1. Uncategorized

Mengenal Gas Mulia: Pengertian, Sifat & Penggunaannya

Pernahkan kamu memperhatikan setiap unsur yang ada di tabel periodik unsur kimia? Tentu kalian pasti menemukan unsur-unsur beragam mulai dari yang familiar hingga asing. Bahkan kalian tidak mengetahui karakteristiknya. Nah, pada artikel ini kita akan membahas tentang unsur yang berada di golongan VIII A yaitu gas mulia.

Simak penjelasan di bawah ini ya, kawan literasi?

Pengertian Gas Mulia

Pengertian Gas Mulia
Pengertian Gas Mulia

Unsur-unsur yang berderet pada golongan VIIIA biasa dikenal dengan sebutan gas mulia. Lalu, apa itu gas mulia? Unsur yang berwujud gas dan mempunyai konfigurasi elektron yang stabil, sehingga mereka akan sulit bereaksi dengan unsur lainnya, tidak reaktif dan tidak mudah terbakar. 

Nah, seperti yang kita ketahui bahwa mereka adalah gas inert yang dimana tidak ada satupun senyawa yang terbentuk darinya. Sementara itu, unsur-unsur gas mulia antara lain Neon (Ne), helium (He), argon (Ar), Kription (Kr), Radon (Rn), dan Xenon (Xe).  

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Oleh karena itu, sifatnya yang stabil membuatnya dapat ditemukan dalam atom tunggal alias bentuk monoatomik. Pada lingkungan udara, unsur Radon bersifat radioaktif dapat ditemukan walaupun dalam kuantitas kecil yakni sebesar 0,93%.  Sementara itu, unsur Helium sebesar 1% dalam gas alam. 

Baca Juga:Benzena:Definisi, Struktur, Tata Nama Beserta Dampaknya

Sifat-Sifat Gas Mulia

Adapun sifat-sifat gas mulia yang perlu kalian ketahui, antara lain:

Sifat Atomik

Pertama sifat-sifatnya bisa ditinjau dari sifat atomik. Molekul-molekul dari gas mulia terdiri atas satu atom alias atom tunggal. Unsur-unsur ini mempunyai jari-jari atom semakin besar jika kita lihat pada tabel periodik unsur kimia. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan energi ionisasi. Ia semakin mengecil seiring bertambahnya nilai jari-jari atom. 

Sementara itu, energi ionisasi yang kecil mempermudahnya dalam melepas elektron. Unsur-unsur pada golongan VIIIA ini mempunyai elektron (muatan ion negatif) 2 dan 8 pada lapisan kulit atom sehingga mereka berbentuk stabil, dan sukar bereaksi dengan unsur lainnya. 

Sifat Fisik

SIfat gas mulia selanjutnya adalah mereka dapat berpendar pada tekanan rendah. Mereka akan memancarkan radiasi elektromagnetik. Radiasi tersebut terpancar dengan panjang gelombang yang berbeda-beda sehingga warna yang muncul juga berbeda-beda. 

Gas Helium akan memancarkan warna kuning pucat, Argon memancarkan sinar warna biru. Lain halnya dengan Kripton yang memancarkan sinar hijau pucat, sedangkan Xenon menghasilkan sinar abu kebiruan. 

Berdasarkan titik leleh (melting point) dan titik didih (boiling point), mereka cenderung rendah yaitu dibawah suhu kamar (25°C). Tak hanya itu, nilai densitas atau kerapatan juga semakin besar seiring bertambahnya dari atas ke bawah. 

Sifat Kimia

Sifat kimia gas mulia bisa dilihat dari unsur-unsurnya. Seperti penjelasan di atas, mereka mempunyai konfigurasi elektron yang stabil sehingga sulit untuk bereaksi dan beratom tunggal. Namun, beberapa ahli mengatakan bahwa gas-gas mulia tersebut dapat disintesis. Di mana mereka dapat menjadi lebih reaktif mulai dari unsur Argon (Ar) hingga Radon (Rn). 

