1. Kelas 10 Kimia

Senyawa Hidrokarbon: Definisi, Jenis, Reaksi & Dampaknya

Kawan literasi, apakah kalian pernah bertanya mengapa plastik begitu tipis tapi nyatanya cukup kuat untuk membungkus makanan panas sekalipun? Terbuat dari apakah sih plastik itu? Yap,salah satu senyawa kimia pembentuk plastik adalah hidrokarbon.

Sebenarnya ada banyak produk hasil dari pemrosesan senyawa ini contohnya adalah karet, perekat, minyak tanah, bensin, dll. Nah, di pembahasan kali ini kalian akan menemukan jawabannya. Kalian akan kami ajak mengenal apa itu senyawa hidrokarbon, jenis-jenisnya, rumus, reaksi, serta dampak penggunaannya. Daripada penasaran, simak penjelasan berikut ya!

Definisi Hidrokarbon

Pengertian Hidrokarbon
Pengertian Hidrokarbon

Senyawa hidrokarbon merupakan jenis senyawa kimia organik yang mengandung setidaknya dua jenis atom, antara lain atom Hidrogen (H) dan atom Karbon (C). Senyawa ini mempunyai rumus CxHy. Ia merupakan senyawa yang mengandung atom unik karena mereka bisa berikatan satu dengan lainnya, namun masih tetap memiliki lebih dari satu valensi untuk berikatan dengan yang lain. 

Senyawa ini termasuk senyawa organik, mempunyai rantai karbon dengan atom-atom hidrogen berikatan dengan rantai tersebut. Selanjutnya mereka digolongkan menjadi dua jenis golongan besar yakni senyawa hidrokarbon alifatik dan aromatik.

Artikel Terkait

  • Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 18, 2024 at 1:51 am

    Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang paling penting dalam kehidupan kita. Salah satu konsep yang sangat penting dalam matematika adalah aljabar. Umumnya, materi aljabar ini kita mulai mempelajarinya sejak kelas 7 SMP.  Aljabar matematika melibatkan penggunaan simbol dan variabel untuk memecahkan masalah dan menjelaskan hubungan antara angka. Namun pada artikel ini lebih fokus untuk Artikel Aljabar Matematika: Dasar-dasar dan Kegunaannya dalam Kehidupan Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 16, 2024 at 2:43 am

    Dalam dunia matematika, terdapat banyak konsep yang penting dan perlu kita pahami. Salah satunya adalah vektor. Materi vektor ini diajarkan untuk jenjang SMA untuk jurusan IPA yang termasuk daftar mata pelajaran Matematika Peminatan IPA mulai dari kelas 10.  Vektor merupakan salah satu konsep dasar yang memiliki peranan penting dalam berbagai bidang, seperti fisika, matematika, dan Artikel Tentang Vektor: Definisi, Macam, dan Penerapannya pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 1:18 am

    Sobat Literasi, tahukah kamu kalau materi tentang pola bilangan merupakan salah satu materi yang cukup populer. Bahkan, pola bilangan juga kerap muncul saat ujian nasional. Pola bilangan ini sebenarnya sudah kita pelajari mulai saat kita kelas 1 SD. Pada awalnya, pelajaran ini berupa pengenalan susunan angka. Dalam matematika, pola bilangan kita gunakan untuk mempelajari hubungan Artikel Pola Bilangan: Definisi, Jenis, dan Contoh dalam Matematika pertama kali tampil pada Studio Literasi.

  • Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari
    by Amanda Rayta (Studio Literasi) on Januari 12, 2024 at 12:55 am

    Bagi kamu yang berada di jurusan IPA saat SMA, pasti kamu pernah mempelajari larutan. Larutan sendiri termasuk materi dari mata pelajaran kimia. Mungkin yang kamu ingat  mengenai larutan yaitu suatu cairan yang terdiri dari 2 zat yang bercampur sehingga menghasilkan suatu larutan. Melalui artikel ini, Sobat Literasi akan mengetahui lebih lanjut tentang larutan, termasuk definisi, Artikel Larutan: Definisi, Jenis, Sifat, dan Fungsi Sehari-hari pertama kali tampil pada Studio Literasi.

Karakteristik umum dari senyawa organik ini antara lain ia bersifat hidrofobik, berasal dari bahasa Yunani “hidrofob” artinya adalah mempunyai ketakutan terhadap air. Jadi, intinya mereka tidak bisa bercampur dengan air. Selanjutnya, kemampuannya dalam berikatan dengan yang dirinya sendiri disebut dengan katenasi.  Tak hanya itu, atom karbon dalam senyawa hidrokarbon memiliki 4 elektron (muatan negatif) yang mampu membentuk ikatan kovalen. 

Baca juga : Senyawa Karbon: Pengertian, Golongan, & Contoh Soalnya

Jenis-Jenis Hidrokarbon

Seperti pembahasan di atas, kita akan mempelajari golongan dari senyawa ini, antara lain:

Hidrokarbon Alifatik

Senyawa ini terbagi menjadi tiga antara lain alkana,alkuna, dan alkena. Lalu, apakah perbedaannya?

