1. Uncategorized

Grammar Rules :Pengertian Beserta Penjelasannya

Salah satu permasalahan umum yang kerap dialami oleh siswa adalah grammar. Hmm, tak jarang semangat mereka menjadi luntur kembali karena merasa kesulitan untuk memahami grammar rules atau aturan tata bahasa. 

Sebenarnya sama seperti Bahasa Indonesia yang juga memiliki grammar rules-nya sendiri,lho. Bahasa Inggris juga mempunyai tata bahasanya sendiri namun memang sedikit tricky. Oleh karena itu membutuhkan penalaran yang baik untuk memahaminya. 

Jadi melansir sederet.com, grammar rules merupakan pengatur susunan dan diksi yang tepat supaya makna dan isi kalimat dapat tersampaikan dengan baik dan benar.

Selanjutnya, tujuan dari adanya aturan tata bahasa supaya hubungan antara kata dan kalimat saling sinkron dan jelas. Di sisi lain, tata bahasa yang tepat memudahkan dua komunikan dapat memahami pesan atau informasi yang disampaikan, ya kawan literasi. 

Artikel Terkait

  • Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko!
    by Amanda R Putri (Museum Nusantara – Info Wisata Sejarah Indonesia) on April 6, 2024 at 1:59 pm

    Nekara dan moko ialah contoh artefak perunggu yang terkenal dari zaman prasejarah di Indonesia, tepatnya pada zaman logam. Memang kalau sekilas kita lihat memiliki beberapa kesamaan. Bahkan pada beberapa sumber sering kali menyebutkan kalau moko merupakan nama lain dari nekara. Ternyata, keduanya tidak sama dan terdapat perbedaan. Artikel ini bakal mengulas perbedaan yang signifikan pada The post Kerap Tertukar, Inilah Perbedaan Nekara dan Moko! appeared first on Museum Nusantara - Info Wisata Sejarah Indonesia.

  • Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 6, 2024 at 8:53 am

    Rumah merupakan tempat pertama untuk memulai suatu pembelajaran. Termasuk dalam hal gotong royong  Harapannya begitu terjun pada lingkungan masyarakat, kamu paling tidak sudah mengerti arti singkat mengenai hal tersebut. Memang kalau penerapannya contoh gotong royong di rumah seperti apa saja? Selengkapnya bisa kamu baca pada artikel yang dibuat khusus untuk Sobat Literasi. Check it out! Artikel Contoh Gotong Royong di Rumah, Mari Terapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan!
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 10:28 pm

    Sayang banyaknya nilai-nilai modern, membuat sejumlah nilai tradisional mulai tergeserkan. Salah satunya, gotong royong. Sekarang ini sudah mulai jarang kegiatan yang menggunakan unsur tersebut. Maka tidak heran, mungkin generasi ini tidak memahami dan ketahui Salah satu tempat mereka bisa belajar hal itu dengan diajarkan di sekolah. Melalui beberapa aktivitas yang sifatnya dikerjakan bersama-sama. Untuk contoh Artikel Contoh Gotong Royong di Sekolah, Mudah Diterapkan! pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on April 4, 2024 at 2:38 am

    Budi pekerti merupakan etika wajib yang dimiliki oleh semua warga Indonesia. Hal ini berkaitan dengan moral yang menuntun kita dalam berperilaku dan berinteraksi dengan sesama. Apabila seseorang tidak memiliki atau menjalankan prinsip budi pekerti seperti mestinya maka akibatnya banyak perilaku negatif yang terjadi pada sekitar. Penjelasan tentang materi ini bisa Sobat Literasi baca pada artikel Artikel Budi Pekerti: Etika Wajib Bangsa Indonesia pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Oke deh daripada berlama-lama, yuk simak penjelasan di bawah ini

Tenses

Grammar Rules Berkaitan Dengan Tenses
Grammar Rules Berkaitan Dengan Tenses

Grammar rules selalu identik dengan tenses. Salah satu ketepatan dalam penggunaan tata bahasa yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan tenses yang sesuai dengan apa yang hendak dibicarakan. 

Dengan kata lain, jika kalian ingin membicarakan peristiwa yang sedang terjadi di masa sekarang gunakan present continuous tenses. Sementara itu, jika kejadian tersebut berada di masa lalu maka kalian gunakan past tenses. 

Mengandung Subjek dan Predikat

Grammar rules berikutnya adalah kalimat setidaknya mengandung subjek dan predikat. Melansir englishclub.com, untuk membuat sebuah kalimat harus mengandung kedua unsur tersebut ya guys.

