1. Pengetahuan Umum

Doa Untuk Orang Tua

Sudahkah kalian memanjatkan doa untuk orang tua hari ini? Jika belum, yuk bacakan doa tersebut sekarang.

Setiap tanggal 22 Desember, hampir seluruh masyrakat memperingati hari ibu. Ada banyak cara yang dilakukan untuk ikut merayakan momen spesial tersebut mulai dari menemui ibunya untuk mengucapkan selamat hari ibu, permintaan maaf, terimakasih, hingga memberikan hadiah.

Bahkan, bagi mereka yang tengah berada di luar kota atau tak sempat mengunjungi ibunya secara langsung, hari ibu diucapkan secara online melalui sosial media. Cara berikut pun tak mengurangi bukti cinta anak kepada ibu tersayangnya.

Tak jauh berbeda, hari ayah yang jatuh pada tanggal 12 November juga biasa dirayakan dengan cara yang sama seperti saat memperingati hari ibu.

Artikel Terkait

  • Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on Mei 10, 2024 at 10:44 am

    Tari Merak, tarian tradisional Indonesia yang asalnya dari Jawa Barat. Tarian ini terkenal dengan gerakannya yang anggun dan penuh makna, tetapi juga kostumnya yang indah. Mulai berkembang pada sekitar tahun 50-an, oleh seorang koreografer saat itu, Raden Tjetjep Soemantri. Eits, tarian ini sudah mendunia, lho! Bahkan, saat ini Tari Merak sudah masuk daftar UNESCO dengan The post Tari Merak: Makna, Fungsi, Busana, dan Gerakan appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 10, 2024 at 12:32 am

    Kitab Weda adalah kitab suci utama yang menjadi pedoman hidup bagi umat Hindu, yang dipercaya berasal dari sekitar 1500-500 SM. Kata “Weda” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “pengetahuan” atau “kebijaksanaan”. Pada kitab Weda isinya, mengenai doa, pujian, dan ajaran yang menjadi pedoman utama dalam bertindak. Selengkapnya, mengenai Kitab Weda bisa kamu baca penjelasannya dibawah Artikel Kitab Weda: Pedoman Utama Umat Hindu pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 6:00 am

    Tenses masih menjadi penghambat utama saat belajar Bahasa Inggris. Pasalnya kita dituntut untuk menguasai berbagai jenis tenses dan masing-masing memiliki fungsinya berdasarkan waktu kamu melakukan kegiatan. Karena kalau salah, maka dapat mempengaruhi susunan atau lanjutan kalimat berikutnya.  Bahkan bisa terjadinya misscom lantaran hanya kesalahan dalam memakai tenses. Tapi tenang, sebenarnya masih ada beberapa cara mudah Artikel 8 Cara Belajar Tenses dengan Mudah & Bikin Cepat Mengerti! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Mei 2, 2024 at 5:30 am

    Sifat-sifat gelombang bunyi merupakan salah satu dari sekian materi yang termasuk dalam kelompok IPA. Bahkan, kita sudah mulai mendapatkannya sejak berada level Sekolah Dasar (SD). Pas banget, Studio Literasi menuliskan artikel ini khusus tentang sifat-sifat gelombang bunyi buat yang sedang atau akan mempelajarinya. Yuk, persiapkan dirimu dengan menambah pengetahuan ilmu tersebut dengan membacanya! Gelombang Bunyi Artikel Mari Ketahui, 9 Sifat-Sifat Gelombang Bunyi! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Nah, setelah mengucapkan selamat, permintaan maaf, terima kasih, ataupun memberi hadiah kepada ibu, jangan lupa memanjatkan doa orang tua kepada Tuhan, ya.

Berikut doa untuk orang tua beserta artinya yang dapat teman-teman panjatkan kepada Allah SWT.

Doa Untuk Orang Tua Dalam Agama Islam

Untuk doa pertama dapat dipanjatkan pada saat orang tua kalian masih berada di dunia ataupun sudah meninggalkan dunia. Karena kalimat mengampuni dosa dan juga berbelas kasih memiliki lingkup yang dapat mencakup dunia maupun akhirat.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa

Artinya: 

Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.

Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Sedangkan doa kedua dikhususkan untuk teman-teman yang orang tuanya sudah berpulang ke rahmatullah. Kenapa seperti itu? Teman-teman bisa langsung baca arti yang sudah tertulis di bawah untuk mendapatkan jawabannya.

Berikut doa untuk orang tua yang sudah meninggal.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa ‘Aafihi Aa’fu ‘anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi’ Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas. Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A ‘Idzhu Min ‘Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min ‘Adzaabin Naar

Artinya: 

Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskan lah, lepaskan lah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah jalan masuknya, bersihkan lah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkan lah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan ganti lah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkan lah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungi lah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

Keutamaan Doa Untuk Orang Tua Dalam Agama Islam

Keutamaan Doa Untuk Orang Tua Dalam Agama Islam
Keutamaan Doa Untuk Orang Tua, Foto Oleh kumparan com

Di dalam agama Islam, orang yang sudah meninggal tidak akan dapat lagi menambah rekening pahala mereka, kecuali dari tiga sumber yang juga disebut sebagai amal jariyah, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh.

Keterangan tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Hr. Muslim yang berbunyi seperti berikut.

وَوَصَّيْنَا ٱلْإِنسَٰنَ بِوَٰلِدَيْهِ حُسْنًا ۖ وَإِن جَٰهَدَاكَ لِتُشْرِكَ بِى مَا لَيْسَ لَكَ بِهِۦ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَآ ۚ إِلَىَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُم بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ

Artinya:

Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputus lah amalannya kecuali 3 perkara, iaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang soleh.

Oleh karena itu, tidak cukup hanya dengan ucapan selamat, permintaan maaf, terimakasih, dan pemberian hadiah, untuk membuat orang tua kita selamat dan bahagia dunia akhirat kita juga harus menjadi anak yang sholeh.

Bukan hanya sholeh dalam artian berbakti kepada orang tua, tapi soleh dalam artian dapat berbagi banyak kebaikan kepada orang-orang di sekeliling, bangsa, negara, dan agama kita.

Jangan hanya memberikan hadiah pada saat memperingati hari ibu dan ayah ataupun hari ulang tahun mereka, kalian dapat memberikan mereka hadiah dengan berbuat kebaikan dan mendoakan mereka. 

Karena setiap kebaikan yang kalian buat akan menjadi sumber aliran pahala bagi orang tua kita, baik yang masih hidup maupun sudah meninggal.

Baca Juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan Berdasarkan Adabnya

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Doa Untuk Orang Tua

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]

    Trending

    Antropologi ragawi menggunakan sudut pandang ilmunya dari aspek fisik dan biokultural manusia. Aspek-aspek tersebut juga meliputi biologi kesehatan dan kesejahteraan manusia. Dalam antropologi ragawi, pertama, manusia adalah organisme biologis, kemudian terlahir sebagai makhluk sosial. Yuk, kita pelajari lebih lengkap dalam ulasan berikut ini. Apa Itu Antropologi Ragawi? Antropologi ragawi fokus untuk mempelajari manusia serta primata […]
    Di sekolah, teman-teman tentu wajib mengenal sekaligus menguasai berbagai aplikasi penunjang dalam proses pembelajaran, seperti di antaranya Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint. Berbagai program tersebut yang dinamakan aplikasi office atau aplikasi perkantoran. Sekarang, coba kita pelajari lebih lanjut, ya. Apa Itu Aplikasi Perkantoran? Aplikasi office atau aplikasi perkantoran adalah berbagai aplikasi yang fungsinya memudahkan pekerjaan […]
    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]