1. Uncategorized

Gerak Parabola: Pengertian, CIri-Ciri, Rumus & Contoh Soalnya

Belajar Ilmu Pengetahuan Alam tidak lepas dari kejadian sehari-hari. Salah satu contoh penerapan ilmu ini adalah ketika seorang pebasket melakukan shooting dari jarak jauh atau sesederhana kalian melempar kaleng soda ke tong sampah dari kejauhan karena kalian sebenarnya lagi mager.

Sementara itu, coba perhatikan bagaimana lintasan yang dibentuk oleh benda itu ketika sedang melambung. Baik benda itu terbuat dari karet, besi atau plastik. Tetap saja, mereka tetap membentuk lintasan berpola setengah lingkaran atau gerak parabola sebelum akhirnya jatuh di atas tanah. 

Ini nih yang akan kita bahas bersama yaitu gerak parabola mulai dari pengertian, rumus, beserta contoh soalnya. Simak terus ya kawan literasi!

Pengertian Gerak Parabola

Pengertian Gerak Parabola
Pengertian Gerak Parabola

Gerak parabola adalah gerak yang mengacu pada kecepatan benda pada sumbu x dan sumbu y yang berkaitan dengan besaran gravitasi. Jadi, gerak parabola merupakan gerakan yang timbul karena adanya perpaduan gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan(GLBB) diperlambat.

Artikel Terkait

  • Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 11:48 am

    Teks laporan percobaan merupakan salah satu jenis teks yang ada dalam materi Bahasa Indonesia. Teks ini berfungsi untuk melaporkan percobaan yang dilakukan oleh seorang penulis. Penulisannya tentu tidak boleh asal, sebab teks ini harus menyatakan fakta hasil dari percobaan dan disusun dengan sistematis. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel berikut hingga akhir, Kawan Literasi! Apa Artikel Struktur Teks Laporan Percobaan, Ciri-Ciri dan Contohnya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 8:38 am

    Dalam suatu kalimat, terdapat tanda baca yang biasanya digunakan. Baik itu kalimat pernyataan, kalimat tanya, atau kalimat seruan. Masing-masing menggunakan tanda baca sesuai fungsinya. Contohnya, tanda titik (.) yang umumnya digunakan untuk mengakhiri suatu kalimat berita.  Fungsi tanda baca adalah memudahkan pembaca untuk memberi jeda, mengetahui struktur suatu kalimat, dan menentukan intonasi. Lalu, bagaimana fungsi Artikel 13 Tanda Baca, Fungsi, dan Contoh Penggunaan sesuai EYD pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 17, 2023 at 2:01 am

    Pencemaran tanah terjadi jika terdapat makhluk hidup, zat, maupun komponen lain ke dalam tanah hingga kualitas tanah menurun. Biasanya pencemaran tanah kerap terjadi akibat bahan kimia buatan manusia yang merubah lingkungan tanah. Apa saja sumber pencemaran tanah, dampak, dan cara menanganinya? Untuk mengetahuinya, simak artikel Studio Literasi kali ini hingga akhir, Kawan Literasi! Pencemaran Tanah Artikel Pencemaran Tanah: Komponen Pencemar, Dampak, dan Penanganan pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya
    by Andira Adi Fitria (Studio Literasi) on September 5, 2023 at 3:44 am

    Konjungsi lebih akrab disebut sebagai kata hubung. Konjungsi berfungsi menghubungkan dua klausa maupun frasa dalam sebuah kalimat agar saling berkesinambungan. Contoh paling umum yaitu dan, tetapi, maupun, sedangkan, dan lain sebagainya.  Namun tahukah Kawan Literasi jika konjungsi memiliki berbagai macam jenis dan penggunaannya yang berbeda? Simak artikel Studio Literasi kali ini hingga selesai untuk mengetahuinya Artikel Konjungsi: Ketahui Jenis-Jenis hingga Contoh Penggunaannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Seperti penjelasan sebelumnya, kecepatan benda yang bergerak lurus pada sumbu x akan selalu konstan, namun kecepatan benda yang bekerja pada sumbu y akan mengalami gerak lurus berubah beraturan diperlambat karena adanya pengaruh gravitasi. Nah, tidak heran gerak ini disebut gerak parabola karena memang membentuk lintasan melengkung.