Contoh unsur di atas dapat bereaksi sempurna dengan unsur Fluorin, sementara itu Radon (Rn) mampu bereaksi secara spontan. Kemudian, seperti unsur Xe yang perlu adanya pemanasan atau bantuan sinar X supaya bisa bereaksi. Lain halnya dengan Kripton (Kr) yang akan bereaksi jika diberi muatan listrik.  

Baca Juga:Tabel Periodik Unsur Kimia: Sejarah, Klasifikasi & Cara Baca

Penggunaan Gas Mulia dalam Kehidupan

Helium

Helium
Helium

Beberapa peran helium dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kalian ketahui. Gas ini sebagai pilihan alternatif pengisi balon udara selain gas hidrogen. Tak hanya itu, Helium berfungsi sebagai pendingin koil logam pada CT-Scan atau MRI. Lalu, gas ini juga bisa sebagai pelarut gas oksigen pada tabung penyelam atau tabung oksigen rumah sakit. 

Neon

Neon
Neon

Pernahkah kalian melihat papan reklame atau baliho di pinggir jalan raya? Mereka bisa terlihat karena adanya lampu yang menyorot di malam hari. Nah, inilah fungsi gas neon. Sifat fisika menyebutkan bahwa ia mempunyai warna gelombang merah dengan intensitas tinggi jika ia diberi tegangan listrik. 

Argon

Argon merupakan gas pengisi pada bola lampu. Memanfaatkan sifanya yang tidak reaktif  sehingga tidak membuat wolfram tidak mudah putus, sehingga lampu masih bisa berfungsi dalam jangka waktu yang lama. 

Kripton 

Kripton
Kripton

Coba perhatikan baik-baik ketika kalian sedang berfoto di studio foto. Pasti kalian akan melihat semacam lampu yang berdiri tepat di samping fotografer. Nah, lampu tersebut menggunakan gas kripton sehingga ia mampu menghasilkan cahaya berwarna putih dengan intensitas tinggi apabila diberi muatan listrik. Hasilnya, gambar yang tertangkap kamera akan nampak bagus dengan pencahayaan yang pas. 

Xenon

Xenon
Xenon

Kebanyakan gas ini dapat kalian temukan pada lampu-lampu mobil. Secara fisika, ia mampu menghasilkan cahaya putih yang sangat terang. Xenon dapat menyala karena adanya muatan listrik yang mengaktifkan warna gelombangnya. Tak heran, lampu mobil dapat terlihat dengan sangat jelas saat musim hujan dan dari beberapa meter saja. 

Radon

Radon adalah satu-satunya gas mulia yang bersifat radioaktif. Radioaktif adalah kemampuan untuk memancarkan energi radiasi. Dengan sifatnya yang demikian, ia berperan dalam penyembuhan atau pengobatan kanker. Tak hanya itu, Radon bisa menjadi petunjuk atau indikator pencarian mineral radioaktif seperti uranium di dalam tanah. 

Baca Juga: Ikatan Kimia: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Kesimpulan

Gas mulia merupakan gas yang terdapat pada golongan VIIIA di dalam tabel periodik unsur kimia. Unsur-unsur tersebut tidak mudah bereaksi, tidak mudah terbakar, dan berbentuk stabil. Ikatan ionisasinya juga cenderung lembah, sehingga mereka memerlukan upaya-upaya eksternal seperti pensintesisan. 

Mereka mempunyai panjang gelombang yang berbeda sehingga warna yang muncul juga berbeda-beda. Tak hanya itu, dalam kehidupan sehari-hari, penggunaan gas mulia ternyata cukup banyak. Mulai dari lingkup medis, otomotif, instalasi listrik, hingga fotografi. 

Oke, akhirnya kita sudah sampai akhir pembahasan ya kawan literasi. Bagaimana seru banget kan pembahasannya? Kira-kira kita bahas apa lagi ya untuk artikel selanjutnya. Pastinya tak kalah seru dong sama yang ini. Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Gas Mulia: Pengertian, Sifat & Penggunaannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]