1. Uncategorized

Efek Doppler: Sejarah, Pengertian, Rumus dan Penerapannya

Pernahkah kalian mendengar suara sirine pemadam kebakaran atau ambulans yang menggaung keras walaupun dari kejauhan? Kalian pasti bertanya, suara terdengar dari kejauhan terasa begitu kencang, namun ketika kita mendengarkannya tepat di depan kita suaranya seolah-olah berbeda. Nah, itu terjadi karena adanya efek doppler.

Efek tersebut terjadi secara alamiah, lho. Yuk, kita kenalan lebih jauh tentangnya dengan menyimak penjelasan berikut ini!

Sejarah Singkat Efek Doppler

Christian Doppler
Christian Doppler

Efek ini pertama kali dicetuskan oleh seorang ahli matematika dan fisika berkebangsaan Austria, yaitu Christian Doppler. Beliau berasal dari kalangan keluarga yang cukup terpandang yaitu pebisnis terkemuka pada saat itu. 

Saat berada di bangku sekolah, kecerdasan Doppler semakin terlihat, terutama pada pelajaran matematika. Akhirnya setelah mengenyam pendidikan formal, Doppler dewasa melanjutkan pendidikannya di Vienna Polytechnic Institute.  

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Beliau mulai mencurahkan dedikasinya pada pengembangan ilmu pengetahuan alam. Melanjutkan studi lanjut selama 3 tahun, tak membuatnya berhenti sampai di situ saja. Karirnya sebagai akademisi mulai meroket ketika menjadi asisten Profesor Burg, guru besar di Vienna University.

Selanjutnya, pada tahun 1837 Doppler menikahi seorang wanita bernama Mathilda Sturm dan dikaruniai 5 orang anak. Akhirnya setelah lima tahun usia pernikahannya, Doppler mendapat gelar professor. 

Setelah bertahun-tahun menjadi pendidik, tentu saja Doppler melahirkan beberapa karya tulis ilmiah. Salah satu publikasinya yang terkemuka adalah “Pewarnaan Cahaya pada Bintang Biner dan Bintang Lain”. Lalu, di dalam karyanya dia mengenalkan efek doppler pada khalayak umum. 

Christian Doppler menjelaskan bahwa frekuensi gelombang terbentuk berdasarkan gerak relatif sumber dan pengamat. Apabila sumber bergerak menjauhi atau mendekati pengamat maka frekuensi gelombang yang diperoleh pengamat akhirnya tidak sama dengan yang dipancarkan oleh sumber gelombang. 

Baca Juga:Konsep Gelombang Elektromagnetik, Spektrum, & Sifatnya

Apa Itu Efek Doppler

Pengertian Efek Doppler
Pengertian Efek Doppler

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa efek doppler merupakan fenomena yang terbentuk karena frekuensi gelombang dari suatu sumber dan diterima oleh detektor sehingga ia mengalami perubahan akibat pergerakan relatif detektor terhadap sumber gelombang dan sebaliknya.  

Rumus Efek Doppler

Efek doppler dapat dihitung menggunakan rumus sistematisi. Rumus ini terbentuk dari beberapa faktor seperti kecepatan udara, kecepatan pengamat, kecepatan sumber bunyi dan kecepatan gerak sumber bunyi yang tercipta. Sehingga, rumusnya adalah sebagai berikut:

fₚ=\frac{v±fₚ}{v±fₛ} fₛ

Keterangan Rumus

fₚ = frekuensi sumber suara  (Hz)

v = kecepatan udara (m/s)

vₚ = kecepatan pengamat (m/s)

fₛ = frekuensi sumber bunyi (Hz)

vₛ = kecepatan sumber suara (m/s)

Kita perhatikan tanda kurang lebih “”, ia mempunyai dua arti yaitu bisa bernilai negatif atau positif. Kecepatan pengamat (vₚ) akan bernilai positif jika ia bergerak mendekati sumber bunyi, dan kecepatan sumber suara (vₛ) akan bernilai positif jika sumber bunyi bergerak menjauhi pengamat. 

Namun, kecepatan pengamat (vₚ) akan bernilai negatif jika ia bergerak menjauhi sumber suara serta kecepatan suara (vₛ) bernilai negatif jika ia mendekati pendengar atau pengamat. 

Baca Juga: Mengenal Hukum Kekekalan Energi Beserta Jenis-Jenisnya

Kegunaan Efek Doppler

Ekokardiogram
Ekokardiogram

Nah, setelah kalian mengetahui definisi dan rumus efek doppler, mari kita mempelajari implementasi atau kegunaannya:

  1. Efek ini berguna  pada sirine ambulans maupun pemadam kebakaran, supaya pengendara di depannya bisa memberinya jalan untuk melaju cepat.
  2. Dalam lingkup medis, efek doppler berguna dalam menegakkan diagnosa medis yang berada di ekokardiogram. Efek ini bermanfaat untuk mengukur aliran darah yang masuk di pembuluh darah arteri atau vena. 
  3. Komunikasi satelit memanfaatkan efek doppler untuk memantau kinerja satelit dengan cara mengetahui perubahan frekuensi atau panjang gelombang. 
  4. Pakar meteorologi ini menggunakan efek Doppler untuk melacak badai melalui getaran yang dihasilkannya. 
  5. Ahli astronom biasa menggunakannya untuk memantau perubahan gelombang elektromagnetik guna mengidentifikasi benda-benda langit 

 

Contoh Soal

Sebuah mobil pemadam kebakaran bergerak dari arah Barat dengan kecepatan 80 km/jam. Mobil tersebut tak lupa membunyikan sirine dengan frekuensi 850 Hz. Maka, tentukan frekuensi bunyi sirine yang didengar oleh orang-orang yang berada di bahu jalan ketika mobil tersebut sudah berlalu dengan cepat (kecepatan bunyi = 340 m/s) 

Cara Penyelesaian

v = 340 m/s

fp = 0

vs = 80 km/jam

fs = 850 Hz

Untuk mencari nilai fp maka masukkan rumus berikut ini

fₚ=\frac{v±fₚ}{v±fₛ} fₛ fₚ=\frac{340 m/s+0}{340+22,22 m/s} 850 fₚ=\frac{340 m/s}{362,22 m/s} 850 fₚ=797,85 Hz

Kesimpulan

Efek Doppler ternyata dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari ya, kawan literasi. Adapun kegunaannya juga bermanfaat baik dalam ilmu medis, astronomi, geografi, dan sebagainya.

Nah, kalian sudah paham, bukan? Yuk, simak artikel yang tidak kalah menarik pada kesempatan berikutnya.Sampai jumpa dan semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Efek Doppler: Sejarah, Pengertian, Rumus dan Penerapannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]