Baca Juga:Hukum Newton: Definisi, Bunyi, Rumus & Contoh Soalnya

Ciri-Ciri Gerak Parabola

Selanjutnya, kita akan pelajari bagaimana sih cara mengenal gerak parabola . Langsung saja ini dia karakteristik yang perlu kalian ketahui:

  1. Pertama, bentuk lintasan adalah melengkung atau setengah lingkaran
  2. Kedua,Gaya yang bekerja pada lintasan dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. 
  3. Mempunyai sudut elevasi (sudut pada lemparan pertama)
  4. Selanjutnya, pada setiap titik di sepanjang lintasan yang terbentuk adalah perpaduan GLB (sumbu x) dan juga GLBB (sumbu y).
  5. Gaya parabola yang bekerja pada benda yang melambung selalu mempunyai titik maksimum dan jarak terjauh sebelum akhirnya ia jatuh ke atas tanah. 

Rumus Gerak Parabola

Wah, dari penjelasan di atas bisa kita ketahui gerak parabola mempunyai elemen rumus yang cukup kompleks. Tenang aja, nggak usah khawatir. Yuk, pahami pelan-pelan rumus di bawah ini!

Rumus Gerak Parabola pada Sumbu X

Pertama, adalah rumus yang terbentuk pada sumbu X. Masih ingat kah jika pada sumbu X terjadi gerakan lurus beraturan? Maka benda tersebut akan bergerak lurus dan konstan.

x=V₀x . t = V cos θ. t

Vx = V₀x = V₀ cos θ

Keterangan:

x= kedudukan x terhadap sumbu x (m)

θ= sudut elevasi

t = waktu tempuh pada lintasan (m)

Vx= kecepatan pada sumbu x (m/s)

V₀x= kecepatan awal pada sumbu x (m/s)

V₀= kecepatan awal(m/s²)

Rumus Gerak Parabola pada Sumbu Y

V₀y = V₀ sin

Vy = V₀y – g . t = V₀ sin – g . t

y = V₀y . t – 12 g . t2

Keterangan:

y= kedudukan y terhadap sumbu y (m)

θ= sudut elevasi

t = waktu tempuh pada lintasan (m)

g = percepatan gravitasi (m/s²)

Vy= kecepatan pada sumbu y (m/s)

V₀y= kecepatan awal pada sumbu y (m/s)

V₀= kecepatan awal(m/s²)

Resultan Gaya 

Vt =\sqrt{V2x + V2y} , sehingga

tanθ =\tfrac{Vy}{Vx}

Keterangan:

Vt = kecepatan total (m/s)

Vx = kecepatan pada sumbu x (m/s)

y = kecepatan pada sumbu y  (m/s)

θ= sudut elevasi

Baca Juga: Memahami Rumus Energi Kinetik, Manfaat & Contoh Soalnya

Contoh Soal dan Pembahasan

Soal 1

Sebuah peluru ditekan dari pelatuknya dan mendesing cepat dengan kecepatan awal 150 dan membentuk sudut elevasi 30. Selanjutnya, hitung berapa waktu yang diperlukan untuk peluru tersebut untuk mencapai tinggi maksimum apabila diketahui percepatan gravitasi sebesar 10 m/s?

Cara Penyelesaian:

Vy = Vy - g . t t=\tfrac{V. sinθ}{g} t=\tfrac{150 m/s.sin 30}{10 m/s} t=15 .1/2 t= 7,5 s

Jadi, peluru yang mendesing untuk mencapai titik tinggi maksimum adalah 7,5 sekon.

Soal 2

Sebuah bola kasti dilempar dengan kecepatan 40 m/s dan membentuk sudut elevasi sebesar 30. Lalu, tentukan kecepatan bola saat berada di titik tertinggi?