Jika hanya ada salah satu saja maka belum bisa dikatakan sebuah kalimat. Sementara itu, objek merupakan optional dan tidak harus dicantumkan. 

Contoh :

I have two cats (Aku punya dua kucing) – Mengandung subjek I dan predikat have

You water the flowers (Kamu menyirami bunga-bunga) – Mengandung subjek You dan predikat water.

Baca Juga: 11 Tips Menjadi Ahli Bahasa Inggris Yang Perlu Kamu Tahu

Kalimat Perintah (Imperative Sentence)

Imperative Sentence
Imperative Sentence

Nah, ada pengecualian guys. Jika kalian ingin membuat kalimat perintah atau imperative sentence maka hanya mengandung predikat saja.

Contoh:

Close the window! (Tutup jendela!) – Hanya mengandung predikat close

Switch off the lamp! (Matikan lampu) – Hanya mengandung predikat switch off

Penulisan Kata Benda (Noun), Kata Kerja (Verb), dan Kata Sifat (Adjective)

Masih dalam pembahasan sebuah kalimat. Berdasarkan jenis kata, kalimat harus tersusun dengan benar. Dengan begitu, kalimat akan tersampaikan dengan jelas kepada pembaca atau lawan bicara. Biasanya penulisannya dalam grammar rules ada dua cara, yakni:

Kata Sifat (adjective) terletak di depan kata benda (noun)

Contoh:

The handsome man (Pria tampan) – handsome merupakan kata sifat lalu diikuti oleh kata the man yang merupakan  kata benda.

Kata Benda (noun) terletak di depan kata sifat (adjective)

Sementara itu, penulisan kedua dengan cara meletakkan (adjective) di depan kata benda dengan syarat ada verb yang memisahkannya

Contoh: 

The man is handsome (Pria tampan) – handsome adalah kata sifat dan the man merupakan kata benda dan terhubung dengan kata kerja is.

Klausa

Klausa
Klausa

Selanjutnya dalam Bahasa Inggris adalah istilah klausa. Nah, apa kalian tahu apa arti klausa? Menurut sampoernauniversity.ac.id, klausa merupakan gabungan dua kata atau lebih yang terdiri dari subjek dan predikat. 

Dalam hal ini, ia hampir sama dengan kalimat. Hanya saja klausa tidak memiliki imbuhan tanda baca,  sementara itu di dalam grammar rules ada istilah independent clauses, dan dependent clause. Wah, apa ya maksudnya? Simak penjelasan di bawah ini ya guys!

Independent Clause

Ia merupakan klausa yang tidak membutuhkan keterangan untuk menjadi sebuah kalimat lengkap alias induk kalimat. So, bisa kita simpulkan bahwa induk kalimat merupakan kalimat lengkap itu sendiri.

Contoh:

You are spending the spare time (Kamu sedang menghabiskan waktu luang) You adalah subjek dan are spending adalah predikat. 

Dependent Clause 

Lain halnya dengan independent clause, dependent clause merupakan anak kalimat yang tidak bisa berdiri tanpa adanya induk kalimat. Sebaliknya, anak kalimat biasanya mengandung konjungsi because, which, that, when dan sebagainya. 

Contoh:

When the sun shines (Ketika matahari bersinar)

Before having breakfast (Sebelum sarapan)

Baca Juga: Part of Speech Bahasa Inggris: Jenis dan Contohnya, Lengkap!

Pada Kalimat Pasif, Objek Berubah Menjadi Subjek Kalimat

Kawan literasi, pasti setidaknya menemukan bentuk kalimat pasif dengan objek terletak pada awal kalimat. Lebih jelasnya, kalian bisa lihat contoh di bawah ini ya.

Contoh:

We sold the sugar to the customer (Kami menjual gula ke pelanggan)

Menjadi,

The sugar is sold by us to the customer (Gula itu dijual oleh kami ke pelanggan) 

Pelaku Dalam Kalimat Pasif Boleh Tidak Ditulis

Passive Voice
Passive Voice

Masih dalam kalimat pasif. Grammar rules selanjutnya adalah pelaku dalam kalimat pasif boleh tidak ditulis. Memang tidak ada sebuah keharusan untuk ditulis. Yuk, perhatikan kalimat di bawah ini!

Contoh:

My uncle is driving a new car (Pamanku sedang mengendarai sebuah mobil baru).

Menjadi,

A new car is driven (Sebuah mobil baru sedang dikendarai).

Baca Juga: Simak Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Secara Efektif!

