1. Kelas 10 Geografi

Geografi: Pengertian, Perkembangan, dan Cabang Ilmunya

Geografi adalah salah satu mata pelajaran yang membahas terkait bumi. Sebelum lebih dalam mempelajari geografi, sudahkah kamu tau apa itu geografi dan apa saja yang sebenarnya dipelajari? 

Artikel Studio Literasi kali ini akan mengulas lengkap tentang ilmu geografi, mulai dari pengertian, sejarah perkembangan ilmu ini, serta cabang ilmunya. Simak sampai akhir, ya!

Pengertian Geografi

Sumber: depositphotos

Secara terminologi, asal kata geografi adalah geo dan graphein, yang artinya bumi dan gambaran. Hal ini disampaikan oleh seorang ilmuwan Yunani, Eratosthenes, pada bukunya yang berjudul Geographica. Selain Eratosthenes, beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian geografi: 

1. Bernhardus Varenius 

Sumber: britannica

Dalam bukunya yang berjudul Geographia Generalis, ia menjelaskan bahwa geografi adalah paduan dari matematika yang membahas kondisi bumi dan bagiannya, serta benda langit lainnya. 

Artikel Terkait

  • Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 16, 2024 at 1:24 am

    Apapun yang terkait dengan fashion, terlebih kalau menyangkut kekeluargaan kerajaan pasti menarik untuk diketahui. Termasuk, pakaian kerajaan pada masa lalu yang tentu mengandung nilai bersejarah penting.  Kali ini kami akan mengajak kalian membahas pakaian putri Kerajaan Majapahit yang merupakan salah satu kerajaan berjaya di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16. Penasaran dengan pakaian putri khas The post Pakaian Putri Kerajaan Majapahit, Mewah! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

2. Immanuel Kant 

Sumber: wikipedia

Immanuel Kant menulis buku Physische Geographie, dan dalam bukunya, Ia menyatakan bahwa geografi adalah ilmu yang mengkaji benda, hal, atau gejala yang tersebar di wilayah permukaan bumi. 

3. Alexander von Humboldt 

Sumber: wikipedia

Menurut Alexander von Humboldt, geografi identik dengan geografi fisik. Ia menyatakan kaitan bumi dan matahari, serta bumi dalam ruang angkasa, cuaca dan iklim di dunia, proses terjadinya permukaan bumi, serta hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer. 

Baca juga: Materi Lapisan Litosfer: Pengertian, Susunan, & Dinamikanya

4. Bintarto 

Sumber: geografikritis

Bintarto menyatakan geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menganalisis sifat bumi, gejala alam, serta mencari fungsi unsur bumi dalam suatu ruang dan waktu.

5. Daldjoeni 

Sumber: geografikritis

Menurut Daldjoeni, geografi merupakan ilmu yang mencakup tiga hal, yaitu ruang (spasial), ekologi, dan wilayah (region). Dalam ruang, ilmu ini mempelajari hal terkait persebaran gejala alami ataupun manusiawi di permukaan bumi. Lalu secara ekologi, yaitu mempelajari kemampuan manusia beradaptasi dengan lingkungan. Dalam hal region, ilmu ini mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia dari kesatuan fisiografisnya. 

6. Hasil Seminar IGI tahun 1988

Sumber: igi geografi

Hasil Seminar Lokakarya Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang menyepakati bahwa ilmu ini mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang wilayah atau lingkungan pada konteks keruangan. Kajian geografis mencakup analisis gejala manusia dan alam. 

Baca juga: Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia – Materi Geografi

Perkembangan Geografi 

Sumber: national today

Ilmu geografi berkembang dari waktu ke waktu, dalam hal ini terbagi menjadi 5 tahap perkembangan, diantaranya geografi klasik, abad pertengahan dan renaissance, modern, hingga periode akhir dan mutakhir. 

1. Periode Klasik

Geografi klasik masih sangat dipengaruhi oleh cerita rakyat dan mitologi. Pada periode ini, Bangsa Romawi banyak memberikan pandangan tentang pemetaan, sebab mereka sudah banyak menjelajahi negeri. Mereka juga menambahkan teknik baru, salah satunya yaitu periplus, deskripsi pada pelabuhan, dan daratan sepanjang garis pantai. Tokoh terkemuka pada periode ini yaitu Amaximandaros, Herodotus, Thales, Eratosthenes, dan Ptolomeus. 

