1. Kelas 10 Sosiologi

Faktor Pembentuk Kepribadian Menurut Ilmu Sosiologi

Kepribadian merupakan bagian tak terpisahkan dari manusia. Kepribadian lahir dari interaksi dan reaksi antara individu dengan lingkungannya.

Sering mendengar tentang kepribadian, tapi apakah kamu sudah memahami betul tentang kepribadian? Yuk, simak ulasan mengenai kepribadian dan faktor-faktor pembentuknya berikut ini.

Apa itu Kepribadian?

Kepribadian berasal dari kata “persona” artinya wajah sosial kita. Kepribadian adalah suatu sistem dalam diri individu, sebagai wujud pengorganisasian dalam dirinya, yang sifatnya unik atau khas, dan dinamis mengikuti keadaan pada mental seseorang dan lingkungannya.

Watak dan perilaku seseorang akan mencerminkan kepribadiannya. Dalam ilmu psikologis, kepribadian dipengaruhi oleh tiga sistem, yaitu id, ego, dan superego. Manusia memiliki beberapa tipe kepribadian yaitu melankolis, sanguinis, plegmatis, dan koleris.

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Faktor-Faktor Pembentuk Kepribadian dalam Ilmu Sosiologi Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Dalam modul Sosialisasi (2017) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjabarkan 5 media sosialisasi yang menjadi faktor pembentuk kepribadian seseorang.

1. Media Sosialisasi Keluarga

Pada keadaan normal, ayah dan ibu lah yang melakukan interaksi pertama dengan anak sejak ia dilahirkan. Sehingga pada tahap awal ini, keluargalah yang memiliki pengaruh paling utama dalam pembentukan kepribadian anak.

Kepribadian anak akan terbentuk dengan anak mengamati, meniru, dan melakukan hal-hal yang dilakukan dan diajarkan oleh orang tua atau orang yang mengasuh dan tinggal serumah. Hal-hal yang berkaitan dengan unsur kejiwaan dan temperamen, seperti perangai, sifat, dan watak adalah sifat dasar yang kerap diwariskan dari orang tua atau keluarga.

2. Media Sosialisasi dalam Lingkungan Pertemanan

Media sosialisasi ini dilakukan dengan sesama teman. Kelompok persahabatan akan ikut mempengaruhi cara seseorang dalam berperilaku, baik itu ke arah peranan positif atau negatif.

Peranan positif dari kelompok persahabatan bagi perkembangan kepribadian anak yaitu remaja akan merasa aman dan dianggap keberadaanya dalam kelompok persahabatan. Anak juga mendapat tempat untuk menyalurkan perasaan kecewa, takut, khawatir, tertekan dan gembira yang mungkin tidak didapatkan di rumah.

3. Media Sosialisasi dalam Lingkungan Sekolah

Dalam proses sosialisasi, fungsi sekolah adalah mengajarkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan siswa serta membentuk kepribadian siswa agar sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang ada di masyarakat. 

4. Media Sosialisasi dalam Lingkungan Pekerjaan

Memasuki masa dewasa, lingkungan kerja akan memiliki pengaruh besar dalam membentuk kepribadian seseorang. Interaksi seseorang dengan rekan kerja, pimpinan, dan kolega  bisnisnya dilakukan hasil dari adaptasi dan tuntutan sistem.

5. Media Massa sebagai Media Sosialisasi

Faktor pembentuk kepribadian terakhir adalah media massa. Dalam media massa, cakupan interaksi yang dilakukan lebih luas karena tidak dibatasi oleh tempat. Diperlukan sikap selektif seseorang dalam menyerap informasi dari media sosial, khususnya untuk orang tua dapat mengawasi anaknya ketika menggunakan sosial media.

Media massa juga penting sebagai media penyampaian pengetahuan tentang norma dan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat di tengah perkembangan sosial yang memundurkan moral masyarakat.

Tahap Sosialisasi yang Menjadi Faktor Pembentuk Kepribadian

Dalam modul Sosialisasi (2017) memuat pendapat George Herbert Mead bahwa tahapan sosialisasi dibedakan menjadi 4. Yuk pahami lewat penjelasan berikut, Bun.

1. Tahap persiapan (Preparatory Stage)

Tahap persiapan adalah tahapan pertama anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, anak juga akan belajar mengenai pemahaman tentang diri sendiri. Anak akan mulai meniru tindakan orang terdekatnya walaupun belum sempurna.

2. Tahap meniru (Play Stage)

Pada tahap ini anak akan lebih sempurna dalam menirukan peran-peran orang dewasa di sekitarnya. Anak sudah mampu menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekatnya, seperti mengetahui nama diri, siapa nama orang tua atau kakaknya.

3. Tahap siap bertindak (game stage)

Pada tahap siap bertindak peniruan yang dilakukan anak akan semakin berkurang, berganti dengan peran yang dimainkan anak secara langsung dan penuh kesadaran. Anak semakin mahir menempatkan diri bersama orang lain, sehingga anak mulai dapat bermain bersama dengan orang sekitarnya dan memahami peraturan di lingkungannya.

4. Tahap penerimaan norma kolektif (Generalized Stage)

Seseorang telah dianggap dewasa jika sudah pada tahapan ini. Anak sudah dapat menempatkan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat. Kemampuan tenggang rasa anak tidak hanya pada orang-orang yang selalu berinteraksi dengannya, tetapi juga dengan masyarakat secara luas. 

Baca juga: Pengertian Penelitian Sosial, Jenis, & Rancangan – Materi Sosiologi

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai faktor pembentuk kepribadian yang dapat Kawan Literasi pelajari. Semoga dapat membantu kamu dalam memahami bagaimana kepribadian seseorang terbentuk ya. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Faktor Pembentuk Kepribadian Menurut Ilmu Sosiologi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]