tahajud hampir sama dengan sholat fardlu, bedanya hanya terletak pada niatnya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Rakaat Pertama

  • Membaca niat sholat tahajud
  • Mengucapkan takbir
  • Membaca doa iftitah
  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek 
  • Ruku’ dan membaca do’a ruku’
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal
  • Sujud pertama dan membaca doa sujud
  • Duduk di antara 2 sujud 
  • Sujud kedua dan membaca doa sujud
  • Berdiri kembali

2. Rakaat Kedua

  • Membaca surat Al-Fatihah
  • Membaca surat pendek
  • Ruku’ dan membaca do’a ruku’
  • I’tidal dan membaca doa i’tidal
  • Sujud pertama dan membaca doa sujud
  • Duduk di antara 2 sujud 
  • Sujud kedua dan membaca doa sujud
  • Membaca tahiyat akhir
  • Salam
  • Membaca doa sholat tahajud dan dzikir setelah sholat 

Demikianlah penjabaran mengenai doa sholat tahajud, waktu pelaksanaan sholat, keutamaan, dan tata cara melaksanakannya. Sebagai seorang muslim, Anda bisa mencoba mempraktekkan sholat sunnah ini di malam hari untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan agar doa Anda diijabahi. Mengerjakan sholat sunnah tahajud dianjurkan untuk menambahkan 1 sholat witir sebagai penutup agar sholat lebih sempurna.

Baca Juga: Kumpulan Bacaan Sholawat Nabi

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Sholat Tahajud: Niat, Waktu, Tata Cara, Doa

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]