1. Uncategorized

Enchinodermata: Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

Pembahasan kali ini menarik guys, yaitu tentang hewan bernama bintang laut. Jangan-jangan kalian langsung inget si konyol Patrick sohibnya Spongebob ya? Sama kok hehe. Nah, bintang laut adalah salah satu hewan yang termasuk dalam filum Echinodermata. 

Seperti kalian ketahui, kingdom Animalia mempunyai beberapa filum. Namun apa sih yang membuat bintang laut ini dikategorikan khusus menjadi filum Echinodermata? Daripada penasaran, ayo kita bahas bersama mengenai pengertian, ciri-ciri hingga klasifikasinya. Simak terus ya!

Pengertian Echinodermata

Kata “Echinodermata” berasal dari bahasa Yunani yaitu “echinos” artinya duri dan “derma” berarti kulit. Jadi, echinodermata adalah hewan yang memiliki kulit berduri. Nah ternyata  nggak  hanya bintang laut saja lho guys yang punya duri. Hewan lain seperti bulu babi dan teripang juga mempunyai duri di seluruh permukaan kulitnya untuk pertahanan diri. 

Hewan-hewan di atas rata-rata mempunyai bentuk tubuh simetri radial (bagian tubuh tersusun melingkar/bulat) dan terdapat duri pada lapisan endoskeleton dimana terbuat dari zat kapur yang keras. 

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Selanjutnya, khususnya bintang laut mempunyai kaki ambulakral (struktur kaki berupa tabung kecil, lunak dan ramping) untuk memudahkannya untuk bergerak dan menempel pada bebatuan. Selanjutnya, hewan itu juga termasuk ke dalam golongan Echinodermata mempunyai  kemampuan autotomi yang baik.

Selain itu, mereka termasuk binatang yang mempunyai peran penting terhadap kelestarian ekosistem laut. Kehadirannya turut menyeimbangkan keadaan lingkungan bersama biota laut lainnya. Mereka termasuk sumber daya alam hayati bernilai tinggi. 

Baca Juga:5

Ciri-Ciri Echinodermata

Ciri-Ciri Echinodermata
Ciri-Ciri Echinodermata

Selanjutnya, kita akan membahas tentang bagaimana karakteristik umum Echinodermata.

  1. Tubuhnya terdiri atas tiga lapisan, yakni lapisan terluar (ectoderm), lapisan tengah (mesoderm), dan lapisan dalam (endoderm)
  2. Rongga tubuh triploblastik selomata, mengandung cairan berupa sel amoebosit.
  3. Bentuk tubuh simetri bilateral (membagi tubuhnya hanya dua sisi) pada tahap larva. Namun ketika dewasa ia berubah menjadi simetri radial seperti bola atau bulat memanjang.
  4. Tidak memiliki kepada dan endoskeleton terbuat dari zat kapur
  5. Rongga mulut terdapat di sisi depan (ventral) dan anus di sisi belakang (dorsal)
  6. Bergerak dengan menggunakan kaki ambulakral untuk mencari makan atau menghisap.
  7. Sistem pencernaanya sederhana, kecuali bintang laut tidak memiliki anus
  8. Tidak mempunyai sistem ekskresi dan perkembangbiakan secara seksual

Klasifikasi Echinodermata

Adapun beberapa kelas dari filum Echinodermata. Berikut kami rangkum 5 kelas beserta spesifikasinya.

Asteroidea

Asteroidea
Asteroidea

Sesuai dengan namanya “asteroid” berarti bintang. Yap, bentuk tubuhnya menyerupai bintang dan hidup di pesisir pantai dan perairan dengan kedalaman tertentu. Alat geraknya adalah kaki ambulakral dengan jumlah sekitar 5 atau lebih. Bintang laut mampu bergerak karena adanya sistem vaskular air. 

