1. Uncategorized

Elektronika Dasar: Sejarah, Konsep & Komponennya

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang bab kelistrikan dan magnet. Ternyata kedua hal tersebut memiliki keterkaitan.  Berbicara materi kelistrikan, tentu kalian tidak asing dengan peranti atau perangkat elektronik seperti yang kalian pakai sehari-hari ya guys. Itulah hasil dari pemikiran dan penerapan ilmu elektronika dasar.

Mungkin di antara kalian masih bingung  tentang elektronika dasar. Yuk, lebih baik simak penjelasannya biar makin tahu.ya guys!

Dasar-Dasar Elektronika

Dasar-Dasar Elektronika
Dasar-Dasar Elektronika

Oke, kita akan mulai membahas dari apa saja lingkup dasar elektronika. Menurut serupa.id, pembahasan elektronika dasar mencakup dari pengertian elektronika, sejarah, komponen dasar, konsep dan peralatan yang dibutuhkan dalam kelistrikan.Elektronika merupakan sebuah cabang keilmuan ilmu fisika yang mempelajari arus listrik dengan cara mengontrol aliran bermuatan listrik dalam sebuah peralatan elektronik. Peralatan elektronik contohnya seperti handphone, komputer (PC), tablet dan sebagainya. 

Sementara itu, rangkaian pembuatan sirkuit elektronik sudah menjadi lingkup teknik elektro, teknik komputer, dan instrumentasi. Seperti yang kalian pakai saat ini, untuk membaca artikel di website ini tentu kalian menggunakan alat elektronik, bukan?

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Alat elektronik tersebut menggunakan dasar kerja elektronika, tentu saja dia menggunakan komponen arus listrik untuk membuatnya bisa beroperasi ketika dijalankan. 

Sejarah Elektronika

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison

Pada abad ke-18, sejarah elektronika dasar mulai tercipta. Saat itu, terjadi sebuah eksperimen atau percobaan yang dilakukan oleh Thomas Alva Edison. Percobaan itu membutuhkan tiga buah piranti elektronika seperti (vacuum tube), sirkuit terpadu (integrated circuit) dan transistor.

Alhasil, beliau mampu membuktikan bahwa elektron bisa berpindah dari konduktor satu ke konduktor lainnya melewati ruang hampa. Dari peristiwa tersebut, berarti adanya perpindahan atau konduksi yang bernama efek Edison. 

Selanjutnya, waktu berputar dan berhenti di tahun 1904. Penemuan tersebut disempurnakan oleh John Fleming. Ia menerapkan efek Edison untuk menemukan dua tabung elektron bernama diode. Dua tahun kemudian, Lee De Forest juga berhasil menemukan tabung tiga elemen alias triode. 

Beberapa tahun kemudian, penerapan tabung elektron sudah merambah ke bidang komunikasi radio. Lalu, pengembangan telegraf nirkabel serta komunikasi radio jarak jauh. Perkembangan elektronika dasar tidak sampai di situ saja, tepatnya pada tahun 1918 Edwin Armstrong menemukan “superheterodyne” yang mampu memilih sinyal stasiun radio melalui modulasi frekuensi FM. Ternyata bila kita tilik lebih jauh,  setiap bertambahnya tahun pasti teknologi semakin canggih mengikuti perkembangan zaman. 

Baca Juga: Hukum Gaya Elektromagnetik: Biografi, Konsep & Jenis Hukumnya

Konsep Elektronika

Selanjutnya kita akan membahas konsep elektronika dasar. Ia terbagi menjadi dua yaitu elektronika digital dan elektronika analog. Oke, mari kita pahami kelebihan dan kekerangannya satu per satu.

Elektronika Analog

Kamera Analog
Kamera Analog

Sesuai dengan namanya, elektronika analog merupakan elektronika yang memiliki sinyal listrik berkesinambungan dan komponen terpisah. Dua parameter utama dari sinyal analog adalah frekuensi dan amplitudo. 

Sinyal analog ini berupa sinyal data berbentuk gelombang yang membawa informasi dengan cara mengubah karakteristik sebuah gelombang. Selanjutnya, beberapa contoh peranti atau alat yang menerapkan konsep elektronika analog antara lain kamera analog, alat perkusi, jam tangan konvensional, dan komputer program sederhana. 

