1. Uncategorized

Efek Fotolistrik: Pengertian, Proses, Faktor & Penerapannya

Salah satu tokoh fisikawan terkemuka adalah Albert Einstein. Beliau mencetuskan banyak teori yang berhubungan dengan alam semesta seperti gelombang gravitasi dan lubang hitam. Namun, tahukah kalian jika ada salah satu teori yang dia kembangkan yaitu efek fotolistrik?

Efek fotolistrik adalah efek yang bisa kita jumpai di kehidupan sehari-hari, lho. Daripada penasaran, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Pengertian Efek Fotolistrik

Pengertian Efek Fotolistrik
Pengertian Efek Fotolistrik

Efek fotolistrik merupakan proses terjadinya pelepasan elektron dari permukaan logam ketika logam tersebut dikenai oleh radiasi elektromagnetik. Elektron alias muatan ion negatif yang keluar disebut dengan fotoelektron. 

Lantas, bagaimana caranya supaya terjadi pelepasan elektron? Sederhananya, ia membutuhkan pembawa radiasi elektromagnetik alias foton. Elektromagnetik foton akan berbanding lurus dengan kuantitas energi dan berbanding terbalik dengan panjang gelombang. Semakin tinggi frekuensi radiasi elektromagnetiknya maka semakin besar energinya. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Sehingga, kuat arus yang dihasilkan juga semakin besar. Untuk Semakin besar intensitasnya foton, maka semakin besar pula kuat arus yang terukur pada amperemeter. 

Baca Juga: Efek Doppler: Sejarah, Pengertian, Rumus dan Penerapannya

Proses Terjadinya Efek Fotolistrik

Albert Einstein berhasil menjelaskan tentang bagaimana efek fotolistrik ini bekerja. Dengan menggunakan konsep Max Planck, beliau menjelaskan bahwa energi terkuantisasi sedemikian rupa. Maksudnya adalah energi tersebut digunakan untuk menjalankan proses fotolistrik yakni pelepasan dan pergerakan elektron. 

Proses terjadinya efek fotolistrik tergantung seberapa jauh letak elektron pada lintasan atomnya. Atom yang mempunyai energi tertinggi berada di lapisan kulit atom terluar. Sementara itu, atom dengan energi terendah berada di lapisan kulit terdalam. 

Nah, supaya elektron tersebut dapat keluar dari atom, maka perlu adanya energi yang cukup untuk membawanya keluar. Oleh karena itu, ia memerlukan proses penyerapan energi dari cahaya elektromagnetik. melalui proses eksitasi. 

Faktor yang Mempengaruhi Efek Fotolistrik

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efek fotolistrik, antara lain:

Frekuensi cahaya

Frekuensi cahaya yang diterima elektron sangat berpengaruh pada perpindahannya. Semakin tinggi frekuensi foton, maka semakin mudah elektron untuk melepaskan diri dari logam. 

Eksitasi Elektron

Eksitasi elektron dapat berhasil jika ia mampu menerima energi yang cukup besar. Selanjutnya, pelepasan elektron dari kulit atom setelah menerima energi akan terjadi ionisasi pada atom tersebut. 

Baca Juga:Mengenal Gas Mulia: Pengertian, Sifat & Penggunaannya

Penerapan Efek Fotolistrik di Kehidupan Sehari-Hari

Mesin Fotocopy

Mesin Fotokopi
Mesin Fotokopi

Kalian pasti tahu kan alat ini? Mesin fotocopy ini bekerja dengan cara menghasilkan cahaya terang untuk menyinari dokumen atau kertas. Sehingga cahaya tersebut akan dipantulkan lewat lensa sensor CCD. Setelah itu, lensa akan mengarah ke bagian silinder yang akan membuat elektron-elektron akan muncul ke permukaan.

Selanjutnya, kertas yang akan dipindai melalui dua buah rol panas bertekanan dan melelehkan toner di atasnya. Sehingga, kertas akan terisi persis sesuai dengan dokumen yang a

Kalkulator

Kalkulator
Kalkulator

Penerapan efek fotolistrik adalah kalkulator. Alat hitung ini menggunakan energi cahaya untuk menghasilkan listrik. Sementara itu. sel foto tersebut akan mengubah energi cahaya menjadi sumber energi listrik. Sehingga, kita bisa melihat melakukan penjumlahan, pengurangan dan sebagainya pada layar kalkulator sesuai dengan angka yang kita tekan. 

Barcode

Pemindai Barcode
Pemindai Barcode

Nah, kalau alat ini tentu semua pada tahu ya? Yap. Benar alat bernama barcode ini menggunakan prinsip efek fotolistrik,lho guys. Pemanfaatannya dengan cara mengubah citra menjadi data-data elektronik supaya bisa diproses oleh komputer. Pemindai harga ini akan mengubah data berasal dari tangkapan kamera sehingga data tersebut dapat tampil di layar monitor. 

Baca Juga: Apa Itu Gelombang Elektromagnetik? Yuk, Pelajari di Sini!

Kesimpulan

Efek fotolistrik merupakan proses terjadinya pelepasan elektron dari permukaan logam ketika logam tersebut dikenai oleh radiasi elektromagnetik. Prinsip dari efek ini adalah memberikan energi untuk membuat elektron terlepas dari permukaan logam. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilannya adalah frekuensi cahaya dan eksitasi elektron. Sementara itu, penerapan efek ini bisa terlihat pada proses pemindaian dokumen pada mesin fotocopy, kalkulator dan alat pemindai harga atau barcode.

Akhirnya kita sudah sampai pada akhir pembahasan. Bagaimana, kalian sudah paham bukan? Nantikan artikel selanjutnya tentang fenomena ilmiah,  dan yang lainnya di studio literasi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Efek Fotolistrik: Pengertian, Proses, Faktor & Penerapannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]