Mereka termasuk ke dalam kategori hewan invertebrata  yang bergerak bebas menggunakan kaki-kakinya. Contoh spesiesnya antara lain bintang laut biru (Linckia laevigata) dan bintang laut berkulit (Culcita sp)

Ophiuroidea

Ophiuroidea
Ophiuroidea

Kelas ini mempunyai kemiripan yang hampir sama dengan bintang laut. Namanya adalah bintang ular. Bintang ular pada umumnya mempunyai lima lengan menyerupai cambuk dengan panjang sampai 60 cm. 

Mereka mampu hidup pada perairan dalam dan hidup subur di perairan belahan dunia manapun. Sementara itu, kalian dapat menemukannya ketika menyelam pada kedalaman lebih dari 500 meter. Di dunia ini, peneliti telah menemukan sekitar 1500 spesies bintang ular. 

Crinoidea

Crinoidea
Crinoidea

Kelas selanjutnya bernama crinoidea atau lili laut. Eits jangan heran guys, meskipun namanya cukup aneh namun ia mempunyai tampilan cantik, lho. Bentuknya mirip dengan bunga lili dengan lima kaki bercabang-cabang. Sekilas ia mirip daun yang hidup subur di laut.

Mereka hidup dengan cara menempel pada inang atau substrat serta membentuk koloni. Sementara itu, mulut sekaligus anus terletak pada oral atau mulut. Sedangkan bagian aboral terdapat kaliks. Kaliks merupakan lempengan kapur berbentuk cangkir. Untuk mencari makan, mereka membentangkan lengannya sepanjang mungkin untuk menangkap larva, ikan kecil atau plankton. 

Echinoidea

Echinoidea
Echinoidea

Klasifikasi kelas berikutnya adalah landak laut atau bulu babi. Secara umum, bentuk tubuhnya bundar dan mempunyai duri yang tersusun atas zat kapur. Tubuhnya terbagi menjadi dua bagian yaitu oral dan aboral. 

Duri  pada permukaan tubuhnya menonjol, sementara bagian tidak berduri berupa kaki ambulakral. Bulu babi atau landak laut dapat kalian jumpai pada kedalaman 5000 meter di bawah permukaan laut. Di sisi lain, bulu babi telah teridentifikasi sebanyak 950 spesies yang menyebar di seluruh perairan tropis dan subtropis. 

Holothuroidea

Holothuroidea
Holothuroidea

Terakhir, adalah mentimun laut atau teripang. Mereka adalah kelas yang bergerak lambat dan hidup di substrat pasir, lumpur ataupun lingkungan terumbu karang. Teripang adalah spesies yang memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup terumbu karang dan ekosistem laut. Binatang ini adalah pemakan deposit sekaligus suspensi. 

Pasalnya, hewan ini cukup banyak diburu lho, karena memang kandungan nutrien dan mineral bagus untuk pemulihan tubuh dan pengobatan. Penyebarannya di lautan pun harus dipantau sebab oknum-oknum tidak bertanggung-jawab seringkali melakukan tindakan eksploitasi terumbu karang beserta biota laut yang menghuninya. 

Kesimpulan

Echinodermata adalah hewan dengan tekstur kulit berduri yang tersusun atas zat kapur yang keras. Ciri-ciri umumnya adalah mempunyai lapisan tubuh triploblastik, kaki ambulakral, dan bergerak dengan menggunakan lengannya. Mereka hidup di berbagai alam seperti pesisir, perairan dalam, perairan dangkal dan lumpur. Adapun spesies tertentu yang hidup menjadi substrat pada permukaan keras seperti pasir dan bebatuan.Klasifikasinya terbagi menjadi lima kelas dan masing-masing memiliki karakteristik tubuh sendiri-sendiri sesuai dengan lingkungannya.

Nah, sudah mengerti bukan? Oke sampai ketemu lagi di artikel berikutnya!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Enchinodermata: Pengertian, Ciri-Ciri dan Klasifikasinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]