Alkana

Senyawa golongan alifatik ini mempunyai ikatan kovalen tunggal dan bersifat jenuh. Dalam arti di mana setiap atom karbon tersebut terhubung dengan empat atom lainnya termasuk ikatan C-H atau C-C. Oleh sebab itu, ia merupakan sebuah rantai karbon panjang dengan ikatan-ikatan tunggal.

Cara membedakan senyawa-senyawa pada hidrokarbon alifatik  adalah berdasarkan bentuk rantai beserta rumusnya. Rumus alkana yaitu C𝑛H2𝑛+2 . Sedangkan jenis alkana yang paling sederhana adalah metana dengan rumus CH. Contoh produk atau hasil dari pemrosesan menggunakan campuran alkana adalah minyak dan wax dengan jumlah atom karbon yang lebih dari 10. 

Alkana sendiri  sebenarnya mempunyai dua kategori yang didasarkan pada tata nama senyawanya. Kategori tersebut mencakup alkana dengan rantai lurus dan alkana dengan rantai bercabang. 

Berdasarkan rumus diatas, maka kita bisa mendapatkan tata nama senyawa alkana beserta rumus kimianya, bila diurutkan maka akan membentuk rantai hidrokarbon dari yang  terpendek sampai terpanjang antara lain:

  1. Etana (C2H)
  2. Propana (CH)
  3. Metana (CH)
  4. Butana (CH₁)
  5. Pentana (CH₁2)
  6. Heksana (CH)
  7. Heptana (CH₁)
  8. Oktana (CH₁)
  9. Nonana (CH2)
  10. Dekana (C1H22)

Alkuna

Senyawa hidrokarbon alifatik ini sering disebut dengan asetilena. Ia adalah senyawa hidrokarbon di mana memiliki ikatan rangkap tiga. Rumus kimianya adalah C𝑛H2𝑛2. Tak hanya itu tata nama senyawanya sama seperti alkena, hanya saja diberikan tambahan -una di akhir namanya. 

Alkena

Senyawa hidrokarbon ini adalah senyawa yang mempunyai dua rangkap ikatan tak jenuh. Mempunyai rumus kimia C𝑛H2𝑛. Sama seperti senyawa lainnya, ia mempunyai dua kategori jenis rantai yaitu alkena rantai lurus dan alkena rantai bercabang. Dalam penamaannya terdapat akhiran kata senyawa hidrokarbon alkena yaitu -ena. 

Hidrokarbon Aromatik

Senyawa aromatis mempunyai rantai tertutup (siklik), ikatan rangkap terkonjugasi serta berbentuk planar atau datar. Ia terkenal dengan kelompok senyawa beraroma harum. Selain itu, ia mempunyai cincin benzena. 

Aromatik menunjukkan cincin stabil yang memberikan efek berbeda pada suatu molekul. Memiliki sifat nonpolar alias tidak memiliki muatan listrik bersih. Ia juga kurang reaksi sehingga dapat digunakan untuk melarutkan larutan non polar. 

Reaksi Hidrokarbon

Secara garis besar, senyawa organik ini mempunyai beberapa reaksi, antara lain:

Reaksi Substitusi

Reaksi ini adalah bentuk reaksi kimia, di mana suatu atom digantikan oleh atom lainnya. Penggantian gugus atom terbagi menjadi dua yaitu nukleofilik dan elektrofilik. Dalam artian, gugus sejenis tidak bisa digantikan oleh gugus yang berbeda. Biasanya reaksi substitusi terjadi pada senyawa jenuh atau alkana.

Berikut adalah contoh reaksi substitusi dari senyawa alkana berupa Hidrogen (H) dengan Klorida (Cl) sehingga membentuk asam klorida (HCl) serta hidrokarbon dengan satu atom klorin. 

CH + Cl2 → CH₃Cl + HCl

CH₃Cl + Cl2 → CH2Cl2 + HCl

Membentuk reaksi kimia menjadi karbon tetraklorida CCl

C2H + Cl2 → C2HCl + HCl

C2HCl2 + Cl2 → C2H₃Cl₃ + HCl

Lalu, akan bereaksi kembali membentuk heksakloroetana C2Cl

Reaksi Adisi

Umumnya, reaksi ini menggabungkan dua atau lebih molekul dengan cara membentuk produk tunggal dengan hilangnya ikatan rangkap. Reaksi ini akan terjadi pada senyawa alkena dan alkuna. Dalam aturan Markovnikov, menjelaskan bahwa terdapat percampuran antara hidrogen halida, atom halogen di mana terikat pada atom karbon yang paling sedikit mengikat atom hidrogen. Di sisi lain, atom Hidrogen akan terikat atom karbon mengikat atom H terbanyak. 