2. Abad Pertengahan & Renaissance 

Di abad ini, warisan dari bangsa Yunani dan Romawi di periode geografi klasik terus dipelihara oleh bangsa Arab, diantaranya oleh Ibnu Battuta, Al-Idrisi, dan Ibnu Khaldun. Beberapa tokoh di periode ini yaitu Marcopolo, Bartholomeus Diaz, Vasco Da Gama, Columbus, Amerigo Vespucci dan Copernicus, Ibnu Khaldun. Melalui perjalanan Marcopolo, ilmu ini mulai menyebar ke seluruh daerah Eropa. 

3. Geografi Modern

Pada masa modern, masyarakat mulai mengenal geografi sebagai disiplin ilmu yang lengkap dan menjadi bagian di kurikulum universitas Eropa, terutama di Perancis dan Jerman. Beberapa tokoh terkemuka pada masa ini adalah  Immanuel Kant, Alexander Van Humbolt, Karl Ritter, dan Charles Darwin. 

Baca juga: Mengenal Rotasi Bumi, Penyebab Adanya Siang & Malam

4. Akhir Abad XIX

Pada akhir abad ke-19, geografi lebih fokus pada iklim, tumbuhan, hewan, dan bentang alam. Ahli geografi pada masa ini lebih banyak mengkaji geologi, bukan geografi manusia. Tokoh terkemuka pada periode ini diantaranya yaitu Fiederich Ratzel, Ferdinand Von Ritchoften, Hartshorne, Vidal De la Blache, Preston E. James, dan Frank Debenham. 

5. Geografi Mutakhir 

Pada masa ini, geografi lebih mengacu pada usaha memecahkan masalah yang manusia hadapi. Ilmunya sudah tidak dapat lepas dari ilmu lainnya, serta sudah menggunakan metode kuantitatif serta perangkat komputer dalam penelitiannya. Beberapa tokoh terkemukanya ialah Peter Hagget dan Wrigley.

Cabang Ilmu Geografi

Sumber: bola

Beberapa ahli berpendapat bahwa ilmu geografi terbagi menjadi beberapa cabang. Menurut Huntington, ilmu ini terbagi menjadi empat cabang, diantaranya sebagai berikut: 

  • Physical Geography : mempelajari faktor fisik alam
  • Phytogeography: mempelajari tanaman
  • Zoogeography: mempelajari hewan
  • Antropogeography: mempelajari manusia

Sedangkan, Muller dan Rinner membaginya menjadi 3 cabang, yaitu: 

  • Geografi Fisik, mencakup geografi matematika, tanah dan hidrologi, mineral dan sumber daya, tanaman, serta tata guna lahan.
  • Geografi Manusia, terdiri atas geografi budaya dan ekonomi, yaitu geografi penduduk, sosial, kota, pertanian, transportasi, komunikasi, dan politik.
  • Geografi Regional

Baca juga: Pengetahuan Dasar Geografi

Berikut ini adalah cabang ilmu pendukung geografi, diantaranya: 

  • Geologi

Geologi mempelajari struktur, komposisi, kejadian, sejarah, dan proses perkembangan bumi.

  • Geomorfologi

Geomorfologi adalah ilmu mengenai proses pembentukan permukaan bumi dan bentuknya.

  • Klimatologi

Ilmu klimatologi mempelajari iklim serta faktor pembentuknya.

  • Oseanografi

Oseanografi mempelajari tentang lautan.

  • Biogeografi

Biogeografi merupakan ilmu tentang persebaran hewan dan tumbuhan. 

  • Kartografi

Kartografi mempelajari proses pembuatan peta. 

  • Penginderaan Jauh

Ilmu penginderaan jauh ialah mengenai teknik perolehan informasi tentang objek tertentu dengan suatu alat, tanpa kontak langsung dengan objeknya. 

Baca juga: Flora Indonesia

Nah, itu dia Kawan Literasi, hal-hal yang perlu kamu ketahui terkait ilmu geografi. Semoga semakin menambah wawasan kamu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Geografi: Pengertian, Perkembangan, dan Cabang Ilmunya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]