Terdapat Subjek Majemuk (Dua atau Lebih)

Di dalam grammar rules, selanjutnya unsur kalimat harus diperhatikan supaya ia menjadi lebih terpadu. Tak jarang kita menemukan subjek yang jumlahnya lebih dari satu, dengan demikian predikat yang mengikutinya akan menyesuaikan dengan subjek tersebut namun juga tergantung pada bentuk tenses-nya.

Contoh:

Ria and Andrew play basketball (Ria dan Andrew bermain basket) – Ria and Andrew adalah subjek majemuk. 

Mr. Rahman, Andy and Brian cleaned the garage together (Pak Rahman, Andy dan Brian membersihkan garasi bersama-sama) – Mr. Rahman, Andy and Brian adalah subjek majemuk

Terdapat Predikat Majemuk (Dua atau Lebih)

Selanjutnya adalah juga predikat majemuk. Maksudnya adalah terdapat dua atau lebih predikat dalam sebuah kalimat. 

Contoh:

Diana studies and listens to music (Diana belajar dan mendengarkan musik) – Studies and listens to music adalah predikat majemuk. 

You take a walk and enjoy the view (Kamu jalan-jalan dan menikmati pemandangan) – Take a walk and enjoy merupakan predikat majemuk. 

Akhirnya, sampai juga pada akhir pembahasan. Pastinya kalian sudah paham tentang grammar rules, bukan? Ingat, tetap semangat belajar ya jangan menyerah jika mengalami kesulitan. Okay, see you guys!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Grammar Rules :Pengertian Beserta Penjelasannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Awal mula munculnya bank sentral adalah pembangunan sebuah firma pada tahun 1690, saat itu kerajaan Inggris ingin membangun infrastruktur yang kuat untuk armada laut. Nah, tapi nyatanya tidak semudah itu lho guys. Pemerintahan Inggris tidak mempunyai pendanaan yang memadai untuk membangunnya. Selanjutnya, muncullah gagasan William Paterson yang kemudian direalisasikan oleh Charles Montagu yaitu membentuk sebuah […]
    Halo, kawan literasi! Kalian setiap bepergian setidaknya menggunakan fasilitas umum seperti jalan raya, bukan? Nah, fasilitas umum yang kalian lewati setiap hari itu adalah salah satu hasil infrastruktur yang dikerjakan oleh pemerintah. Tentunya untuk  membuatnya memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Nah, ngomong-ngomong tentang anggaran, pasti tidak jauh dengan APBN APBD.  Hmm, kira-kira anggaran negara tersebut […]

    Trending

    Pernahkan kalian memperhatikan sebuah ulasan yang terkandung di dalam buku, musik, atau novel? Mengapa diharuskan ada sebuah ulasan? Ulasan tersebut sangat berguna untuk kemajuan sebuah karangan literasi atau sebuah karya. Tanpa adanya ulasan yang mendukung, maka kualitas kepenulisan buku, musik, atau novel tidak ada kemajuan. Berikut kami sampaikan pengertian teks ulasan, struktur, beserta contoh teks […]
    Salah satu perangkat elektronik yang dibutuhkan oleh para pelajar maupun pekerja adalah komputer. Komputer hadir mempermudah kehidupan manusia. Bahkan jenis-jenis komputer ini menjadi kebutuhan esensial bagi mereka yang berhubungan dengan sistem komputasi. Berdasarkan buku Arsitektur Komputer (2017), perkembangan komputer dari zaman ke zaman telah mengalami perubahan signifikan. Dengan adanya perangkat ini, dapat mengubah kemampuan manusia […]
    Salah satu cara untuk meningkatkan tingkat perekonomian suatu negara adalah dengan mendirikan badan usaha. Suatu negara dapat dikatakan maju apabila tingkat kesejahteraan masyarakat tinggi. Hal ini tentunya tidak kalah jauh dengan taraf ekonomi dan sosial yang baik. Pendekatan yang nyata untuk mewujudkannya adalah dengan melihat bagaimana perkembangan bahan usaha tersebut.  Kawan literasi, asal kalian tahu […]
    Berbicara mengenai fenomena alam. Salah satu fenomena yang indah untuk kita lihat adalah pelangi. Wah, sekarang kan lagi musim penghujan tuh, pasti kalian sering banget melihat pelangi setelah hujan reda? Mungkin dari kalian bertanya-tanya, bagaimana proses terjadinya pelangi? Apa yang membuat warnanya beragam dan terlihat indah di angkasa?  Nah, kalian nggak salah untuk membuka situs […]