Cara Penyelesaian:

V₀x = V₀ cosθ V₀x = 40 m/s . cos 30 Kemudian, V₀x =40 m/s . 1/2\sqrt{3}= 20\sqrt{3 m/s}

Jadi, kecepatan bola kasti untuk pada titik tertinggi adalah sebesar 20\sqrt{3 m/s}

Kesimpulan

Gerak parabola merupakan gerakan yang timbul karena adanya perpaduan gerak lurus beraturan (GLB) pada sumbu x dan gerak lurus berubah beraturan(GLBB) pada sumbu y. Ciri-cirinya antara lain yaitu membentuk lintasan melengkung atau setengah lingkaran, gaya yang terjadi dipengaruhi oleh percepatan gravitasi. Tak hanya itu ia membentuk sudut elevasi pada lemparan pertama serta mempunyai titik maksimum dan jarak terjauh. 

Nah, bagaimana sudah paham bukan? Akhirnya kita sudah sampai di pembahasan terakhir. Yuk, tunggu apa lagi buka bukumu dan pelajari rumusnya dengan seksama ya!

Sampai jumpa dan semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Gerak Parabola: Pengertian, CIri-Ciri, Rumus & Contoh Soalnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Untuk menyelenggarakan kegiatan lingkup negara maupun daerah, pasti membutuhkan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, Undang-Undang di Indonesia telah mengatur pengelolaan dana melalui APBN dan APBD. Meskipun sama-sama bertujuan untuk mengatur pendanaan, keduanya juga memiliki perbedaan dalam hal sumber serta fungsinya. Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak artikel kali ini hingga selesai, ya, Kawan Literasi! […]
    Halo kawan literasi, akhirnya kita akan berjumpa lagi. By the way, pernahkah kalian membeli snack atau ice cream dari supermarket lalu terlintas kalian berpikir plastik itu terbuat dari apa? Kemudian saat kalian memasak, kalian pasti heran mengapa pegangan alat masak terasa begitu solid dan ringan? Peristiwa-peristiwa di atas merupakan contoh dari kegunaan polimer dalam kehidupan […]

    Trending

    Cause and effect merupakan salah satu jenis kalimat yang paling sering digunakan baik dalam teks maupun percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui cara menyusun kalimat ini dengan benar. Sebagian orang pun masih melakukan kesalahan dalam menyatakan sebab dan akibat dalam bahasa Inggris.  Misalnya, “Because sick, she can’t come to school.” Klausa pertama […]
    Puisi terbagi menjadi dua jenis, yaitu puisi lama dan puisi baru. Perbedaan yang signifikan diantara keduanya yaitu pada aturan penulisannya. Puisi lama biasanya lebih kaku karena adanya aturan seperti jumlah kata dan pengulangan kata. Setiap jenisnya pun memiliki ketentuannya sendiri. Kawan Literasi pasti sudah tidak asing dengan pantun atau syair. Pantun dan syair merupakan beberapa […]
    Kerajaan Kediri dikenal dengan nama Kerajaan Panjalu. Kerajaan ini berdiri pada sekitar abad ke-12 tahun 1042-1222. Berada di tepi Sungai Brantas, Jawa Timur, dahulu kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno dengan corak Hindu. Bagaimana kehidupan masa kerajaan ini berdiri dan apa penyebab keruntuhannya? Simak artikel kali ini hingga selesai! Awalnya, kerajaan ini adalah hasil […]
    Sebagai makhluk sosial, manusia tentu melakukan interaksi sosial. Nah, untuk bisa hidup dengan teratur, perlu sistem yang dapat mengaturnya, yaitu lembaga sosial. Institusi seperti sekolah, perusahaan, bahkan keluarga pun merupakan bentuk dari lembaga sosial.  Menurut Koentjaraningrat, pengertian lembaga sosial adalah sistem tata kelakuan dan relasi yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan manusia. Kebutuhan hidup ini mencakup […]