Pembakaran Hidrokarbon

Reaksi kimia mengenai pembakaran karbon akan menghasilkan uap, karbon dioksida serta panas selama berlangsung. Reaksi ini termasuk ke dalam reaksi eksotermik alias reaksi melepaskan kalor ke lingkungan. Contohnya adalah pembakaran hidrokarbon seperti pemakaian LNG (Liquefied Natural Gas). Mengandung 90% metana yang dicairkan pada tekanan atmosfer dengan suhu tertentu. 

CH + 2 O2 → 2 H2O + CO2+ Energi

Bila udara miskin gas O2 , maka akan terbentuk gas karbon karbondioksida dan air. 

Baca Juga : Minyak Bumi: Pengertian, Pembentukan & Teknik Pengolahannya

Dampak Positif

Sebenarnya penggunaan hidrokarbon ujung-ujungnya akan membantu kehidupan manusia sehari-hari. Contoh sederhana antara lain, penggunaan gas metana (LNG) untuk keperluan memasak, kemudian cairan metanol sebagai bahan bakar dan bahan pembuatan formalin. Untuk gas etena bisa digunakan untuk keperluan medis seperti obat bius atau anestesi. Selanjutnya dalam ranah industri, ia bermanfaat sebagai bahan pembuatan perkakas dari karet, plastik, dan perekat. 

Dampak Negatif

Dampak signifikan yang paling kita rasakan adalah sisa pembakarannya tidak sempurna akan menyebabkan pencemaran udara. Gas karbondioksida yang abnormal akan menyebabkan efek rumah kaca sehingga menambah resiko pemanasan global. 

Selain itu, jika karbondioksida bereaksi dengan unsur timbal (Pb) akan menjadi racun bagi kesehatan manusia serta menyebabkan hujan asam yang bersifat korosif. Maka dari itu, perlu adanya antisipasi, cara penanggulangan limbah industri seperti AMDAL supaya meminimalisir dampak negatif. 

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan mengenai senyawa hidrokarbon. Bagaimana sudah paham, bukan? Ternyata jika kita pelajari ada banyak reaksi yang terjadi pada senyawa ini. Tentu saja, penggunaan senyawa ini  mempunyai kelebihan dan kekurangan bagi kehidupan manusia. 

Oleh karena itu, perlu adanya perhatian dari pemerintah dan pemilik industri pengolahan supaya limbah yang dihasilkan tidak menimbulkan efek merugikan pada lingkungan sekitar terutama kesehatan manusia. 

Semoga bermanfaat!

 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Senyawa Hidrokarbon: Definisi, Jenis, Reaksi & Dampaknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Halo, kawan literasi. Pernahkah kalian mendengarkan istilah debit dan kredit? Istilah ini sering kalian dengar saat melakukan pembayaran di bank atau mengurus keperluan administrasi sekolah. Sebenarnya kata tersebut memiliki arti yang luas dalam bidang akuntansi dan perbankan, tidak bisa kita artikan dalam satu bidang saja. Hmm, menarik nih!  Oh iya, terus apa kalian pernah mendengar […]
    Halo, kawan literasi. Bagaimana kabarnya? Aku harap kalian sehat-sehat saja ya. Pembahasan kali ini tak kalah menarik dari sebelumnya, lho. Yap, hari ini kita akan membahas sesuatu yang ada di sekitar kita. Wah, apa ya? Coba tebak! Benar, kita akan membahas tentang rangkaian listrik.  Sebelumnya kita memulai, apakah kalian menyadari bahwa listrik mempunyai peranan penting […]

    Trending

    Halo kawan literasi, bagaimana kabar kalian? aku harap baik-baik saja, ya. Pada pembahasan artikel fisika ini masih berhubungan dengan kelistrikan yaitu hukum ohm. Nah, pasti kalian sedikit banyak mengenal hukum fisika tersebut. Ternyata dalam rangkaian listrik, harus mempunyai hambatan dengan besar tertentu, lho. Mau tau kenapa?  Daripada penasaran, ayo kita belajar hukum fisika ini mulai […]
    Kegiatan transaksi sangat berkaitan dengan alat pembayaran. Semakin bertambahnya zaman, teknologi dan informasi di bidang ekonomi dan perbankan semakin berkembang. Analogi sederhananya adalah keadaan dahulu semaju sekarang, alat pembayaran hanya menggunakan uang logam dan uang kertas.  Ternyata, manusia menemukan beberapa keterbatasan dalam melakukan pembayaran. Jadi, muncullah beberapa metode atau alat pembayaran yang efektif dan efisien […]
    Salah satu alat optik yang paling dipakai oleh orang-orang yang di sekitar adalah kacamata. Seperti yang kita tahu, kacamata adalah alat bantu penglihatan untuk melihat objek dengan jelas. Nah, kawan literasi apakah kalian menyadari bahwa kacamata memiliki sistem khusus untuk memudahkan mata melihat benda dari jarak dekat maupun jauh?  Atau sesederhana kamera yang sering kita […]