Kelebihan Analog

Selanjutnya kelebihan menggunakan elektronika analog antara lain:

  1. Tidak mudah termakan usia
  2. Biaya terjangkau
  3. Ketepatan hasil dapat diuji
Kekurangan Analog
  1. Segi efisiensi waktu yang kurang
  2. Pemakaian yang lambat

Elektronika Digital

Komputer
Komputer

Selanjutnya adalah elektronika dasar digital. Elektronika dasar digital merupakan sistem elektronika yang menggunakan sinyal digital untuk mengoperasikan perantinya. Sinyal digital ini adalah sebuah representasi dari aljabar yang biasa terdapat pada peranti modern seperti komputer, telepon genggam, dan lain-lain. 

Selanjutnya, sinyal digital terdiri dari dua jenis yaitu 1 dan 0. Angka tersebut mempresentasikan tegangan yang berbeda. Angka 1 berarti high, active, true alias tegangan maksimum sedangkan 0 artinya low, inactive dan false adalah tegangan minimum.

Baca Juga: Hukum Faraday: Prinsip, Bunyi, Rumus dan Penerapannya

Komponen Dasar Elektronika

Untuk dapat menggunakan peranti atau gawai tentunya harus ada komponen atau kompartemen yang mendukung. Contoh komponen aktif adalah transistor, IC, dan diode. Sementara itu, komponen pasif seperti resistor, induktor, dan kapasitor. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan di bawah ini.

Resistor

Resistor
Resistor

Nah, kalau kawan literasi anak elektro, pasti tidak asing dengan komponen ini. Resistor merupakan komponen yang mempunyai dua pin dan berfungsi untuk mengatur tegangan dan arus listrik. Resistor diperlukan untuk menghambat arus listrik yang mengalir. Satuannya adalah ohm. 

Resistor secara umum terbagi menjadi dua yaitu resistor tetap dan variabel (tidak tetap). Masih ingat materi hukum ohm, bukan? Nilai tegangan listrik (Volt) akan berbanding lurus dengan arus listrik (Ampere). Sehingga semakin besar tegangan listrik maka semakin besar pula hambatannya, dan sebaliknya.  

Kapasitor

Kapasitor
Kapasitor

Selanjutnya adalah komponen kapasitor. Hmm, mungkin kalian merasa asing dengan komponen ini ya guys? Kapasitor atau kondensor merupakan suatu alat yang mampu menyimpan energi di dalam medan listrik. Kapasitor ini mempunyai satuan Farad yang diambil dari nama Michael Faraday. Hmm, menarik ya!

Cara kerja dari kapasitor yakni mengalirkan elektron menuju kapasitor. Setelah kapasitor sudah penuh oleh elektron maka tegangan  akan mengalami perubahan. Selanjutnya, elektron akan keluar sehingga rangkaian elektronik menjadi reaktif.  

Macam-macam kapasitor ada tiga  yaitu kapasitas non polar, bipolar dan variabel. Pada kapasitor nonpolar, ia tidak mempunyai polaritas, pemasangan bolak-balik dan berkapasitas kecil. Biasanya ia dipakai sebagai amplifier radio.  

Sementara itu, kapasitas bipolar mempunyai kapasitas cukup besar dan berguna sebagai filter dalam rangkaian penyearah. Adapun kapasitor variabel sering digunakan dalam rangkaian radio untuk mengatur frekuensi. Kelebihan dari komponen ini yakni kapasitas dapat diatur secara manual. 

Transformator

Trafo atau transformator merupakan sebuah alat yang berguna untuk memindahkan tenaga listrik dua rangkaian listrik melalui induksi elektromagnetik. Dimana bekerja dengan cara menghasilkan induksi gaya gerak listrik (GGL). Tegangan tersebut akhirnya menimbulkan fluks magnet dan bersambung dengan kumparan sekunder.  Hayo, masih inget sama pembahasan GGL sebelumnya?

Nah, itulah pembahasan mengenali elektronika dasar. Wah, bab ini terlalu panjang ya guys. Tapi kami harap kalian cukup paham. Terimakasih sudah membaca dan sampai jumpa di artikel yang menarik selanjutnya! Bye!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Elektronika Dasar: Sejarah, Konsep & Komponennya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]